Biaya tambah daya listrik

Pertumbuhan manusia semakin meningkat secara otomatis kebutuhan berbagai bahan keseharian juga terus meningkat tidak terkecuali dengan listrik. Apalagi ada kabar mengatakan bahwa biaya tambah daya listrik itu terjangkau. Jadi banyak sekali masyarakat yang akhirnya memilih untuk segera tambah daya. Karena mengingat kebutuhan daya semakin meningkat dan semakin hari semakin banyak dibutuhkan. Namun sayangnya walaupun banyak masyarakat yang mempunyai niatan untuk penambahan daya tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui cara atau pengajuan pemasangannya.

Maka dari itu sebelum membahas lebih jauh mengenai besar biaya tambahan listrik sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai cara pengajuannya. Untuk sekarang ini pengajuan bisa menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Secara offline atau langsung.

Ini cara dimana seseorang bisa langsung datang ke kantor PLN untuk mengajukan permohonan penambahan daya listrik. Kemudian secara langsung dari pihak PLN akan membantu dalam prosesnya.

  1. Secara online.

Seiring perkembangan teknologi pengajuan tambahan listrik sekarang bisa dilakukan melalui online atau internet. Caranya bisa langsung masuk dalam sebuah website resmi PLN kemudian tinggal mengisi form pengajuan tambah daya. Hanya butuh beberapa waktu dari pihak PLN akan menerima pengajuan dan segera menindaklanjuti.

Dari kedua cara tersebut bisa ditentukan mana yang lebih memudahkan untuk dilakukan oleh setiap masyarakatnya. Namun, sekarang ini warga masyarakat lebih memilih untuk online karena pengerjaannya lebih mudah, cepat dan praktis. Berikut ini beberapa tahapan dalam permohonan tambahan daya secara online antara lain:

  1. buka situs PLN resmi,

kemudian langsung pilih pada bagian penambahan daya listrik.

  1. masukkan nomor ID pelanggan meter Anda sebelumnya,

tunggu beberapa waktu sampai dengan informasi terpampang.

  1. Pilih Pemabahan Daya

Selanjutnya pilih pada penambahan daya dan isi identitas Anda sesuai dengan data pelanggan. Tetapi jika data sama tinggal mengkopi data sebelumnya saja.

  1. isi perubahan daya yang diinginkan,

dalam hal ini Anda bisa menambahkan dan juga mengurangkan sesuai kebutuhan. Jika Anda melakukan penambahan kemudian akan muncul biaya tambah daya listrik yang dibutuhkan.

  1. Mendapatkan Email dan Link

Setelah semua pengisian selesai akan mendapatkan email dari pihak PLN dan melakukan tindakan lanjut dan diberikan link. Dari link tersebut akan dibawa ke situs PLN dan diberikan kode serta jumlah nilai uang yang harus dibayarkan. Pembayaran tersebut bisa melalui beberapa tempat tergantung dari mana yang lebih dekat.

  1. Tunggu Pihak PLN

Selanjutnya tinggal menunggu dari pihak PLN untuk tindak lanjutnya, mulai dari pemasangan atau lainnya.

Itulah langkah-langkah dalam melakukan permohonan penambahan daya listrik. Lalu berapa biaya yang dibutuhkan dalam pengajuan tersebut? Untuk saat ini karena ada pergantian dari listrik pra bayar menjadi pasca bayar pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan mengenai biaya salah satunya yaitu dengan adanya biaya subsidi. Karena banyak masyarakat yang bertindak curang dengan adanya subsidi tersebut akhirnya pemerintah menegaskan aturan. Bahwa subsidi hanyalah untuk masyarakat yang lebih membutuhkan bukan mereka yang mampu dan termasuk dalam golongan orang-orang kaya.

Biayanya sendiri beragam karena dari mulai 450 VA, 900 VA yang akan diganti dengan besar minimal yaitu 1300 VA. Jika Anda berkeinginan untuk mengganti 450 VA menjadi 1300 VA biaya yang dibutuhkan yaitu kurang lebihnya 800 ribu rupiah. Biaya tambah daya listrik itu akan lebih besar dari pada biaya tambah daya dari 900 VA menjadi 1300 VA yang hanya sekitar 400 ribu. Untuk lebih pastinya bisa langsung tanyakan kepada pihak PLN.