Uang receh juga bisa jadi "dana darurat" sebelum gajian, lho

uang recehan

Uang recehan dalam bentuk koin memang seringkali disepelekan. Biasanya uang semacam itu baru diingat ketika mendekati akhir bulan dan isi dompet sudah sangat menipis.

Padahal, tidak akan ada uang seribu rupiah, tanpa uang seratus rupiah. Dan tumpukan uang satu juta rupiah akan ditolak bila jumlahnya kurang, meski hanya lima ratus rupiah saja.

Selain itu, jika jeli, uang jenis ini memiliki kegunaan sangat banyak. Bahkan dengan telaten mengumpulkannya, pada akhirnya Sahabat pun bisa menggunakannya sebagai salah satu sumber tabungan.

 Alasan mengapa sebaiknya tidak menyepelekan uang recehan

Uang receh bisa menjadi sarana bagi anak untuk belajar tentang uang

Uang receh bisa menjadi sarana bagi anak untuk belajar tentang uang

1. Sarana mengedukasi anak tentang uang

Uang koin yang bentuknya bulat tentu sangat menarik bagi anak-anak. Sahabat bisa menggunakannya untuk mengenalkan nilai uang kepada keponakan atau malah si Kecil di rumah.

Uang koin juga bisa menjadi sarana anak-anak untuk belajar menabung. Bila jumlahnya sudah banyak, ajak mereka untuk membawa tabungannya ke bank untuk ditukarkan atau malah untuk membuka rekening bank dengan nama mereka sendiri.

2. Cara untuk memulai menabung

Tahukah Sahabat, melihat jumlah k0in yang semakin bertambah dari hari ke hari bisa memberikan efek untuk terus menambah jumlah dari recehan-recehan itu? Kumpulkan dan simpan recehan yang Sahabat miliki di tempat yang mudah terlihat dalam wadah yang tembus pandang seperti toples atau botol bekas sambal.

Rasa bahagia akan Sahabat rasakan saat melihat koin-koin receh tersebut memenuhi toples demi toples Sahabat. Tak percaya? Cobalah, dan Sahabat akan tahu bagaimana rasanya.

3. Dana cadangan sebelum gajian

Uang receh juga bisa jadi "dana darurat" sebelum gajian, lho

Uang receh juga bisa jadi “dana darurat” sebelum gajian, lho

Ingatkah Sahabat saat masih kuliah, betapa akhir bulan adalah waktu berburu koin di laci-laci kamar, bawah kasur, hingga pinggiran-pingiran jendela kos-kosan?

Uang recehan atau koinan kadang memang tak berarti nilainya, tapi seringkali uang-uang tersebut menjadi penolong saat akhir bulan menunggu kiriman atau gajian.

Jadi, mulai sekarang, jangan sepelekan uang recehan. Simpan ke wadah khusus agar mudah untuk dicari saat nanti dibutuhkan. Atau masukkan ke dalam dompet kecil agar memudah di bawa kemana-mana.

4. Simpanan untuk membeli perabot kecil di rumah

Recehan yang dikumpulkan bisa juga sebagai dana saat ada perabot-perabot kecil di rumah yang rusak. Misal rak sepatu, tempat sampah, kipas angina, atau malah bolam lampu.

Pepatah mengatakan, “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” Begitu pula dengan uang receh atau koin; bila rajin mengumpulkannya lama-lama pun ia akan menampakkan hasilnya. Jadi, mari, jangan pernah sepelekan uang recehan ya…

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.