Tips-tips membuat anggaran keuangan yang baik

Setiap orang pasti menginginkan kondisi keuangan yang stabil. Untuk mewujudkan keinginan ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Kuncinya terletak pada kemauan dan kedisiplinan orang yang bersangkutan dalam mengelola anggaran keuangan. Berikut ini adalah tips-tips membuat anggaran keuangan yang baik:

  1. Janganlah menunda pengeluaran wajib rutin seperti biaya listrik dan kredit cicilan rumah. Anda harus segera membayarkan pengeluaran tersebut sejak Anda menerima gaji tiap bulan. 
  2. Bukalah rekening bank khusus untuk tabungan. Jika Anda bisa menabung walaupun sedikit, itu jauh lebih daripada tidak sama sekali. Tabungan yang sedikit tersebut bisa membawa perubahan besar dalam hidup Anda. Idealnya uang yang ditabung per bulan adalah 5 – 10% dari gaji bersih. Semakin besar Anda bisa menabung tentunya akan semakin baik.
  3. Buatlah catatan tentang apa saja yang hendak dibeli ketika Anda berbelanja keperluan bulanan. Anda harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
  4. Hindari transfer uang ke rekening bank yang berbeda untuk menghindari biaya trasnfer.
  5. Siapkan cara jitu untuk menghemat pengeluaran uang yang terkait dengan hobi Anda. Misalkan, Anda hobi membaca, Anda tidak perlu membeli buku dan bisa menyewa buku dari perpustakaan.
  6. Siapkanlah bekal makanan dari rumah. Anda akan banyak menghemat pengeluaran dibandingkan jika Anda membeli makan di rumah makan.
  7. Upayakan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit dari apa yang telah Anda rencanakan. Bila Anda ingin membeli baju dan mengalokasikan dana Rp 150.000, cobalah cari pakaian dengan merk lain tapi dengan harga yang lebih murah.

Demikianlah tips-tips sederhana dalam membuat anggaran yang baik. Semoga tips-tips ini bermanfaat sehingga Anda mampu menyusun anggaran yang baik bagi rumah tangga Anda.