Bisnis Untuk Pemula

Menjalankan suatu bisnis untuk pemula memang sulit karena banyak sekali tantangannya yang dapat mengakibatkan modal yang terbuang secara sia-sia tanpa adanya keberhasilan. Dan hal itu bisa saja terjadi dikarenakan kesalahan dari pemula itu sendiri. Karena menjalankan bisnis sendiri itu memang membutuhkan tips tersendiri bagaimana cara memulai suatu bisnis agar berhasul dan tidak mengalami kegagalan khususnya di 3 bulan pertama masa kritis.

Terlebih lagi jika sebelumnya kita belum pernah menjalankan bisnis sendiri, tentunya kita sangat harus memiliki pengetahuan dan juga ilmu mengenai bisnis. Karena tidak semua peluang dalam bisnis dalam menjalankannya dengan menggunakan cara yang sama. Apabila kita tidak memiliki bekal yang memadai dan juga tidak memiliki informasi yang cukup maka resiko akan kegagalan semakin besar dan dapat mengalami kerugian yang cukup fatal.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemula kita harus mengikuti strategi dalam berbisnis untuk memulainya terutama bila pengalaman dalam menjalankan bisnis tersebut belum tersedia. Sebelum itu, disini ada cara memulai bagaimana bisnis untuk pemula, ada beberapa tips yang sebaiknya perlu dipastikan dan dijadikan pertimbangan, yaitu :

  • Memiliki Prospek

Dengan adanya prospek yang merupakan kunci utamanya bahwa ide bisnis yang kita miliki layak untuk dijalankan. Karena tanpa adanya prospek atau pun peluang yang baik, bisnis yang dijalankan akan percuma karena nantinya bisnis tersebut akan redup atau mungkin mati. Oleh karena itu, pentingnya memiliki analisa agar dapat mengetahui jenis bisnis yang seperti apa yang prospek di masa depan.

  • Memiliki Pengetahuan

Tanpa memiliki pengetahuan cukup untuk mengetahui seluk beluk dalam menjalankan bisnis tersebut, dapat beresiko besar. Oleh karena itu, sebaiknya terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana detail proses dari bisnis yang akan dilakukan dari awal dan dijalankan secara rutin.

  • Memiliki Pemasok dan Pelanggan

Adanya bisnis tentu saja memiliki hubungan dengan pemasok maupun pelanggan. Informasi ini sangat diperlukan sejak awal sebelum menjalankan usaha tersebut. Karena kita harus mengetahui mana pemasok yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Dan tentunya kita juga harus tau mengenai segmen dari calon pelanggan yang akan dijadikan target yang sesuai dengan bisnis kita.

  • Memiliki Modal Cukup

Modal yang dimaksudkan adalah uang. Sebelum memulai bisnis untuk pemula, tentunya kita sudah harus tau berapa besar modal di awal yang dibutuhkan. Karena modal ini nantinya dibutuhkan untuk biaya operasional dan membeli alat-alat investasi beberapa bulan di awal menjalankan bisnis tersebut. Dan jangan sampai bisnis yang dijalankan ini terhenti ditengah jalan dikarenakan kekurangan modal yang sebelumnya tidak masuk ke dalam hitungan.

  • Memiliki Trik yang Jitu

Pastikan bahwa kita sudah memiliki trik dalam strategi promosi penjualan dan juga tips agar sukses dalam bisnis untuk pemula dengan menghadapi adanya persaingan.

  • Mengenali Diri Sendiri

Memiliki bisnis sendiri tentu saja mentalnya berbeda dengan bila kita sebagai karyawan. Hal ini dikarenakan kita lah yang menggaji diri kita sendiri. Oleh sebab itu, memiliki mental yang kuat dan jiwa yang pantang menyerah juga merupakan modal penting lainnya selain uang. Dan kita harus tau bagaimana sikap dan kebiasaan yang kita miliki agar nantinya sewaktu-waktu kita memiliki rasa bosan, maka sebaiknya jangan jalankan bisnis.

  • Melakukan Uji Coba Ide

Lakukan uji coba pada ide bisnis yang dijalankan dalam jangka waktu yang panjang, agar kita dapat melihat kebiasaan-kebiasaan apa saja yang akan muncul selama menjalankan bisnis tersebut, termasuk pula dengan kebiasaan pada sikap dan mental kita.

  • Selalu Fokus

Seringkali tidak fokus menjadi kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh pemula dikarenakan semua peluang bisnis yang ada diambil tanpa diperhitungkan bagaimana perkembangan bisnis tersebut kedepannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, apabila kita pemula sebaiknya tetaplah fokus pada satu bisnis saja, lebih baik menjalankan satu dengan sempurna dibandingkan dengan sepuluh yang sia-sia.

  • Memulai dari Hal yang Disuka

Apabila kita mengalami kesulitan dalam menentukan untuk memulai bisnis untuk pemula apa yang ingin dijalankan, maka hal tersebut dapat dilakukan dimulai dengan sesuatu yang disuka. Karena dengan menjalankan sesuatu yang disukai tentunya kita akan semangat dan tidak setengah-setengah dalam menjalankannya. Dan jika terjadi masalah pun dapat diatasi dengan mudah. Barulah setelah bisnis yang kita sukai tersebut menuai sukses, kita dapat memulai bisnis yang lainnya.

  • Selalu Terus Belajar

Baik sebagai pemula maupun yang sudah ahli, terus belajar merupakan suatu hal yang wajib sekali dilakukan. Baik itu mempelajari hal-hal yang baru mengenai hal-hal baru atau konsep dalam berbisnis. Dan untuk mendapatkan ilmu tersebut bisa didapatkan dari berkonsultasi dengan teman ataupun bisa juga lewat internet.

  • Menguasai 100% Konsep Bisnis

Menguasai konsep bisnis terutama pada bisnis yang dijalankan sangat wajib karena kita harus memiliki wawasan yang luas terhadap bisnis yang akan dijalankan, apalagi jika bisnis yang dijalankan membutuhkan investor atau kerja sama dengan pihak yang lain. Karena apabila kita dapat menjelaskan bagaimana konsep bisnis kita dengan cukup jelas maka investor dan perusahaan lain akan berminat melakukan kerja sama.

  • Melakukan Pemasaran dengan Sempurna

Agar dapat sukses sebagai pemula, dalam pemasaran suatu produk baiknya dilakukan dengan tepat khususnya dalam bidang penjualan produk. Dan tentu saja untuk menghindari tidak tepat sasaran yang dapat membuat produk tersebut tidak laku.

  • Selalu Tau Kapan Harus Berhenti

Jangan sekali melakukan hal-hal yang tidak masuk akal dalam menggapai keberhasilan, karena yang akan datang justru malah kegagalan. Yang paling penting jika menghadapi suatu masalah sebaiknya temukan solusi dan segera perbaiki kembali. Karena kita harus tau kapan kita berhenti dari suatu konsep dengan mencari konsep lain yang pastinya lebih baik.

Di tengah fenomena dari jumlah penduduk yang semakin padat namun tidak imbang dengan jumlah lapangan pekerjaan yang memadai, sebagai generasi yang lebih muda tentunya kita harus lebih kreatif. Salah satu caranya adalah membuka usaha baru. Menjadi pemula tentunya memiliki banyak rintangan meskipun tujuannya pun sama, yaitu meraih kesuksesan. Maka dari itu, gunakan tips-tips bisnis untuk pemula sederhana diatas dalam memulai suatu usaha agar dapat berjalan lancar dan tidak mengalami kegagalan.

“everything will get easier when you make an effort”