pinjaman lunak tanpa jaminan

Setiap orang pasti memerlukan uang, baik itu untuk membeli barang sekunder seperti make up. Ataupun untuk membeli kebutuhan primer seperti sandang, papan, pangan. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, yang dilakukan manusia adalah mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, terkadang kebutuhan serta pendapatannya tidak sesuai atau berbanding terbalik. Oleh karena itu, jalan yang ditempuh adalah dengan meminjam uang. Namun, berbagai lembaga keuangan yang menyediakan peminjaman uang pasti mensaratkan beberapa hal yang harus dipenuhi agar dapat meminjam uang. Padahal, peminjam lebih suka pinjaman lunak tanpa jaminan. Pinjaman lunak tanpa jaminan, pasti akan lebih banyak di buru. Terdapat beberapa jenis yang dapat meminjamkan uang.

Jenis Pinjaman Lunak Tanpa Jaminan

Teman

teman pinjaman lunak tanpa jaminan

Jika kita meminjam uang pada teman, kita tak perlu memberikan jaminan kepada mereka. Biasanya kita hanya perlu memberikan janji untuk mengembalikan uang pinjaman sesuai waktu yang telah disepakati bersama. Selain itu, teman juga lebih fleksibel dan lebih nyaman karena mereka cenderung lebih mengerti keadaan dan kemampuan kita. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, maka ajukan terlebih dahulu perjanjian yang disepakati kedua pihak.

Peminjaman Online

pinjaman online pinjaman lunak tanpa jaminan

Jika pada lembaga fisik banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk meminjam uang. Maka, pada peminjaman online banyak yang tidak mengharuskan adanya jaminan. Untuk itu, pada kali ini saya akan memberitahukan apa saja hal yang harus diperhatikan jika meminjam uang dari lembaga non-fisik seperti pada online.

  1. Rencanakan matang-matang: Jika anda sudah berniat meminjam uang, hitunglah keperluan pinjaman anda dengan tepat. Hal ini untuk menghindari adanya keinginan untuk meminjam jumlah uang yang lebih besar dari keperluan sebenarnya. Hal ini akan menyebabkan hutang yang terlalu banyak. Bisa-bisa anda malah kewalahan ketika harus membayar cicilan.
  2. Cek dengan seksama Kelegalan Lembaga/Situs Onlien tersebut: Setelah siap untuk meminjam melalui kredit online. Maka anda harus mencari situs online yang terpercaya, hal itu bisa ditunjukkan melalui kelegalan situs tersebut. Untuk itu, carilah nomer kelembagaan di situs tersebut, jika tidak ada, maka cari situs lain yang memiliki nomer kelembagaan. Atau, telepon kantor fisik situs online tersebut dan tanyakan nomer kelembagaannya. Jika sudah tahu, cocokkan nomer tersebut dengan yang ada pada lembaga perpajakan. Jika ada maka dapat dipastikan lembaga tersebut legal dan dapat dipercaya.
  3. Periksa simulasi kredit pada website: Coba periksa apakah situs online tersebut menyediakan fasilitas kalkulator simulasi. Jika situs memilikinya, maka coba cari tahulah perhitungan besar pinjaman dan beban biaya bunga yang akan anda bayarkan jika meminjam pada situs tersebut. Jika tidak ada, maka coba hubungi lembaga fisik yang tertera di dalamnya, dan minta tolonglah kepada customer servicenya terkait perhitungan bunga dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.
  4. Beban bunga yang pasti: pastikan beban bunga yang nanti dibayarkan bukan beban bunga mengambang. Beban bunga mengambang adalah beban bunga yang tidak pasti, dan atau tiap cicilan bunga bertambah besar. Pastikan hanya bunga tetap yang akan selalu sama tiap cicilan.
  5. Sanksi: periksa juga sanksi yang mungkin akan didapatkan, apabila terlambat membayar kredit hutang. Sehingga kita dapat berjaga-jaga apabila mendapat sanksi saat telat membayar cicilan.
  6. Biaya Administrasi murah: Pilihlah situs online yang memiliki biaya administrasi murah.
  7. Lama Waktu peminjaman: Pilihlah situs online atau lembaga yang menawarkan tenggat waktu cicilan yang cukup lama.

Itu tadi artikel terkait peminjaman lunak. Semoga dapat membantu anda semua.