macam-macam riba

Di dalam agama islam ada hukum yang kita kenal dan juga hukum ini harus selalu kita patuhi, tentu saja sangat penting sekali dalam mengenali jenis hukum ini karena akan membuat kita jadi lebih mudah. Ada beberapa hal yang penting sekali memang bisa kita kenali salah satunya adalah macam-macam riba. Ini memang banyak sekali perlu diketahui oleh banyak umat muslim yang mungkin selama ini belum mengenal dan masih banyak yang biasa saja untuk menanggapi hal ini. Saat ini sudah ada banyak penjelasan pastinya mengenai hukum yang satu ini.

Ketika Anda meminjam uang maka Anda sering kali akan mendapatkan bunga. Maka dari itu bunga ini yang dalam Islam disebut sebagai Riba. Ziyadah merupakan kata lain dari Riba ini dan juga jika diartikan ke bahasa Indonesia maka memiliki artian berlebihan. Pada hukum islam sendiri wajib sekali pastinya mengenal apa itu riba dan bagaimana cara mempelajari dan juga bagaimana cara untuk menerapkannya. Jadi dalam hukum islam bagi Anda yang meminjamkan uang ini dilarang untuk mengambil riba atau melebihkan jumlah uang yang dipinjamkan.

Hal ini sebenarnya yang juga dapat kita kenali dari dunia perbankan dimana riba ini sering kali ditiadakan khususnya pada tabungan dan juga kredit yang memiliki label syariah. Jadi penggunaan nama syariah ini sendiri merupakan salah satu alasan dimana tabungan ini tidak menggunakan riba. Penting memang dalam menggunakan tabungan ini dan pastinya akan memberikan keuntungan dan yang pasti juga adalah halal.

Jenis Macam-Macam Riba Secara Luas

Ada beberapa jenis sebenarnya yang akan membantu kita dalam mengenal macam-macam riba ini. Tentu saja menjadi penting sekali untuk memahami apa saja itu riba, berikut ini adalah beberapa jenis riba yang akan dijabarkan secara luas nantinya antara lain:

  1. Riba Fadl.
  2. Riba Qardh.
  3. Riba Nasi’ah.
  4. Riba Yad.

Pembagian beberapa riba ini memang sebenarnya sangat penting sekali, bagi Anda yang belum memahami mengenai riba ini maka penting sekali memahaminya karena ini berkaitan dengan adanya ilmu dalam perbankan. Setiap jenis riba ini pastinya memiliki perbedaan arti dan juga kebutuhan. Maka dari itu penting juga untuk memahami jenis-jenis ini mulai dari salah satu riba yang ada. Jangan sampai salah dalam memilih mana yang akan membuat kita menggunakan produk perbankan ini karena pastinya produk ini sangat penting sekali.

Pertama yang perlu kita ketahui dari macam-macam riba ini adalah Riba Fadl yang penting sekali untuk Anda yang akan melakukan jual beli. Jadi riba ini mengatur mengenai jual beli dan juga tukar menukar. Tentu saja untuk menukar ini harus sesuai dan juga setara, jangan sampai ragu karena memang dalam penukaran ini harus sesuai. Sebagai contoh adalah orang yang meminjam emas, maka kita juga harus mengembalikannya juga dengan emas jangan mengembalikan dengan perak karena ini sudah sangat jelas melanggar sekali dalam hukum jual beli riba yang ada.

Kedua ada Riba Nasi’ah, ini juga merupakan riba jual beli yang bisa kita temukan di hukum islam, hanya saja ada perbedaan pada riba ini adalah adanya waktu yang ditentukan untuk riba ini waktu ini bisa dibilang juga sebagai jatuh tempo. Jadi dapat dijelaskan atau diberikan bayangan bagi mereka yang menggunakan riba ini pada awalnya akan meminjam uang dan juga si peminjam akan memberikan jatuh tempo yang penting sekali untuk diberikan. Jatuh tempo ini bisa beragam sekali sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu pada hukum ini jika seseorang melewati tanggal jatuh tempo maka bisa juga dikenakan biaya tambahan.

Ketiga ada Riba Qardh, ini merupakan macam-macam riba yang juga dapat kita pelajari. Hanya saja ada perbedaan pada riba ini yaitu riba ini pada awalnya sudah menetapkan adanya penambahan biaya dari yang dipinjam. Jadi jika ada orang yang meminjam 50 ribu, maka si peminjam bisa saja meminta kembali nantinya sebesar 100 ribu. Tetapi lebihnya tersebut tidak jelas kegunaannya untuk apa. Oleh karena itu sebenarnya perbuatan ini bisa dibilang sangat tidak terpuji.

Keempat, ini merupakan jenis riba yang terakhir yaitu Riba Yad. Jenis riba ini digunakan pada saat sedang jual-beli. Maka dari itu penting sekali untuk memahami jenis riba ini karena riba ini sangat membantu sekali untuk kita yang ingin belajar mengenai penjualan dan pembelian. Pada riba ini kita biasanya akan menemukan pada penjualan, dimana ada seseorang yang menjual motor yang ia miliki dengan harga 12 juta. Sang pembeli membeli motor ini dengan cara kredit, namun dengan kredit nantinya pada hasil akhir ada 15 juta yang akan dikeluarkan pembeli. Dapat dikatakan pada saat jual beli ini terdapat bunga yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya riba sangat penting sekali untuk diketahui karena akan membuat kita jadi lebih mudah. Ada beberapa orang yang memang saat ini masih menggunakan riba untuk hal yang sebenarnya tidak penting. Jenis riba sendiri juga sebenarnya sering kali kita temukan pada beberapa produk perbankan mulai dari tabungan sampai dengan kredit yang banyak membantu orang saat ini.

Ada beberapa hal yang membuat kita harus sekali untuk mempelajari riba ini khususnya bagi mereka yang beragama muslim. Berikut ini adalah beberapa alasan penting ini antara lain:

  • Kita bisa mengenali jenis riba, karena ini merupakan salah satu ilmu yang bisa dibilang sangat wajib sekali dipahami bagi mereka yang beragama muslim. Jangan sampai tidak paham mengenai hukum ini.
  • Dapat melakukan jual beli yang sesuai dengan syariah, ini merupakan hal yang sangat penting dan akan membuat kegiatan jual beli kita nantinya memiliki patokan yang sesuai.
  • Tidak mudah dibodohi, karena sering kali riba menjadi hal yang akan dipermainkan pada saat melakukan transaksi. Maka dari itu penting sekali untuk kita memahami apa itu riba dan jenisnya.

Riba dapat dipahami dengan baik jika kita memahami juga contoh yang diberikan. Jangan sampai kita tidak paham mengenai contoh yang ada karena akan membuat kita jadi sulit. Kebanyakan orang memang sulit memahami karena mereka tidak paham contohnya. Memang dalam memahami riba tidak mudah karena ada beberapa kesamaan antara satu riba dengan yang lainnya maka dari itu penting sekali untuk memahami jenis riba ini.

Jangan sampai salah untuk kita memahami riba ini karena penggunaan riba ini sangat penting sekali sebagai salah satu yang mempermudah kita dalam transaksi. Macam-macam riba ini sudah banyak sekali dicari orang saat ini. Maka dari itu kita harus mempelajarinya sesuai dengan agama kita. Tidak dosa sebenarnya memberikan bunga pada orang lain, hanya saja harus sesuai bunga yang diberikan dengan hukum yang ada.