Peluncuran Simpanan Pelajar yang diikuti oleh 14 bank di Indonesia
Peluncuran Simpanan Pelajar yang diikuti oleh 14 bank di Indonesia

Peluncuran Simpanan Pelajar yang diikuti oleh 14 bank di Indonesia

Dalam rangka mendidik rakyat Indonesia semakin sadar dengan keuangan, Otoritas Jasa Keuangan bersama dengan industri perbankan, mengembangkan satu produk tabungan yang ditujukan untuk anak-anak usia sekolah.

Tabungan yang diberi nama Simpanan Pelajar ini ditujukan untuk mengembangkan budaya menabung sejak dini. Mereka yang berada dalam rentang pendidikan PAUD/ Raudatul Athfal (RA) hingga SMA/ Madrasah Aliyah (MA) serta pondok pesantren dapat menjadi pesera dari tabungan SimPel ini.

OJK berharap bahwa agar para generasi muda menjadikan menabung tidak hanya sebagai kewajiban, namun sudah menjadi kebutuhan dan bagian dari gaya hidup.

Selain itu dengan menanamkan budaya meanbung sejak dini, diharapkan anak-anak akan mampu dan akhirnya terbiasa untuk dapat mengendalikan diri dari sikap konsumtif serta membelanjakan uang mereka dengan bijak.

“Menabung juga akan mengajarkan kepada anak untuk terampil mengelola keuangan secara bertahap, hingga akhirnya mereka akan tumbuh menjadi generasi yang terampil dalam hal keuangan,” uangkap Ketua Dewan Kmisioner OJK Muliaman D. Hadad dalam acara aktivasi Tabungan SimPel di SMAN 68, Jakarta, pada hari Selasa lalu.

Untuk itulah SimPel dirancang dengan sisitem yang mudah dan sederhana. Para pelajar bisa memiliki tabungan SimPel ini dengan setoran pertama dan selanjutnya sangatlah ringan, yaitu sebesar Rp5000,00.

Program yang pertama kali diluncurkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Juni 2015, kini diikuti oleh 8 Bank Umum Konvensional, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank Permata, Bank Jabar-Banten dan Bank Jatim, serta 6 Bank Umum Syariah, yaitu Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah, dan Panin Syariah.

Bank BCA, salah satu bank yang menjadi peserta dalam program ini, berencana tidak memberikan bungan pada tabungan SimPel ini. Dengan alasan kurang mendidik, BCA berencana akan memberikan reward kepada pelajar yang menabung.

“Bentuknya masih belum tahu. Karena ini produk baru, masih sedang dipikirkan. Tapi anak-anak sekarang kan suka pakai gadget, internet, bisa jadi reward akan diarahkan kesana,” jelas Suwignyo salah satu Direktur BCA seperti dilansir oleh Republika Online.

Nah, tertarik untuk mengajarkan budaya menabung dan juga mengatur keuangan kepada si Kecil di rumah Sahabat? Yuk, ajak mereka untuk mengunjungi kantor bank terdekat.

Ref: ojk.go.id dan republika.co.id

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.