Mulai Bangun Dana Darurat Anda Dari Sekarang
Mulai Bangun Dana Darurat Anda Dari Sekarang

Mulai Bangun Dana Darurat Anda Dari Sekarang

Oke, Anda telah mengerti betapa pentingnya memiliki dana darurat, apakah Anda bingung bagaimana memulainya? Langkah-langkah berikut akan membantu Anda untuk mulai memiliki dana darurat.

1. Putuskan berapa jumlah yang ingin Anda alokasikan untuk dana darurat

Meskipun para ahli menyarankan besaran ideal untuk dana darurat adalah tiga sampai enam bulan gaji, namun jumlah yang paling tepat adalah Anda sendiri yang tahu. Bisa jadi Anda hanya ingin Rp10juta, atau malah Anda menginginkan sejumlah 1-2 tahun gaji Anda.

Jadi, tanyalah diri Anda sendiri, sampai seberapa banyak Anda akan merasa aman dan terjamin dengan jumlah dana darurat yang Anda miliki.

Bila Anda menginginkan dana darurat sejumlah sekian kali pengeluaran bulanan, maka hitung semua pengeluaran wajib Anda. Mulai dari biaya transportasi Anda ke tempat kerja hingga jumlah asuransi yang harus Anda bayar. Kemudian kalikan dengan jumlah bulan yang sudah Anda inginkan.

2. Membuka rekening khusus untuk menyimpan dana darurat

Seperti yang pernah kami kemukakan sebelumya, dana darurat haruslah disimpan dalam bentuk yang mudah untuk dicairkan.

Tabungan adalah model termudah. Namun jika Anda juga ingin memperoleh sejumlah interest atau bunga dari dana tersebut, Anda dapat menyimpannya dalam bentuk tabungan berjangka, tabungan rencana, atau deposito.

Namun perlu diingat, pilihlah jangka waktu yang terpendek, agar Anda mudah untuk mencairkannya nanti.

3. Tentukan berapa jumlah yang dapat Anda simpan setiap bulannya

Tidak masalah jika Anda membutuhkan waktu beberapa bulan atau malah beberapa tahun guna memperoleh dana darurat sejumlah yang Anda inginkan. Yang terpenting Anda sudah memulainya saat ini.

4. Buatlah rekening yang akan mendebit langsung dana daurat yang akan Anda sisihkan

Transfer terjadwal ke rekening dana darurat Anda dari rekening gaji, selain lebih mudah, juga akan membantu Anda untuk disiplin dan tidak menunda-nunda menyisihkan uang Anda.

5. Carilah cara untuk meningkatkan besaran dana daurat Anda

Anda dapat mengubah simpanan dana darurat dalam bentuk emas atau reksadana misalnya. Jadi selain Anda memperoleh dana darurat, Anda pun akan memperoleh tambahan sejumlah dana.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.