Bisnis dengan Modal Kecil

Banyak orang beranggapan bahwa memulai sebuah bisnis itu memerlukan banyak modal, mereka tidak melihat jenis bisnis yang akan dilakukan terlebih dahulu. Padahal jika dilihat sekarang ini banyak sekali jenis bisnis dengan modal kecil atau bahkan bisa tanpa menggunakan modal sekalipun dapat dilakukan. Apalagi tahun 2017 ini dinilai banyak orang sebagai tahun yang bagus untuk dunia bisnis atau usaha. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya bisnis baru bermunculan entah dari bidang properti, kuliner, fashion, sport ataupun lainnya. Dan kesemua bisnis tersebut sukses dengan prospek yang bagus baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Walaupun sudah biasa sebenarnya setiap tahun muncul beberapa usaha baru untuk menambah ketat persaingan bidang bisnis. Tetapi tahun 2017 tidak seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini juga terlihat banyak masyarakat yang melakukan kegiatan ekonominya dengan lebih baik. Tak heran jika banyak sekali usaha yang sukses dan mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Namun dari banyaknya jenis usaha tersebut bagi seorang pemula tetap sulit menentukan untuk memulai usaha yang mana. Mungkin karena beberapa faktor yang mengakibatkan tersebut antara lain karena modal, relasi yang sedikit, pengalaman yang kurang atau lainnya.

4 Referensi Bisnis Dengan Modal Kecil

Sebagai pemula yang paling penting itu mempersiapkan mental dari dalam diri sendiri terlebih dahulu, karena persaingan bisnis semakin ketat secara otomatis kalau tidak diimbangi dengan mental yang kuat akan stage di umur bisnis yang pendek. Berikut ini beberapa referensi bisnis yang dapat dijalankan dengan menggunakan modal kecil, antara lain:

Baca Juga : 5 Bisnis Modal Kecil untuk Penghasilan  Tambahan

  1. Usaha waralaba.

Sebagai seseorang yang ingin mempunyai sebuah bisnis tetapi terbatas akan ide atau gagasan yang akan dilakukan bisa mencoba memilih bisnis satu ini. Sebenarnya bisnis waralaba atau franchise sudah lama dilakukan selain lebih mudah hal ini juga merupakan bisnis dengan modal kecil karena semua telah disiapkan oleh pemilik merk. Jadi dari proses training sampai dengan proses akhir akan didampingi. Ini adalah bisnis yang cukup mudah apalagi bagi seorang pebisnis awal yang kesulitan menemukan konsep yang akan dilakukan.

  1. Bisnis online.

Bisnis tahun 2017 terpopuler kurang lengkap kalau tidak membicarakan mengenai bisnis satu ini. Ya, bisnis online mampu menarik banyak masyarakat untuk melakukannya terlihat dari pertumbuhan bisnis satu ini yang meningkat cukup signifikan. Bahkan digadang-gadang resolusi bisnis era digital ini akan terus berlangsung dan selalu tumbuh sampai dengan 2018. Apalagi ditambah pertumbuhan internet yang tidak bisa dibatasi lagi menjadikan bisnis ini merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

  1. Bisnis bidang jasa.

Indonesia menduduki posisi 5 besar dari banyaknya penduduk diseluruh dunia, hal itu berarti pertumbuhan masyarakat kian pesat. Maka secara tidak langsung hal tersebut merupakan salah satu peluang untuk mendirikan sebuah usaha, salah satunya bidang jasa. Bisnis jasa mayoritas dibutuhkan mereka yang mempunyai aktivitas atau kesibukan yang cukup padat. Misalnya saja laundry pakaian, cuci motor, percetakan, bimbingan belajar , les privat atau lainnya. Untuk usaha satu ini salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan dan juga modal yang dibutuhkan cukup kecil.

  1. Usaha industri kreatif.

Kalau berbicara industri kreatif tentu banyak sekali yang bisa dilakukan bisa dari desain menggambar, daur ulang, kuliner, atau lainnya. Bisnis satu ini bisa muncul karena hobi yang dimiliki ataupun lainnya yang akhirnya menghasilkan produk yang mempunyai nilai dan bisa dijadikan sebagai bisnis dengan modal kecil karena hanya perlu kreativitas yang tidak banyak alat yang dibutuhkan.

Optimize your Passion !