biaya administrasi bank mandiri

Ketika hendak membuka tabungan ataupun mengajukan kredit di bank, seperti di Bank Mandiri umumnya Anda akan dibebankan biaya yang disebut sebagai biaya administrasi atau maintenance fee. Biaya administrasi atau yang disebut dengan maintenance fee ini merupakan biaya yang dibebankan ke nasabah secara berkala. Masing-masing bank termasuk bank mandiri, memiliki biaya administrasi bank Mandiri yang berbeda satu sama lainnya sesuai dengan ketentuan dari perbankan tersebut.

Biaya administrasi yang dibebankan ke calon nasabah misalnya untuk membuka rekening tabungan tidak jarang mempengaruhi keinginan nasabah untuk membuka rekening di bank tersebut sebab besarnya biaya administrasi dari bank tersebut akan berpengaruh pada besar tabungan yang ada di bank tersebut. Sehingga, tidak heran jika sebagian orang lebih memilih untuk hanya memiliki 1 rekening saja agar tidak memiliki beban biaya administrasi bulanan yang cukup besar.

Besar biaya administrasi dari masing-masing bank yang ada di Indonesia termasuk di Bank Mandiri tidak jarang dijadikan sebagai promo untuk bisa menarik perhatian dari calon nasabahnya. Sebelum Anda membuka tabungan di Bank Mandiri ataupun bank lainnya yang ada di Indonesia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa biaya administrasi dari bank tersebut, dengan tujuan untuk membantu Anda menghitung berapa banyak besar jumlah tabungan yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan bank tersebut untuk menyimpan uang dengan aman.

Alasan lainnya mengapa Anda harus tahu berapa besar biaya administrasi Bank Mandiri sebelum Anda memutuskan untuk membuka rekening adalah:

  • Mengetahui berapa besar biaya potongan yang akan diberikan oleh bank sehingga nantinya tidak akan memberikan atau menimbulkan perbedaan besar jumlah tabungan yang seharusnya bisa Anda miliki.
  • Agar Anda bisa menyisihkan isi tabungan untuk biaya administrasi yang per bulannya akan dipotong oleh bank.

Karena besar biaya administrasi akan dipotong per bulannya dari jumlah uang tabungan yang Anda miliki di rekening bank, maka jangan lupa untuk memastikan jika Anda memiliki uang yang cukup atau tidak membiarkan rekening tersebut kosong. Pembayaran biaya administrasi tersebut dilakukan secara otomatis dari rekening sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membayarkan biaya tersebut ke bank. Walaupun tabungan Anda dikenai biaya administrasi, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih akan mendapatkan bunga tabungan per bulannya dengan besaran yang tidak sebesar biaya administrasi. Besar bunga tabungan yang akan diberikan bank tergantung dari jenis bank tersebut dan diberikan oleh bank untuk setiap nasabah yang membuka rekening di bank tersebut misalnya rekening koran.

Biaya administrasi bank Mandiri berbeda-beda tergantung dari jenis produk perbankan yang Anda miliki. Beberapa biaya administrasi yang ada di bank Mandiri, diantaranya adalah:

  • Biaya administrasi bulanan:
  • Pemerintah: Bebas.
  • Perorangan serta jenis nasabah badan lainnya: Rp 25.000/bulan.
  • Biaya buku cek atau bilyet giro: Rp 1.000/lembar tanpa materai.
  • Biaya counter cheque: Rp 2.000/lembar tanpa materai.
  • Biaya pembatalan bilyet giro: Rp 30.000/lembar.
  • Biaya administrasi bulanan giro valas:
  • Pemerintah: Bebas.
  • Perorangan serta jenis nasabah badan lainnya: USD 5.00, EUR 5.00, SGD 5.00, AUD 10.00, GBP 5.00, JPY 500.00, HKD 50.00, CHF 10.00, CNY 30.00.
  • Tabungan memiliki biaya administrasi per bulan sebesar Rp 12.500.
  • Tabungan haji dengan biaya administrasi per bulannya bebas.
  • Tabungan rencana Mandiri memiliki administrasi gratis per bulan baik untuk valuta rupiah ataupun valuta USD.