biaya Universitas Pancasila

Universitas Pancasila adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkenal di Jakarta yang beralamat di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Berdiri sejak tahun 1966, Universitas Pancasila (UP) memiliki 2 program perkuliahan yang unggulan yaitu program reguler dan juga reguler khusus (non-reguler). Program reguler khusus ini ialah sebuah program perkuliahan kelas karyawan yang sesuai dengan namanya, waktu perkuliahan pada program ini antara sore hingga malam hari. Kuliah kelas karyawan di Universitas Pancasila cukup diminati, mengingat biaya Universitas Pancasila untuk kuliah kelas karyawan cukup terjangkau.

Kelebihan dan Biaya Kuliah Universitas Pancasila

Melanjutkan jenjang pendidikan hingga ke perguruan tinggi yang di idam-idamkan memang jadi impian bagi banyak orang, namun sayangnya tak semua bisa mewujudkan hal tersebut. Selain mungkin karena tidak lolos SPMB, terbentur biaya juga sering jadi alasan mengapa banyak orang yang menunda kuliah. Biasanya orang-orang seperti ini lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu dan mencoba lagi di tahun yang berikutnya atau justru mengambil kuliah kelas karyawan. Meski statusnya adalah non-reguler, namun jangan remehkan program kuliah kelas karyawan, sebab ada beberapa kelebihan yang terdapat di dalamnya sebut saja di antaranya:

  1. Dapat membayar uang kuliah sendiri.

Karena Anda sudah bekerja setelah lulus SMA yang mungkin saja sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orangtua Anda, maka Anda pun bisa menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk ditabung sehingga bisa digunakan untuk membayar uang kuliah Anda. Dari gaji yang Anda peroleh setiap bulannya, bisa dipakai untuk membiayai kuliah Anda sendiri. Sehingga orangtua tidak terlalu terbebani, apalagi jika seluruh biaya kuliah 100% Anda yang tanggung. Tenang saja, biaya Universitas Pancasila kelas karyawan cukup terjangkau, sehingga Anda tak perlu takut gaji Anda tidak cukup untuk membayar kuliah.

  1. Bisa tambah relasi.

Karena Anda ambil kuliah kelas karyawan maka secara otomatis, teman-teman kuliah Anda rata-rata pasti para pekerja/pegawai juga. Anda bisa dengan mudah memanfaatkan keberadaan teman-teman sekelas Anda ini untuk menambah pertemanan dan relasi yang mungkin saja bisa berguna di kemudian hari seperti mungkin saja Anda bisa mendapat pekerjaan yang baru yang lebih oke atau bisa mendapat sponsor untuk acara di kampus Anda, bahkan siapa tahu juga bisa bertemu dengan jodoh Anda di kelas kuliah karyawan.

  1. Tidak diburu waktu kuliah.

Kuliah kelas karyawan umumnya diadakan pada sore hingga malam hari atau ada juga yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, sangat berbeda dengan kelas reguler yang bisa saja diadakan dari pagi sampai sore hari alias seharian penuh, sehingga sangat menyita waktu Anda. Kuliah kelas karyawan bisa Anda ambil selepas kerja atau pada hari Sabtu-Minggu sehingga Anda tidak merasa diburu waktu kuliah sebab Anda tak perlu mengorbankan waktu kerja Anda.

  1. Tugas kuliah juga lebih sedikit.

Karena rata-rata mahasiswa kelas karyawan ini umumnya adalah pekerja atau pegawai maka biasanya tugas yang diberikan pada dosen lebih sedikit daripada yang diberikan dosen pada mahasiswa kelas reguler. Sehingga tugas yang diberikan tidak mengganggu jam kerja atau jam istirahat Anda.

Selain biaya Universitas Pancasila kelas karyawan ini cukup murah, yakni berkisar antara 6 hingga 14 juta per semester, waktu kuliahnya pun fleksibel. Untuk program Sarjana (S1) waktu kuliahnya bisa di hari Sabtu pada siang/sore/malam atau Minggu pagi/siang/sore. Sedangkan untuk program Pascasarjana (S2) kuliah bisa diadakan pada Sabtu dan Minggu pada siang/sore hari.

Optimize your Passion !