biaya pembuatan paspor

Untuk mewujudkan impian bepergian atau liburan ke luar negeri tentu tidak cukup hanya menyiapkan uang saku. Anda pun wajib menyiapkan beberapa dokumen penting dan salah satunya adalah paspor yang menjadi kunci untuk memasuki wilayah negara lain. Banyak orang sudah cukup hafal proses pembuatan paspor namun tidak sedikit pula yang masih menerka biaya pembuatan paspor kira-kira berapa dan butuh waktu berapa lama. Kalau sudah tahu sejak awal maka proses selanjutnya akan terasa lebih mudah.

Bagi kalangan pemula memang akan merasa kesulitan untuk mengetahui prosedur pembuatan paspor, apalagi saat ini sudah berbasis online. Pendaftaran untuk mengajukan pembuatan maupun perpanjangan masa berlaku paspor dilakukan melalui website kantor imigrasi. Kalau sudah ke sekian kalinya mengurus paspor dijamin tidak akan menjumpai masalah toh perbedaan hanya pada proses pendaftaran. Selebihnya masih memakai prosedur lama sebelum layanan online disediakan kantor imigrasi, sehingga tidak harus bertanya dulu pada petugas.

Hal-hal Wajib Diketahui Sebelum Mengurus Paspor

Khusus bagi pemula yang merasa kesulitan, ada baiknya mengenal dulu apa saja yang perlu diketahui sebelum mengurus pembuatan paspor. Berikut merupakan hal-hal penting tersebut:

  • Persyaratan yang dibutuhkan,

Membuat paspor tentu perlu melengkapi beberapa dokumen persyaratan dan point satu ini tentu sifatnya wajib. Daripada harus bolak-balik karena ada persyaratan yang tertinggal baiknya diketahui sejak awal. Toh, tidak memungkinkan kembali lagi ke kantor imigrasi karena dijamin diminta antri kembali padahal jam layanan terbatas.

  • Kisaran biaya yang perlu disiapkan,

Mengetahui kisaran biaya pembuatan paspor juga penting untuk dijadikan bekal sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor. Sebagai kunci untuk memasuki wilayah negara lain tentu sifat dokumen satu ini sangat penting, bahkan sebanding dengan KTP. Resiko menjadi imigran gelap dan dimasukkan ke penjara oleh negara tujuan bisa dihindari asalkan memiliki paspor. Maka pastikan tahu biayanya supaya bisa segera diurus, biayanya sendiri murah berkisar Rp 300-600 ribuan.

  • Apa saja yang akan dilakukan di kantor imigrasi,

Sebelum datang ke kantor imigrasi dengan tujuan mengurus paspor akan sangat menguntungkan mengetahui apa saja yang dilakukan disana. Bacalah beragam artikel yang memuat pengalaman pribadi penulis saat mengurus paspor sendiri. Supaya memiliki bekal dan persiapan cukup agar dalam waktu sehari paspor sudah selesai diurus tinggal menunggu jadwal pengambilan. Umumnya untuk mengurus paspor dianjurkan datang pagi sekali, dan gunakan pakaian rapi karena di hari tersebut langsung foto untuk paspor.

  • Kapan waktu layanan pembuatan paspor,

Supaya tidak datang sia-sia ke kantor imigrasi namun malah kecewa mendapati kantor dimana keperluan paspor dibuat dilakukan ini ternyata tutup. Maka usahakan untuk mengecek jam layanan, secara umum jadwal layanan memang dibuka sejak pagi jam 8 kemudian tutup di sore hari sekitar jam 4. Namun, ternyata aktualnya tidak demikian sebab loket pendaftaran yang dibuka usai jam makan siang lebih sedikit. Sehingga ada kemungkinan nomor Anda tidak dipanggil.

  • Lokasi kantor imigrasi,

Mengurus paspor memang wajib dilakukan di kantor imigrasi tidak bisa dilakukan di kantor pemerintahan jenis lainnya. Ketika mendaftar secara online nantinya akan muncul notifikasi alamat kantor imigrasi yang bisa dituju untuk proses selanjutnya. Namun jika tidak mendaftar secara online baiknya ketahui dulu alamat kantor imigrasi terdekat dimana. Sebab tidak lucu jika tersesat di kota sendiri dimana menjadi kota kelahiran, nah selain biaya pembuatan paspor tentu hal-hal lain yang disebutkan penting pula diketahui.

Optimize your Passion !