biaya kuliah unpad

Melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi tentu menjadi keinginan hampir semua pelajar. Hal ini akan semakin istimewa jika pelajar bisa masuk ke universitas impian yang terbaik di Indonesia. Salah satu universitas yang diimpikan adalah Universitas Padjadjaran atau lebih dikenal dengan UNPAD yang ada di Kota Bandung di Jawa Barat. Telah berdiri sejak 11 September 1957 dan dengan segala perkembangannya menjadikan UNPAD adalah salah satu universitas yang terbaik di Indonesia sehingga banyak diincar oleh para calon mahasiswa. Biaya kuliah UNPAD juga bisa dibilang lumayan terjangkau untuk beberapa jurusan tertentu.

Program pendidikan yang ada di UNPAD juga cukup banyak mulai dari Diploma, Sarjana, Pascasarjana dan bahkan ada Spesialis hingga Profesi. Tersedia juga berbagai jurusan yang ada di UNPAD sehingga bisa dipilih sesuai dengan ketertarikan Anda masing-masing. Untuk biaya kuliah sendiri, UNPAD menerapkan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal dimana untuk pembayarannya harus dilakukan tiap awal semester. Dengan adanya sistem ini, maka mahasiswa tidak akan dibebani dengan pembayaran uang pembangunan atau uang gedung lagi.

Besaran uang yang dibebankan untuk UKT adalah berdasar penghasilan dari orang tua serta fakultas hingga jurusan yang dipilih. Penentuan ini bisa diketahui ketika calon mahasiswa mengisi kondisi keuangan kedua orang tua sehingga kejujuran diperlukan. Namun untuk mahasiswa yang memang kurang mampu dalam hal finansial, UNPAD juga menyediakan program bidikmisi sehingga setiap pelajar yang ingin belajar di UNPAD bisa mendapatkan kesempatan kuliah tanpa membayar.

Biaya kuliah UNPAD sistem UKT terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu:

  • UKT golongan 1 adalah 0-Rp 500.000/semester yang di kelompok ini termasuk juga mahasiswa yang mengajukan Bidikmisi.
  • UKT golongan 2 dengan biaya Rp 1,000,000/semester.
  • UKT golongan 3 dengan biaya Rp 2,500,000 – 3,500,000.
  • UKT golongan 4 dengan biaya Rp 4,000,000 – Rp 9,000,000.
  • UKT golongan 5 dengan biaya Rp 4,000,000 – 13,000,000.

Seperti yang terlihat jika biaya kuliah di UNPAD memang ada yang rendah dan ada yang tinggi. Namun itu baru UKT saja, belum lagi ada biaya praktik, SKS, hingga biaya buku dan biaya hidup di Bandung yang tidak murah.

Untuk itu, para mahasiswa sebaiknya lebih berusaha untuk menghemat lagi dengan beberapa tips ini:

  • Usahakan untuk selalu menyisihkan uang Anda untuk menabung. Tidak perlu terlalu banyak, namun asalkan setiap bulan bisa selalu memisah uang khusus ditabung akan menjadi uang penolong jika Anda butuh sesuatu mendadak.
  • Kelompokkan pengeluaran mulai dari uang bayar kos, uang bayar buku, uang makan dan uang untuk refreshing setiap bulannya sehingga bisa lebih tertib ketika mengeluarkan uangnya.
  • Dari banyaknya pengeluaran, urusan makan adalah yang paling mudah dihemat. Untuk itu ada baiknya jika Anda bisa memaksimalkan penghematan seperti dengan memasak sendiri, atau minimal menanak nasi sendiri di kos.
  • Manfaatkan perpustakaan atau wilayah kampus untuk meminjam buku dan juga mengeruk internet gratis sehingga Anda bisa lebih menghemat pulsa untuk internet.

Itulah beberapa tipe berhemat dalam menyiasati keuangan selama kuliah. Tips tersebut adalah tips paling sederhana yang bisa Anda lakukan dalam aktivitas di perkuliahan. Jika perlu untuk membantu kedua orang tua dalam pembayaran biaya kuliah UNPAD, maka Anda bisa menjadi pekerja lepasan atau pekerja paruh waktu demi menambah pemasukan. Dengan begitu tak hanya bisa belajar, namun Anda juga bisa berlatih bekerja.