5-Cara-Ampuh-Edukasi-Anak-Soal-Uang

Edukasi anak soal uang harus diajarkan sejak dini. Hal ini sangat penting bagi perkembangannya beranjak dewasa, sehingga kelak ia dapat mengambil keputusan finansial dengan bijak. Nah, kita sebagai orangtua merupakan sosok pertama yang harus mengajarkan konsep keuangan kepada anak-anak. Kira-kira gimana sih cara ampuh untuk edukasi anak-anak soal uang? Simak yuk ulasan berikut ini!

Edukasi Anak Konsep Uang Sejak Dini

Ketika anak sudah mulai bisa berhitung, maka inilah saat yang tepat bagi kita para orangtua untuk mengedukasi mereka soal konsep uang. Mulailah dari mengenalkan pecahan-pecahan mata uang yang ada di Indonesia, dimulai dari pecahan kecil seperti Rp 100, Rp 200, Rp 500, Rp 1000, Rp 5000 sampai Rp 10.000,- Tidak hanya diperkenalkan dengan pecahan-pecahan mata uang tersebut, ajarkan juga anak untuk menghitung selisih atau kembalian yang didapatkan setelah mereka menggunakan uang tersebut untuk membeli jajanan di warung.

Ajarkan Anak Konsep Budgetting dengan Memberikan Uang Saku Mingguan

Cara paling mudah untuk konsep edukasi anak soal uang adalah dengan memberikan mereka jatah uang saku mingguan. Berikan penjelasan kepada mereka agar tidak menghabiskan uang saku tersebut secara langsung, melainkan dihemat dan harus cukup sampai seminggu ke depan.

Ajarkan Anak Menabung untuk Barang atau Mainan yang Diinginkannya

Tidak hanya memberikan uang saku mingguan, jika anak menginginkan suatu barang atau mainan ajarkan mereka untuk menabung dengan menyisihkan jatah uang sakunya tersebut. Selain itu sebagai orangtua kita juga bisa mengajarkan anak-anak untuk disiplin dan mandiri dengan memberikan mereka tugas rumah yang harus diselesaikan dengan reward berupa uang yang bisa digunakan untuk tabungannya tadi.

Ajarkan Anak untuk Berbagi Kepada Sesama

Agar anak-anak mulai memahami esensi dari berbagi, mulailah ajarkan mereka untuk berbagi. Cara paling mudah edukasi anak soal uang adalah dengan berbagi makanan bekal untuk teman-teman di sekolahnya. Selain itu, berikan juga mereka pemahaman bahwa tak semua teman di sekolahnya tersebut memiliki nasib yang sama beruntungnya bisa menikmati bekal makanan enak di sekolah, sehingga ia bisa mengerti pentingnya berbagi kepada sesama manusia tanpa mengenal ras, agama maupun golongan.

Edukasi Anak Soal Pentingnya Memilih Prioritas

Kamu tak perlu secara detail menjelaskan definisi prioritas karena anak-anak tak akan mengerti, namun kamu bisa memberikannya beberapa pertanyaan terbuka seperti apakah ia ingin pergi ke kebun binatang atau berenang. Memang pada awalnya mereka pasti akan menjawab keduanya, namun di sinilah peran orangtua bermain. Kamu bisa memberikan pemahaman sederhana mengenai pentingnya prioritas. Tanya anak-anak manakah di antara kedua pilihan tersebut yang harus didahulukan dan apa sebabnya, dengan demikian anak-anak akan secara perlahan memahami apa arti prioritas dalam praktik-praktik sederhana seperti cara di atas.

Sudahkah kamu mengajarkan kelima poin di atas kepada anak-anakmu? Memberikan mereka edukasi anak soal uang sejak dini akan sangat bermanfaat bagi perkembangannya di masa depan kelak, sehingga mereka dapat mengelola keuangan dan menghindari jebakan-jebakan finansial yang akan hadir di masa mendatang. Jangan sampai anak-anak mengambil keputusan finansial yang salah di masa depan karena tidak diajarkan sejak dini.