Cari Bisnis Sampingan

Berusaha dan bekerja agar mendapatkan penghasilan merupakan suatu kewajiban setiap orang. Dan dari penghasilan yang didapat, seseorang dapat memenuhi kebutuhannya yang berbagai macam, dimulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder hingga sampai kebutuhan primernya. Peluang cari bisnis sampingan maupun usaha sampingan kadang sulit didapatkan, meskipun berbagai alasan untuk memulai sering terpikirkan namun tak kunjung juga memulainya.

dengan banyaknya alasan tersebut dimulai dari modal, tidak mempunyai keterampilan, takut gagal hingga bingung dalam memilih usaha apa yang ingin dijalankan. Sebenarnya mencari bisnis sampingan yang tanpa modal pun tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang baru memulai bisnisnya, banyak karyawan, ibu rumah tangga bahkan mahasiswa melakukannya.

Jika merasa sangat sulit dalam memilih usaha apa yang ingin dijalankan, sebaiknya kita terlebih dahulu mencari usaha apa yang ingin dijalankan di sekitaran kita dan apakah ada peluangnya juga, sebelum kita jauh mencari kemana-mana. Karena sebenarnya banyak yang dapat di bisniskan dengan kita bisa menganalisa lingkungan yang berada di sekitar kita tinggal. Dan juga ada pula kelebihan yang kita dapatkan dengan menjalankan usaha di sekitaran lingkungan kita tinggali yaitu dapat lebih praktis dalam mengerjakannya dan juga kita bisa mengetahui setiap adanya seluk beluk yang dapat mempengaruhi usaha yang kita jalankan nantinya dengan jelas.

  1. Mencari Usaha yang Potensinya Tinggi

Hal ini bisa dimulai dengan mengamati lingkungan di sekitar kita, dan lihat kira-kira peluang apa yang bisa dijadikan usaha dan memiliki potensi dapat berkembang di daerah tersebut. Dengan cara melakukan pengamatan tentang bisnis apa yang paling sukses yang ada di daerah tersebut. Apabila usaha tersebut mempunyai potensi bagus untuk di jalankan, maka sah saja apabila kita ingin mengikuti jejak usaha itu. Dan tentunya dengan konsep yang beda juga lebih melengkapi dari usaha yang sebelumnya sudah ada.

Begitu juga dengan usaha yang lainnya, karena dengan kita mengamati lingkungan yang berada di sekitar kita maka kita dapat mengetahui serta menyimpulkan usaha atau bisnis mana yang bertahan dan yang tidak bertahan. Tinggal kita sendiri yang memilihnya yang mana sesuai dengan bidang yang kita miliki.

  1. Melakukan Pengamatan Keperluan yang di Butuhkan

Dalam cari bisnis sampingan, dengan melakukan keseharian di daerah yang di tinggali, tentu saja bukan hal yang susah untuk dapat menganalisa apa keperluan yang peluangnya tinggi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar. Dan dengan kita mengetahui keperluan tersebut, usaha yang nantinya ingin kita jalankan tentunya sudah memiliki target dan konsumennya pun sudah ada, hanya saja tingga kita ingin mengolahnya bagaimana agar bisa menarik perhatian di masyarakat supaya mendatangi usaha kita.

  1. Memanfaatkan Usaha yang Berada di Sekitar

Dalam mencari usaha yang sebelumnya sudah ada di sekitar kita juga bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan usaha yang sudah berjalan terlebih dahulu. Yang berarti kita bisa menjadi supplier atau juga bisa memasarkan produk yang sudah di olah.

Dengan memanfaatkan usaha yang sebelumnya sudah terlebih dahulu ada di sekitar, maka apabila kita ingin konsultasi dapat dilakukan dengan mudah karena kehadiran kita sudah tidak asing bagi mereka dan dengan begitu bersama-sama bisa menghasilkan keuntungan.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan dan bisa menginspirasi dalam mencari bisnis sampingan tanpa modal, yaitu :

  • Hobi

Semua orang sudah pasti memiliki hobi. Sebagian besar dari hobi itu pun seringkali dijadikan bisnis sampingan. Yang terpenting, jangan menyepelekan hobi yang kita miliki dan cobalah hobi tersebut dikembangkan  sehingga menjadi usaha sampingan. Karena berawal dari hobi, ada peluang cari bisnis sampingan tanpa adanya modal dapat diraih.

  • Hargailah Pengalaman

Cara kita dalam menghargai pengalaman adalah dengan cara memplajarinya. Karena setelah kita berhasil menjalankan usaha sampingan, tentu saja banyak pengalaman yang sudah didapatkan baik itu pengalaman yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Dan jadikan pengalaman yang sudah didapatkan dalam mempercepat suatu kesuksesan.

  • Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain

Selain belajar dari pengalaman, kita juga perlu mempelajari kesuksesan orang lain dari mencari peluang usaha. Baik itu dalam bertanya, mengamati atau mungkin meniru cara mereka mendapatkan kesuksesan dan tentunya kita lakukan dengan cara-cara yang baik pula.

Setelah kita menemuka ide bisnis yang pas, itu merupakan permulaannya saja karena apabila kita ingin menjadi wirausaha maka diperlukan beberapa syarat-syarat yang lainnya agar dapat menjalankan usaha sendiri di lingkungan sekitar. Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab yang menjadi kegagalan para pemula ketika menjalankan bisnis dengan modal kecil di lingkungan sekitar atau pun di rumah.

  1. Salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis adalah tidak adanya visi yang jelas. Karena visi merupakan kondisi dimana harapan dapat diraih di masa depan. Visi adalah tujuan, apabila kita tidak memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan usaha sebaiknya niat itu diurungkan karena jenis apapun usaha yang nantinya akan dijalani berhenti di tengah jalan.
  2. Peluang bisnis akan gagal total apabila disebabkan oleh perencanaan yang buruk. Dalam menetapkan rencana, sebaiknya pemula menetapkan rencana berjangka panjang dan berjangka pendek. Karena jika kita memiliki rencana usaha yang sudah tertata dengan sangat baik akan memudahkan kita dalam menjalankan usaha.
  3. Fenomena yang sangat umum yang harusnya segera diatasi oleh pemula yaitu ketidak langsungan dalam mengambil tindakan. Sebaiknya jangan menunda-menunda pekerjaan yang seringkali dilakukan oleh pemula ketika akan memulai bisnis atau sedang menghadapi suatu tantangan akan tetapi tidak segera mencari jalan keluarnya. Menunda suatu pekerjaan menjadi penyebab umum kegagalan sebuah bisnis baik itu bisnis online maupun bisnis konvensional.

Sebenarnya kalau kita memiliki kejelian yang kuat, banyak sekali peluang usaha dalam cari bisnis sampingan tanpa modal yang besar di sekitar lingkungan kita. Sama seperti memulai bisnis lewat internet yang berdasarkan banyak survey terbukti mendapatkan penghasilan dan yang paling banyak dijalankan oleh kebanyakan orang saat ini, jadi tidak salahnya kita dapat mencoba mencarinya.

“everything will get easier when you make an effort”