Biaya Universitas Gunadarma

Pendidikan di Indonesia memang belum bisa dibilang maju, bukan hanya dilihat dari masih banyak penduduk Indonesia yang belum pernah mencicipi bangku sekolah atau hanya sanggup bersekolah hingga jenjang Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah saja, melainkan juga dari sistem pendidikannya. Padahal di Indonesia ada banyak sekali perguruan tinggi atau juga dikenal dengan sebutan universitas, baik negeri maupun swasta. Di Jakarta sendiri, tepatnya di wilayah Depok-Jawa Barat, ada universitas yang sangat terkenal, Universitas Gunadarma, uniknya banyak yang beranggapan biaya Universitas Gunadarma itu cukup mahal.

Sebenarnya hal tersebut bukan berarti tanpa alasan, sebab sejak didirikan pada tahun 1981, Universitas Gunadarma telah menyabet banyak penghargaan, salah satunya adalah penghargaan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik versi Webometrics yang diraihnya pada tahun 2014 silam. Sebelumnya, Universitas Gunadarma juga sempat meraih dua gelar sekaligus, yakni Perguruan Tinggi Swasta Terbaik versi 4ICU tahun 2013 dan juga peringkat kedua dalam TeSCA 2013Dengan perolehan tersebut, tak heran jika Universitas Gunadarma menjadi salah satu PTS terfavorit yang ada di Indonesia.

Ada 2 cara yang dapat ditempuh untuk bisa masuk ke Universitas Gunadarma, yaitu jalur PMDK dan jalur reguler atau umum. Jalur PMDK merupakan jalur masuk khusus yang diperuntukkan hanya bagi para siswa lulusan SMA dan sederajat yang berprestasi di sekolah. Sedangkan jalur masuk reguler atau umum ditujukan bagi seluruh siswa SMA. Setelah diadakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), para calon mahasiswa diwajibkan mengikuti daftar ulang untuk mengisi data-data dan juga tentu saja, membayar biaya Universitas Gunadarma sebut saja seperti uang gedung, biaya SKS dan Biaya Pengembangan Pendidikan. Yang uniknya lagi, uang gedung yang dibebankan ke mahasiswa akan beda. Hal ini disebabkan oleh hasil seleksi yang menjadi penentu besarnya uang gedung yang harus dibayarkan.

3 Grade untuk Membayar Biaya Universitas Gunadarma

Baca Juga : Syarat dan Biaya Kuliah di Universitas Terbuka

Ada 3 macam grade yang menjadi acuan dalam penentuan uang gedung:

  • Grade AA yaitu untuk para siswa lulusan terbaik yang akan memperoleh potongan biaya/diskon uang gedung. Berkisar antara Rp 6.500.000 hingga Rp 14.000.000,-.
  • Grade A: akan diberikan potongan uang gedung yang lebih kecil dari grade AA. Yaitu sekitar Rp 8.000.000 hingga Rp 17.000.000,-.
  • Grade B: akan diberikan potongan uang gedung yang paling kecil dibanding kedua jenis grade tersebut. Berkisar antara Rp 12.500.000 hingga Rp 20.000.000,-.

Ada beberapa Program Studi yang ada di Universitas Gunadarma, program S1 (sarjana) di antaranya adalah S1 Sistem Informasi, Sistem Komputer, Teknologi Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Ekonomi, Manajemen, Psikologi, Sastra Inggris, Teknik Arsitektur dan juga Teknik Sipil. Sedangkan untuk Program Studi D3 yang ada di Universitas Gunadarma di antaranya adalah D3 Manajemen Informatika, Teknik Komputer, Akuntansi Komputer, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan juga Kebidanan.

Untuk biaya Universitas Gunadarma per SKS nya adalah sebesar Rp 150.000 sedangkan untuk biaya pendaftaran kuliah di Universitas Gunadarma adalah sekitar Rp 150.000 saat online atau Rp 500.000 secara offline. Selain itu, para calon mahasiswa akan diwajibkan membayar semacam test kesehatan sebesar Rp 300.000,- sedangkan untuk yang D3 Kebidanan, biayanya mencapai Rp 450.000. Namun masih ada juga biaya yang harus Anda keluarkan yaitu BPP atau singkatan dari Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) atau bisa dibilang mirip seperti SPP pada saat masih duduk di bangku sekolah, nominalnya adalah sekitar Rp 1,75 juta hingga Rp 2 juta. Jadi mahal atau tidaknya adalah relatif.

Optimize your Passion !