Sudahkah Anda Memiliki Dana Darurat?
Dana Darurat; Sudahkah Anda Memilikinya?

Dana Darurat; Sudahkah Anda Memilikinya?

Dana darurat adalah sejumlah uang yang Anda sisihkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga, seperti kerusakan kendaraan, sakit mendadak, atau situasi lain yang membuat Anda tidak memiliki penghasilan dalam waktu tertentu.

Dana cadangan juga akan membantu Anda untuk menutupi kebutuhan atau membayar tagihan dan pengeluaran rutin bulanan bila tiba-tiba Anda mengalami kehilangan pemasukan rutin seperti bangkrut atau PHK. Untuk itulah dana cadangan, sangatlah penting untuk dimiliki.

Besaran dana darurat yang harus Anda miliki

Lalu, berapa besaran dana darurat yang seharusnya Anda miliki? Anda mungkin berencana hanya menyisihkan beberapa juta sebagai dana cadangan; tapi sesungguhnya Anda butuh tiga sampai enam bulan gaji agar Anda cukup siap untuk siap menghadapi situasi yang tak terduga.

Bahkan semakin tidak aman pekerjaan Anda (contoh  freelancer, pengusaha, pedagang atau kondisi tempat bekerja yang kritis) seharusnya dana darurat yang harus Anda siapkan pun semakin besar. Untuk itu, mulailah masukkan post dana darurat ke dalam budget Anda. Masukkan post ini ke dalam pengeluaran bulanan Anda, bukan pada investasi.

Dana darurat sebaiknya disimpan dalam bentuk atau pada rekening yang mudah Anda cairkan. Misalkan dalam bentuk tabungan, atau emas.

Bukalah rekening tersendiri dengan fasilitas auto-debit dari rekening utama atau rekening gaji  agar Anda tidak segan untuk mengisinya. Perlu diingat, bahwa Anda harus benar-benar disiplin untuk tidak mengambil uang tersebut guna keperluan harian Anda.

Dana darurat juga dapat disimpan dalam bentuk emas. Produk seperti ini sangat cocok bagi Anda yang sering kali tidak dapat menahan diri untuk mendebit rekening. Sayangnya, jumlah yang disimpan tidak bisa flexible. Dan biasanya akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggabungkan kedua sitem tersebut. Caranya, ketika tabungan telah mencapai jumlah tertentu, tariklah dan gunakan untuk simpanan emas.

Membangun dana daurat perlu beberapa waktu. Perlu diingat bahwa Anda menabung tidak untuk mendapatkan penghasilan, tapi justru untuk menutupi pengeluaran. Untuk itu perlu dipikirkan juga beberapa pengeluaran utama yang bisa dihilangkan bila nanti Anda berada dalam situasi darurat.

Coba pertimbangkan asuransi guna mengurangi beban dana darurat saat Anda butuhkan nanti. Terlebih bila saat ini Anda memiliki beberapa tertanggung yang harus Anda cukupi kebutuhannya.

Menyisihkan sebagian untuk dana darurat mungkin terasa seperti sebuah pengorbanan besar, karena Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk disimpan. Namun, cara ini akan memberi ketenangan lebih dalam hidup Anda. Dan semakin cepat Anda memulainya, maka akan semakin cepat Anda merasakan manfaat dari adanya dana darurat  ini.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.