pajak kendaraan bermotor

pajak kendaraan bermotor

Pajak kendaraan bermotor berlaku bagi setiap pemilik kendaraan, jika saat ini kita banyak menyaksikan banyak sekali orang yang menggunakan kendaraan bermotor maka ini akan membuat pembayaran pajak kendaraan ini akan semakin meningkat. Untuk mengetahui pembayarannya maka banyak orang yang harus memperhatikan tata cara pembayarannya. Pajak kendaraan memang sudah seharusnya banyak diketahui orang yang memiliki kendaraan ini. Hampir sama dengan pajak yang lainnya, hanya saja pajak ini lebih berfokus pada kendaraan yang dimiliki. Ada banyak tujuan sebenarnya dari adanya pajak ini seperti bisa digunakan untuk mengurangi pembelian kendaraan yang sudah semakin tidak terkendali.

Ada beberapa perhitungan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor online ini seperti misalkan mobil yang memiliki kelas lebih tinggi sudah pasti akan memiliki pajak lebih tinggi. Karena sudah otomatis orang tersebut memiliki cukup uang untuk membeli mobil tersebut. Biasanya pajak untuk mobil mewah akan cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan pajak untuk mobil yang biasa saja. Selain itu kendaraan bermotor roda dua juga memiliki pajak sendiri. Setiap jumlah pembayaran pajak memang berbeda-beda. Semua ini akan bergantung pada jenis yang dimiliki dan juga bergantung pada berapa kendaraan yang kita miliki pada saat itu. semakin banyak jumlah kendaraan yang dimiliki maka pajak akan semakin meningkat pastinya.

Berbagai peraturan yang mengatur mengenai pembayaran pajak STNK online ini sudah diatur dalam Undang-undang Dasar yang menjadikan semua warga negara harus mematuhinya. Berikut ini adalah Undang-undang yang mengatur mengenai pajak ini antara lain:

  • UU No. 28 tahun 2009 Pasal 3,
  • UU No. 28 tahun 2009 Pasal 7,
  • UU No. 28 tahun 2009 Pasal 5,
  • UU No. 28 tahun 2009 Pasal 4.

Jika berbicara mengenai pembayaran pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah ini juga mudah karena bisa menggunakan samsat, ini adalah kantor resmi yang akan membantu dalam pembayaran pajak yang berhubungan dengan pajak bermotor. Kantor ini juga saat ini sudah banyak sekali ditemukan, selain itu juga ada beberapa kantor yang saat ini sudah ada di beberapa daerah karena sudah disediakan kantor keliling. Ini akan membuat masyarakat semakin mudah membayar pajak ini. Untuk melakukan pembayaran ini sebenarnya sangat mudah jika ingin cepat dan sederhana kita bisa menggunakan online.

Baca juga Bisnis Yang Cocok Untuk Anak Muda

Jika ingin melakukan pembayaran sebenarnya juga ada beberapa tata cara yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah tata cara pembayaran pajak pertambahan nilai yang bisa digunakan antara lain:

  1. Kita harus datang langsung ke kantor pajak atau datang langsung ke kantor samsat yang akan menjadi pusat pembayaran ini.
  2. Selanjutnya kita bisa menuju ke ruangan untuk melakukan pembayaran pajak dan juga tempat untuk melakukan perpanjangan STNK.
  3. Kita harus mengikuti arahan petugas yang ada dalam ruangan pelayanan perpanjangan ini.
  4. Selanjutnya kita bisa membayarkan sejumlah biaya yang diminta secara langsung atau bisa menggunakan ATM.
  5. Jika sudah melakukan pembayaran maka buktinya kita diserahkan kembali dan bisa ditunjukkan pada petugas yang bertugas.
  6. Bukti pembayaran ini akan menjadi bukti bahwa kita sudah melakukan kewajiban kita membayarkan pajak kendaraan.

Pajak kendaraan selama ini belum banyak dikenal orang karena mereka menyebutnya dengan STNK. Ini padahal merupakan sebuah bagian dari pembayaran pajak yang sudah seharusnya diketahui mereka yang memiliki kendaraan bermotor. Pajak Kendaraan Bermotor sendiri juga memiliki jatuh tempo pembayaran yang biasanya harus dibayarkan selama 5 tahun sekali. Pajak ini memang jumlahnya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan pajak yang lainnya. hanya saja ini pembayarannya selama 5 tahun sekali jadi lebih ringan.

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan atau pun pajak bumi dan bangunan sebaiknya kita melakukan sebelum tanggal jatuh tempo karena jika sudah masuk dalam tanggal jatuh tempo akan ada denda. Jumlah denda ini akan berbeda-beda setiap orang tergantung lama dan juga jumlah yang harus dibayarkan. Ketika mendapatkan pembayaran yang besar maka kita bisa menggunakan beberapa cara seperti membayar di ATM karena akan terasa lebih aman pastinya. Selain itu kita tidak perlu membawa uang yang cukup besar ke tempat kita membayar.

Ada beberapa orang yang menyebutkan jika kita melakukan pembayaran pajak bermotor ini maka sudah lebih tepatnya jika disebut dengan melakukan perpanjangan STNK. Untuk melakukan beberapa hal ini ada beberapa syarat yang harus dipahami antara lain:

  1. Kita harus membawa fotokopi dan juga STNK yang asli.
  2. Membawa fotokopi KTP.
  3. Membawa fotokopi BPKB.
  4. Selain itu kita harus membawa bukti fisik kendaraan bermotor kita.

Jika banyak orang malas melakukan pembayaran pajak subyektif ini secara langsung dan memilih menggunakan calo, ini merupakan cara yang salah karena ini tidak akan memberikan mental disiplin pada masyarakat. Kebanyakan dari kita melakukan pembayaran ini dengan calo yang sudah biasa berada di kantor samsat tersebut. Pada dasarnya melakukan pembayaran ini sebenarnya sangat mudah sekali karena hanya perlu mendatangi kantor samsat dan memberikan beberapa persyaratan yang diberikan oleh kantor samsat. Jika kita tidak membawa bukti fisik kendaraan maka ini akan menjadi sebuah halangan.

Baca juga Kenapa Jumlah Utang Indonesia Terus Bertambah

Pada beberapa kasus sebenarnya pembayaran pajak untuk kendaraan ini sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan dalam waktu 5 tahun melainkan juga ada yang dilakukan satu tahun sekali. Jumlah yang harus dibayarkan juga lebih kecil jika kita bandingkan dengan jumlah yang 5 tahun. Hal ini yang seringkali membuat beberapa orang malas membayar pajak yang bukan 5 tahun ini. Pajak Kendaraan Bermotor sudah seharusnya dibayarkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ada. Untuk itu beberapa orang sering lewat dari tanggal karena mereka ceroboh dalam membayar.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.