kta bri

Hampir semua orang di dunia ini pasti pernah melakukan transaksi hutang, entah itu hutang kepada saudara, keluarga, teman atau bahkan kepada lembaga keuangan. Hutang bukan sesuatu hal yang memalukan, namun hal yang sudah lumrah dilakukan, apalagi jika memang untuk tuntutan hidup atau kondisi darurat. Umumnya peminjaman ke bank menjadi alternatif terakhir jika memang orang terdekat tidak dapat membantu dan produk yang biasa dipilih adalah KTA BRI.

KTA BRI belakangan menjadi favorit karena memang pinjaman ini tidak menuntut peminjam untuk menitipkan aset untuk dijadikan jaminan. Tentu saja hal ini sangat membantu pihak nasabah dalam mendapatkan pinjaman karena kemudahannya. Namun pinjaman tanpa agunan bukan berarti tidak memiliki syarat dn ketentuan. Syarat utama untuk mendapatkan KTA adalah umur peminjam minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Selain itu peminjam juga harus memiliki penghasilan minimal sebesar 2,5 juta sampai 3 juta rupiah per bulannya.

Namun meski banyak yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan KTA cukup mudah, namun banyak juga calon peminjam yang mengalami penolakan. Penolakan tersebut biasanya ditandai dengan bank yang lama tidak memberi kabar sejak pengajuan KTA. Selain itu bank juga kerap tidak memberitahukan alasan di balik penolakannya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa alasan mengapa pihak bank menolak pengajuan KTA Anda, antara lain:

  • Tidak ada kartu kredit dengan masa pakai 1 tahun

Memiliki kartu kredit dengan masa pakai minimal satu tahun adalah hal yang wajib bagi mereka yang mengajukan pinjaman KTA. Namun informasi ini ternyata belum menyeluruh diketahui semua nasabah sehingga banyak yang mengalami penolakan hanya karena masalah sepele ini. Alasan bank menetapkan syarat ini adalah agar pihak bank mengetahui riwayat pembayaran kredit calon peminjam dengan cara menelusuri transaksi dan cicilan di kartu kredit tersebut.

  • Limit kartu kredit tidak memenuhi syarat

Punya kartu kredit dan bayar tagihan disiplin tapi tetap ditolak bank? Mungkin ada yang salah dalam mempergunakannya. Misal saja jika bank menetapkan limit kartu sampai 8 juta dan penggunaan bulanan Anda hanya 5 juta, hal ini juga bisa menjadikan faktor kegagalan dalam mendapatkan KTA.

  • Pembayaran minimum payment

Permasalahan baru, merasa sudah memakai kartu kredit sesuai limit dengan masa pakai minimal satu tahun dan pembayaran pun selalu disiplin. Tapi tunggu dulu, bisa juga alasannya adalah nominal pembayaran yang kurang dimana Anda sering membayar minum payment.

  • Terlalu banyak cicilan hutang

Selanjutnya ada juga alasan dimana calon peminjam memiliki hutang dimana-mana, misalnya hutang kartu kredit, cicilan KPR rumah, cicilan kredit kendaraan dan masih banyak lagi. Hal ini juga bisa mempengaruhi penilaian bank terhadap Anda. Tentu saja bank khawatir jika cicilan KTA Anda akan macet.

  • Tidak jujur saat mengisi form aplikasi

Banyak sekali yang mencoba untuk memanipulasi catatan keuangannya demi bisa mendapatkan pinjaman dari bank. Hal ini sangat tidak disarankan karena cepat atau lambat, bank juga akan mengetahui ketidakjujuran Anda tersebut.

5 Alasan Mengapa Pengajuan KTA BRI Ditolak

Itulah beberapa kemungkinan alasan mengapa KTA BRI yang Anda ajukan ditolak. Oleh karena itu, penuhi semua persyaratan dan isi formulir dengan sebenar-benarnya. Dengan begitu bank akan benar-benar mempertimbangkan pengajuan Anda. Usahakan untuk menggunakan dana KTA untuk sesuatu yang bermanfaat, bukan hanya untuk memenuhi kebiasaan konsumtif.

Baca Juga :  7 Dampak Nilai Tukar Rupiah Terus Dibawah!