biaya masuk ipdn

Setelah lulus sekolah menengah atas, banyak hal yang harus dipikirkan untuk melanjutkan kehidupan apakah akan bekerja atau memilih untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Salah satu sekolah tinggi yang banyak dipilih adalah IPDN. Biaya masuk IPDN untuk pascasarjana sendiri bisa mencapai Rp 25 jutaan dan bisa menggunakan beasiswa yang ditawarkan oleh pihak sekolah kedinasan tersebut.

Sekolah kedinasan IPDN menjadi salah satu sekolah pemerintah yang masih memiliki banyak peminat. Hal tersebut disebabkan karena lulusan IPDN bisa langsung menjadi PNS serta masuk menjadi golongan III/a atau jabatan yang setingkat dengan Letnan dua di militer. IPDN sendiri tidak hanya memberikan pendidikan namun juga pelatihan serta pengasuhan untuk proses pembelajarannya. Untuk bisa lolos dan diterima di IPDN, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda.

Sebelum Anda hendak mengajukan diri, pastikan dahulu Anda memiliki mental dan keyakinan yang tinggi untuk masuk dan menjadi praja di IPDN. Setelah itu cari tahu informasi mengenai IPDN misalnya kapan pendaftarannya sudah dibuka, bagaimana persyaratannya, proses seleksinya agar Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik. Tips pertama agar diterima di IPDN adalah lengkapi persyaratan administrasinya. Cek satu per satu apakah dokumen yang Anda siapkan dan lengkapi tersebut sudah sesuai dengan yang diminta atau tidak. Nantinya, jika lolos untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar dan menggunakan computer assisted test akan dikenai biaya sebesar Rp 50.000 dan biaya tersebut sudah sesuai dengan PP no 63 tahun 2016.

Jika lolos, siapkan diri Anda untuk tes psikologi. Tes ini biasanya akan dilaksanakan di Ibukota Provinsi sehingga bagi Anda yang memiliki tempat tinggal jauh dari ibukota maka sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai tempat tersebut. Abaikan dahulu besar biaya masuk IPDN yang harus dibayarkan namun cari tahu juga mengenai berapa biaya transportasi yang harus Anda keluarkan untuk mengikuti tes tersebut. Jangan lupa untuk mencoba latihan tes psikologi yang banyak ditemukan di toko buku sehingga bisa melatih otak Anda dan membantu mengatasi soal yang biasanya memiliki konsep yang sama.

Ketiga adalah olahraga teratur dan menjaga kondisi badan agar tetap fit. Hal ini tidak hanya untuk membantu Anda menjalani tes psikologi namun juga tes kesamaptaan. Tes ini adalah tes ketahanan serta kekuatan fisik.

Ada 2 jenis tes kesamaptaan yaitu:

  • Tes A dengan lari keliling lapangan bola dengan waktu 12 menit dengan putra minimal 6 putaran dan putri minimal 5 putaran.
  • Tes B terdiri dari push up dan sit up masing-masing setidaknya minimal 30 kali, pull up minimal 4 kali, shuttle run minimal 19 kali.

Akan ada tes kesehatan dan pengecekan tubuh misalnya pengecekan mata, tinggi badan dan kesehatan tubuh lainnya. untuk tes akademik yang dilaksanakan di ibukota provinsi, mau tidak mau Anda harus menambah pengetahuan Anda misalnya matematika dasar, bahasa Indonesia dan Inggris, kewarganegaraan dan usahakan terisi semua. Karena tidak ada sistem minus sehingga jika jawaban Anda salah tidak akan mempengaruhi nilai akhir.

Nantinya, tes akhir yaitu wawancara akan dilakukan di pusat yaitu di Jatinangor, Jawa Barat. Pastikan Anda tidak gugup saat menjawab pertanyaan yang diberikan serta memiliki attitude yang baik misalnya bersikap tegas namun tidak meremehkan atau sombong. Nantinya, akan ada pengumuman siapa saja yang diterima dan akan mendapatkan informasi lebih lanjut berapa besar biaya masuk IPDN yang harus dibayarkan termasuk syarat tambahannya.