bisnis franchise

Bagi Anda yang ingin membuka usaha, ada 2 macam pilihan yang bisa Anda lakukan yaitu membranding nama usaha sendiri dari awal atau menggunakan nama milik orang lain yang telah terkenal sehingga memiliki potensi dikenal di masyarakat lebih cepat. Kedua cara tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun bagi Anda yang ingin segera mendapatkan hasil dan memiliki modal cukup, maka membeli lisensi bisnis franchise bisa dijadikan pilihan sembari belajar berbisnis.

Banyak sekali produk franchise yang saat ini dijalankan di masyarakat dan memang nama besar yang telah ada langsung bisa membangun persepsi di para calon customer. Misalnya Anda sendiri ketika ingin makan burger, pastinya lebih memilih makan di salah satu restoran franchise yang terkenal atau setidaknya dengan merk yang sama dengan yang pernah Anda makan dan terbukti enak dibandingkan dengan membeli di penjual burger baru yang nama burger nya masih asing di telinga. Itulah hebatnya franchise untuk dunia usaha. Padahal memang produk baru tersebut belum tentu kalah enak dibandingkan produk franchise namun pengalaman customer sendirilah yang berbicara untuk menentukan pilihannya.

Jika Anda ingin membuka bisnis yang bisa langsung memberikan keuntungan maka membeli lisensi bisnis untuk produk franchise bisa dilakukan. Namun Anda juga harus jeli dalam menentukan produk franchise apa yang saat ini sedang ramai di pasaran atau sedang banyak dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa jenis produk franchise yang bisa Anda pertimbangkan.

Jenis Produk Untuk Bisnis Franchise

1. Franchise Makanan

Dari makanan besar seperti ayam goreng, mie ayam, bakso, hingga makanan ringan seperti kebab, burger, teh, dan sebagainya memiliki potensi yang sangat baik dibandingkan jenis resto atau gerobak keliling yang menjual makanan non franchise.

2. Franchise Laundry

Bisnis ini cocok dibuka bagi Anda yang memiliki modal usaha cukup besar. Laundry saat ini banyak dibutuhkan dari kelas rumah tangga hingga komersial. Dengan membeli franchise laundry yang tepat, Anda langsung bisa memiliki partner rumah makan, hotel, apartemen dan sebagainya.

3. Franchise Kecantikan

Bagi Anda yang memiliki keilmuan di bidang kesehatan atau kecantikan maka membuka bisnis franchise ini dan mengelolanya merupakan cara bisnis yang bisa menghasilkan banyak keuntungan.

4. Franchise Mini Market

Memiliki gedung atau lahan yang tak terpakai dengan luas yang memadai? Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun sebuah mini market dengan sistem franchise. Ada beberapa franchise mini market yang terkenal di Indonesia dan pastinya akan memberi keuntungan bagi Anda apalagi jika lokasi Anda sangat strategis.

5. Franchise Jasa Pendidikan

Bimbingan belajar menggunakan nama franchise yang telah terkenal memberikan keuntungan dari jumlah pendaftar karena dianggap sudah berpengalaman dan lebih bonafide.

contoh bisnis franchise

Itulah beberapa jenis bisnis franchise yang bisa Anda coba buka sebagai jenis usaha yang akan Anda kelola. Namun semakin besar nama franchise maka harga untuk membeli lisensinya juga semakin mahal. Sistem kerjanya pun harus sesuai dengan sistem kerja global sehingga Anda tidak bisa mengubah beberapa ketetapannya. Hal tersebut bisa Anda jadikan pengalaman dan pendidikan sebelum nantinya membuka usaha sendiri atas nama pribadi. Dengan membuka franchise terlebih dahulu maka keuntungan lain yang bisa Anda peroleh adalah mendapatkan keuntungan lebih cepat dan besar juga mendapatkan ilmu dalam berbisnis yang nantinya bisa dijadikan pedoman untuk membangun sebuah usaha sendiri dari awal sehingga Anda memiliki brand milik Anda pribadi.

Selanjutnya akan membahas tentang keuntungan dalam berbisnis franchise. Berikut keuntungan yang didapat.

4 Keuntungan yang Menjalankan Bisnis Franchise

Anda yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis tentu sangat familiar dengan istilah bisnis franchise atau sebut saja waralaba. Banyak sekali jenis waralaba yang terdapat di sekitar kita entah produk makanan, minuman, sampai gerai pakaian dan sebagainya. Menjalankan bisnis ternyata dikabarkan jauh lebih mudah dan menguntungkan ketika menjadikan waralaba sebagai pilihan. Apakah memang benar demikian? Baiknya mengenal dulu bisnis waralaba ini seperti apa untuk menimbang untung rugi dibandingkan membangun bisnis sendiri.

Bisnis waralaba memiliki konsep bisnis siap kelola, sehingga tidak perlu persiapan dan pengaturan managemen sedemikian rupa untuk sebuah bisnis dapat berjalan. Anda cukup mengeluarkan modal untuk membeli lisensi waralaba tersebut kemudian dijalankan di lokasi yang dianggap strategis dan membawa keberuntungan. Tentunya penting untuk memilih jenis waralaba yang menguntungkan jangan asal waralaba sebab potensi sukses maupun sukar mudahnya pengelolaan satu sama lain sangatlah berbeda.

Sebagian orang merasa rugi ketika menjalankan bisnis waralaba karena memang kisaran keuntungan lebih terbatas. Sebab nantinya perlu dibagi dengan pemilik waralaba tersebut, namun asalkan bisnis yang dipilih berjalan lancar dijamin tidak merasa berat dan rugi. Maka kembali lagi pada cerdas tidaknya Anda dalam mengelola bisnis waralaba tersebut untuk bisa sukses sehingga bisa menikmati keuntungan berlimpah. Apalagi waralaba memang memberikan banyak keuntungan yang sepertinya beberapa tidak ditemukan pada usaha rintisan sendiri.

Keuntungan Menjalankan Waralaba

Menjalankan bisnis franchise tentunya menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan yang praktis tidak dirasakan kalau merintis bisnis sendiri. Berbagai keuntungan yang dimaksudkan antara lain:

  1. Bisnis yang bisa segera dijalankan

Waralaba membuat pelaku bisnis hanya perlu membeli lisensi untuk kemudian dibimbing pemilik waralaba tersebut untuk sukses. Ketika sudah melakukan perjanjian dan saling sepakat maka nantinya bisa langsung menjalankan bisnis tersebut. Tidak perlu lagi survei produk, uji coba membuat produk, dan lain sebagainya karena Anda menjalankan bisnis yang sudah jadi dan tinggal dijalankan saja tanpa persiapan dan perencanaan rumit.

  1. Memiliki partner bisnis profesional

Pemilik waralaba merupakan partner bisnis Anda dan pihak mereka akan membantu supaya waralaba yang dimiliki bisa sukses. Bantuan dan dukungan yang diberikan dijamin lengkap sehingga memperoleh rekan bisnis yang profesional. Anda akan ditraining secara berkala untuk meningkatkan omzet penjualan sekaligus melayani konsumen secara optimal. Pengetahuan mengenai produk waralaba akan memudahkan Anda memberikan yang terbaik pada pelanggan, dijamin semuanya akan dipandu oleh ahlinya.

  1. Sudah sekaligus memiliki media promosi gratis

Mengelola bisnis waralaba juga membantu Anda untuk menghemat tenaga, biaya, dan tentunya soal waktu. Anda cukup mengeluarkan modal untuk membeli lisensi sementara untuk pengembangan bisnis misal dengan kegiatan promosi. Semua kebutuhan promosi akan ditangani oleh pemilik waralaba sehingga Anda tahunya sudah memiliki banyak pelanggan yang percaya akan kualitas produk jualan Anda. Nah, sangat menarik tentunya karena tidak perlu promosi sendiri dan ditangani oleh ahlinya.

  1. Fleksibel dalam menyediakan modal

Dalam menjalankan bisnis dijamin memerlukan modal yang mendukung, namun untuk menghindari resiko salah mengelola modal. Maka ambillah waralaba sebab hanya fokus mengumpulkan modal ketika membeli lisensi selanjutnya kebutuhan modalnya terbatas. Anda tidak akan mendapati kemungkinan menghamburkan modal selama menjalankan bisnis tersebut sehingga bisa dipertimbangkan. Tidak perlu melakukan promosi, merekrut banyak karyawan, dan lain sebagainya tentunya semakin membuat bisnis franchise menarik untuk dijalankan dan menguntungkan.