bisnis tanpa modal

Semakin tinggi standard yang diberikan oleh perusahaan ketika membuka lowongan kerja, membuat kian banyak masyarakat yang menjadi pengangguran. Sebenarnya pengangguran sendiri bukan termasuk penyakit sosial, melainkan karena skill yang mereka miliki kurang, maka tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Untuk itulah beberapa diantaranya memilih untuk menjalankan sebuah bisnis sendiri. Dengan berbisnis paling tidak mereka tak akan terikat dengan aturan-aturan atau standarisasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Bisa menjalankan usaha apapun sesuai dengan apa yang digemari. Apalagi belakangan ini kian banyak bisnis tanpa modal yang bisa dicoba.

Modal memang menjadi salah satu kendala utama bagi seseorang yang ingin terjun ke dunia bisnis, dengan alasan tak memiliki uang dengan jumlah cukup. Maka mereka mengurungkan niatnya untuk mulai berbisnis. Padahal jika dilihat usaha yang tak membutuhkan modal juga banyak sekali, salah satunya jika melihat usaha berbasis teknologi atau bisnis online. Bisnis online bisa dijalankan siapa saja cukup dengan mengandalkan perangkat teknologi yang dimiliki, misalnya smartphone atau laptop.

Pilihan Bisnis Tanpa Modal

Ada banyak pilihan bisnis tanpa modal yang bisa dikelola secara online, diantaranya adalah:

  1. Menjadi dropshipper,

istilah dropshipper sendiri mulai dikenal masyarakat beberapa tahun belakangan ini, dengan banyaknya para pelaku usaha yang tak mengeluarkan modal sama sekali untuk menjual barang. Cukup dengan memanfaatkan media sosial atau market place. Mereka menawarkan sebuah barang dengan gambar dan spesifikasi lengkap. Ketika ada yang tertarik untuk membeli, maka tinggal ambil barang dari supplier saja. Tanpa modal yang besar dengan keuntungan yang cukup besar.

  1. Menjadi Youtuber,

Youtube merupakan sebuah media sosial yang bisa dipakai untuk mengunggah video. Kurang lebih sama dengan media sosial yang lainnya, ketika Anda sharing atau mengunggah video dan mendapatkan banyak subscriber maka bisa mendatangkan pemasukan dalam bentuk iklan, semakin banyak iklan yang masuk maka keuntungan yang didapatkan juga kian tinggi.

  1. Menjadi selebgram,

selebgram adalah istilah yang diberikan kepada orang-orang yang memiliki jumlah pengikut sangat banyak di media sosial Instagram. Dengan menjadi selebgram memungkinkan banyak pemasukan dalam bentuk iklan atau endorse produk.

  1. Menjadi penulis artikel.

Belakangan cukup banyak pengguna website yang mencari tenaga freelancer untuk mengisi situs mereka dengan tulisan-tulisan yang unik, selain bekerja secara langsung, maka Anda juga bisa menjual tulisan atau artikel yang dibuat tersebut. Harganya tergolong lumayan mahal, apalagi jika Anda menguasai penulisan dalam bahasa asing.

  1. Membuka jasa SEO,

bagi yang memiliki keahlian di bidang IT, usaha yang satu ini bisa dilirik. Jasa SEO merupakan sebuah jasa yang digunakan untuk optimalisasi sebuah website. Dimana pemilik website akan menggunakan jasa mereka untuk mendapatkan traffic yang semakin tinggi hingga meningkatkan penjualan produk ataupun jasanya. Harga yang ditawarkan tergolong sangat tinggi.

  1. Jasa penerjemah,

banyak diantara pengguna internet yang sekarang ini membutuhkan jasa di bidang penerjemah bahasa asing, harganya tergantung dari kesepakatan. Semakin sulit mendapatkan penerjemah untuk satu bahasa tertentu umumnya mereka berani tawarkan gaji yang tinggi.

Kebanyakan diantara bisnis tanpa modal memang lebih mengandalkan pada skill atau keahlian, jadi jangan sungkan menjual keahlian Anda untuk mendapatkan keuntungan, keahlian lain seperti edit gambar atau video juga banyak dicari belakangan ini. Lumayan bukan jika waktu senggang Anda bisa dirubah menjadi uang, untuk menambah income keluarga.