biaya balik nama motor

Proses balik nama tentu perlu dilakukan ketika membeli kendaraan bekas ataupun untuk pembelian properti yang awalnya dimiliki orang lain. Khusus untuk kendaraan maka sebelum datang ke kantor polisi terdekat pastikan dulu mengetahui biaya balik nama motor sehingga punya persiapan anggaran. Proses balik nama ini bertujuan untuk mencantumkan nama Anda sendiri selaku pembeli motor bekas di surat-surat penting kendaraan. Sehingga secara sah luar dan dalam kendaraan tersebut memang bisa dibuktikan sebagai milik Anda.

Membeli motor baru biasanya untuk STNK dan BPKB belum keluar, menunggu orang datang ke dealer dan mengadopsi salah satu motor baru disana. Kemudian pihak dealer akan memproses pembuatan surat-surat kendaraan yang juga sifatnya baru. Sehingga nantinya nama pembeli akan tercantum di dalam surat-surat tersebut, namun kondisi sebaliknya akan berbeda jika membeli motor bekas. Surat-surat yang menyertainya masih atas nama pemilik sebelumnya.

Dalam kondisi tertentu nama di surat-surat tersebut bukanlah nama Anda tentu menjadi masalah, sehingga perlu mengurus balik nama. Padahal pengurusannya tidaklah gratis dan selain itu memerlukan waktu terlebih jika menggunakan jasa pihak ketiga. Jangan kaget apabila proses cetak STNK maupun BPKB bisa berjalan sampai sekian bulan. Baiknya diurus sendiri, toh mudah dan tentunya modal yang dikeluarkan jauh lebih hemat. Meskipun sedikit ribet dan perlu meluangkan waktu seharian penuh untuk mengurusnya.

Keuntungan Jika Sudah Mengurus Balik Nama

Ketika sudah meluangkan waktu untuk mengurus semua keperluan balik nama termasuk biaya balik nama motor itu sendiri. Maka beragam keuntungan usai proses selesai antara lain:

  1. Menghindari biaya tambahan pengurusan pajak,

Ketika mengurus pembayaran pajak untuk kendaraan bekas tentu perlu menyiapkan berbagai dokumen untuk menunaikan kewajiban satu ini. Sayangnya ada istilah progresif sekian persen untuk kendaraan bekas yang belum dibalik nama. Menghindari adanya biaya tambahan selama membayar pajak alangkah baiknya menabung dulu untuk mengurus balik nama.

  1. Menjadikan kerepotan berkurang saat bayar pajak,

Tidak menutup kemungkinan pembayaran pajak kendaraan masih mudah dilakukan meski surat-surat kendaraan bukan atas nama sendiri. Melainkan atas nama pemilik sebelumnya, meski pembayaran tidak ditolak namun ada syarat tambahan. Yakni menyerahkan fotocopy KTP atau kartu identitas lain yang dimiliki pemilik kendaraan sebelumnya. Masih lumayan jika rumah pemilik sebelumnya dekat, kalau sampai lintas provinsi tentu membuat kepala pecah. Maka idealnya dibalik nama segera supaya bayar pajak lebih praktis.

  1. Kendaraan bisa dijadikan jaminan ke bank,

Membiarkan kendaraan bekas yang dibeli dengan harga miring masih atas nama pemilik sebelumnya bisa menjadikan kendaraan tersebut hanya bisa diajak bepergian. Padahal kendaraan bermotor model dan merek apapun bisa dijadikan jaminan ke bank. Sehingga memperoleh pinjaman dalam jumlah tertentu yang bisa dipergunakan untuk mengurus masalah keuangan yang dihadapi. Penting untuk segera dibalik nama supaya motor bekas ini bisa dijadikan jaminan di bank mana saja.

  1. Kenyamanan selama memiliki kendaraan tersebut,

Selama memiliki kendaraan bermotor tentu akan merasakan sendiri berbagai resiko yang melingkupinya. Demi kenyamanan baiknya sudah melakukan proses balik nama ke Polsek setempat supaya nyaman dan aman. Misalnya saja ketika kendaraan hilang maka mengurus laporan ke kantor polisi lebih mudah. Anda pun bisa memanfaatkan kendaraan untuk tujuan lebih beragam, salah satunya untuk pengajuan kredit tadi sebagai jaminan. Intinya biaya balik nama motor yang dikeluarkan terhitung murah dibanding keuntungan yang diberikan setelah diurus.