Blog uangteman

Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Saat Pemerintahan Pak Habibie

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Saat Pemerintahan Pak Habibie

Nilai tukar rupiah terhadap dolar yang semakin rendah tentunya juga dipengaruhi beberapa faktor yang terjadi di Indonesia. Seperti kita tahu Indonesia pernah mengalami tingkat nilai mata uang yang sama dengan dolar. Mungkin itu terjadi 25 tahun yang lalu. Hingga sampai saat ini yang nilai dollar semakin naik per tahunnya. Karena perbedaan setiap pemerintahan presiden di Indonesia akan berbeda juga nilai tukar mata uang Indonesia di dunia.

Sejak bapak presiden Joko Widodo telah resmi menduduki kursi kepresidenan, nilai tukar cenderung semakin mengalami tingkat penurunan. Bahkan mencapai angka Rp. 13.000 per dollar nya. Ini sangat terlihat melemahnya rupiah pada saat Indonesia mengalami krisis moneter. Tertinggi yang pernah dialami Indonesia untuk nilai tukar dollar yaitu sebesar Rp. 17.000, sangat mengkhawatirkan waktu itu.

Namun setelah presiden Habibie mampu mengendalikannya pada waktu itu di sangat berhasil menurunkan rupiah dari yang belasan ribu hingga berada di bawah tujuh ribu rupiah. Tetapi itu terjadi menjelang akan berakhirnya pemerintahan beliau. Pak Habibie berusaha keras waktu itu agar mata uang Indonesia tidak semakin melemah di kancah dunia. Segala cara beliau lakukan agar rupiah kembali menguat. Tekanan yang di terima beliau baik dari dalam maupun dari luar beliau terima. Sampai ada salah satu lembaga moneter yang memaksa Indonesia untuk menghapus kebijakan subsidi baik di BBM atau yang lainnya.

Hal tersebut tentunya di tolak oleh presiden waktu itu, beliau mempertahankan agar subsidi memang terjangkau harganya bagi semua masyarakat yang telah terpuruk akibat adanya krisis moneter. Selain itu pak Habibie juga mengeluarkan beberapa kebijakan nasional salah satu kebijakan yaitu untuk memperkuat lagi perekonomian Indonesia. Pertama yang beliau lakukan yaitu dengan restrukturisasi dan rekapitulasi dalam dunia perbankan dengan membentuk beberapa unit pengelolaan aset yang dimiliki sebuah negara. Sampai tindakan selanjutnya yaitu beliau melikuidasi ada beberapa bank yang memang sedang bermasalah.

Keberhasilan pak Habibie dalam menurunkan nilai tukar rupiah terhadap dolar waktu itu sangat membantu sekali dalam perekonomian masyarakat Indonesia saat itu. Tindakan-tindakan beliau lakukan dan selalu melakukan pemantau atas transaksi dalam negeri maupun luar negeri. Seperti ekspor, import atau hal yang bersangkutan dengan pinjaman antar negara. Upaya tersebut memang cukup berhasil dilakukannya karena pak Habibie juga tidak mengikuti sistem pasar bebas sehingga nilai dollar terhadap rupiah dapat di tekan sedemikian rupa.

Pak Habibie memang merupakan presiden yang telah berhasil menyatakan kinerjanya dengan baik bagi masyarakat pada waktunya. Nilai tukar rupiah yang semakin menguat terhadap dolar salah satu bukti kesuksesan usahanya. Dan pada saat penyampaian laporan yang menjadi tanggung jawabnya di hadapan para MPR, nilai rupiah berada pada level lebih rendah lagi yaitu Rp. 6.500 per dolar nya. Mungkin itu merupakan suatu pencapaian yang belum bisa di ikuti oleh presiden selanjutnya.

nilai tukar rupiah terhadap dolar saat habibie

Itulah sedikit ulasan mengenai naik turunnya nilai tukar rupiah pada masanya. Keberhasilan Pak Habibie dalam menurunkan nilai tukar rupiah terhadap dolar memang patut di banggakan. Ini tidak bermaksud menyudutkan presiden sebelumnya maupun selanjutnya. Karena suatu pemerintahan pasti aka nada agenda kerja masing-masing. Keberhasilan setiap presiden dalam melakukan masa pemerintahannya juga pasti akan berbeda dari satu presiden dengan presiden lainnya. Semua yang terpilih menjadi presiden tentunya sudah layak dalam memimpin negara menurut masyarakatnya. Sebagai rakyat kita hanya dapat mendukungnya.

Please follow and like us:
20

Berita Terkait