Tips Menabung dengan Mudah
Tips Mulai Menabung dengan Mudah

Tips Mulai Menabung dengan Mudah

Pernahkah Anda mengeluh, mengapa uang simpanan Anda tidak bertambah? Namun apa daya, keuangan yang terbatas, misalkan karena adanya kebutuhan mendadak atau hal lain, hingga akhirnya… tidak ada serupiahpun yang tersisa untuk disimpan.

Jadi, bila Anda selalu merasa sulit untuk disiplin menabung atau malah bingung untuk mengatur keuangan agar masih ada beberapa rupiah untuk ditabung, lima tips ringan untuk memulai menabung ini mungkin bisa membantu.

1. Membuka rekening tambahan dengan fasilitas auto-debit

Buatlah sebuah rekening yang langsung meng-auto-debit sejumlah penghasilan Anda setiap bulan. Misalkan tabungan rencana, atau tabungan pada rekening lain yang Anda siapkan untuk dana cadangan atau bentuk investasi lain.

2. Simpan koin-koin kembalian pembelanjaan Anda

Banyak orang sering mengabaikan uang kembalian koin Rp100,- Rp200,- atau Rp500,-. Mulai hari ini, kumpulkanlah koin-koin tersebut dalam sebuah toples. Di akhir bulan pindahkan isinya kedalam rekening berbeda dari rekening gaji. Masih ingat, pepatah sedikit demi sedikit lama-lam menjadi bukit, bukan?

Melihat koin yang sedikit demi sedikit memenuhi toples Anda bisa jadi memicu Anda untuk menyimpan uang lebih banyak lagi.

3. Simpan sebagian bonus atau kenaikan gaji Anda

Setiap akhir tahun biasanya Anda memperoleh bonus atau kenaikan gaji. Daripada menaikkan gaya hidup; yang biasanya adalah perilaku konsumtif, lebih baik menaikkan jumlah saldo pada rekening simpanan Anda.

4. Sembunyikan uang Anda

Biasanya semakin mudah terlihat, uang akan semakin mudah untuk dihabiskan.  Jauhkan simpanan uang Anda di tempat yang tidak terlihat. Menyimpan pada bank yang masih jarang jangkauan ATM-nya, atau malah pada bank dengan sistem offline, akan membuat simpanan Anda lebih aman.

Cara lain? Sisihkan uang tersebut dalam tabungan rencana atau deposit.

5. Menyisihkan sisa jajan Anda setiap hari

Belilah celengan, dan isilah dengan sisa jajan sarapan pagi Anda. Atau anggaplah bahwa Anda harus membayar “arisan” beberapa ribu kepada celengan Anda. Jika lupa, maka Anda harus membayar doble.

Itulah beberapa tips ringan untuk memulai menabung. Semoga bisa membantu Anda untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.