aplikasi pinjaman uang

Masalah finansial memang sudah menjadi hal umum di tengah-tengah masyarakat, bahkan bukan hanya kalangan bawah saja, melainkan juga menengah atas. Bahkan jika melihat faktanya, semakin tinggi derajat sosial seseorang maka kemungkinan untuk berhutang dalam jumlah yang tinggi juga akan semakin besar. Itulah mengapa kemudian bank hadir dengan serangkaian produk pinjaman yang ditawarkan untuk membantu persoalan finansial tersebut. Bahkan jika melihat kesini maka bukan hanya bank saja, melainkan lebih banyak lagi lembaga-lembaga keuangan sejenis yang tawarkan aplikasi pinjaman uang kepada masyarakat.

Tentunya dengan tujuan yang sama, yaitu menginginkan keuntungan atau profit semata. Agaknya sebelum meminjam sendiri Anda juga harus mengetahui beberapa hal, sehingga tak merasa dirugikan nantinya ketika sudah memutuskan mengajukan ke salah satu lembaga pemberi kredit tersebut, diantaranya adalah:

  1. Berapa nilai suku bunganya, sebagai instansi yang berorientasi pada profit atau keuntungan, sudah pasti ada yang mereka ambil ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis ini. Yaitu berasal dari suku bunga yang diberikan kepada debitur. Umumnya semakin tinggi prosentase suku bunga yang diberikan, sudah pasti akan membuat Anda semakin kesulitan dalam membayarnya nanti. Untuk itulah ada baiknya untuk membaca dan mengkalkulasikan terlebih dahulu antara jumlah yang ingin dipinjam dengan suku bunga yang dikenakan.
  2. Ketahui berapa kebutuhan Anda, untuk menghindari pinjaman membengkak, maka hitung terlebih dahulu sebenarnya berapa nilai biaya yang benar-benar Anda butuhkan disini. Karena memang tak bisa dipungkiri ketika sudah butuh maka dengan tawaran yang tinggi pasti akan diterima, tanpa memperhitungkan bagaimana cara untuk melunasi kedepannya.
  3. Ingin yang beragunan atau tanpa agunan, keberadaan agunan agaknya memang menjadi bagian yang sangat penting ketika Anda ingin mengajukan sebuah pinjaman, namun ternyata ada juga satu produk pinjaman dari bank yang tidak mewajibkan Anda untuk menggunakan agunan sama sekali, ia dikenal juga dengan istilah KTA atau kredit tanpa agunan. Hanya saja berbeda jenis tentunya akan berbeda pula syarat yang diberikan kepada debitur untuk bisa dapatkan pinjaman tersebut.
  4. Pilih jenis yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, macam pinjaman terbagi atas beberapa, diantaranya ada kredit khusus untuk kebutuhan usaha, untuk kebutuhan membeli rumah atau bangunan hingga guna kebutuhan konsumtif setiap harinya. Berbeda jenis beda pula nantinya jumlah atau plafon yang diberikan oleh bank atau instansi keuangan tersebut.

Aplikasi pinjaman uang sekarang ini bahkan tidak hanya ditawarkan secara langsung saja, melainkan juga online, tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda dengan istilah pengajuan pinjaman online. Beberapa diantaranya adalah lembaga dari bank sendiri yang tawarkan sebuah fasilitas untuk memudahkan debitur-debiturnya. Namun sebagian diantaranya adalah dari non bank. Tentunya berbeda jenis akan berbeda pula ketentuan yang diberikan. Berikut ini ada beberapa hal yang membedakan pinjaman langsung dengan online, diantaranya adalah:

  1. Plafon pinjaman, dikenal juga dengan nilai yang diberikan sebagai pinjaman bagi debitur, umumnya pinjaman secara langsung memungkinkan Anda untuk dapatkan nilai atau plafon yang jumlahnya lebih tinggal dibandingkan dengan pinjaman online, karena bisa dilihat sendiri, dengan sistem online, tentunya instansi harus lebih berhati-hati bukan, agar tidak ditipu oleh debiturnya, sehingga mereka hanya berani tawarkan plafon yang sangat minim.
  2. Jangka waktu atau tenor pinjaman, masa pengembalian biasanya menyesuaikan dengan jenis pinjaman tersebut, ada yang pendek, menengah dan juga panjang. Bank memberikan semuanya. Namun lembaga pinjaman online tidak, mereka hanya berani tawarkan pinjaman jangka pendek saja. karena memang jumlah yang ditawarkan juga tak terlalu tinggi.
  3. Cara pengembalian pinjaman. Modelnya memang terbagi atas 2 macam, yaitu secara kredit atau angsuran yang dibayarkan setiap bulannya, atau sistem tutup hutang langsung. pinjaman secara langsung tentunya memungkinkan Anda untuk mengembalikannya dengan skema kredit. Uang hutang yang sudah ditambah dengan bunga akan dibagi sesuai dengan masa atau berapa bulan Anda akan melunasinya, namun pinjaman secara online sebaliknya, semakin banyak diantara mereka yang menerapkan sistem tutup hutang langsung sekali.
  4. Syarat dan ketentuan untuk bisa meminjam. Aplikasi pinjaman uang online wajib untuk menyertakan adanya agunan atau jaminan, karena sebagai bukti agar debiturnya tidak berlaku curang, apalagi dengan lari dari tanggung jawab, namun tidak dengan pinjaman secara langsung. Anda akan diberikan 2 pilihan, yaitu KMG atau kredit multiguna yang mewajibkan adanya jaminan, namun juga ada KTA, tidak diwajibkan untuk memiliki agunan.

Tempat Meminjam Tanpa Aplikasi Pinjaman Uang

Selain bank atau lembaga pinjaman uang online, maka banyak lagi sebenarnya tempat yang bisa Anda tuju ketika tengah membutuhkan uang mendesak. Diantaranya bisa datang ke:

  1. Koperasi simpan pinjam. Diperkenalkan pertama kali oleh Soeharto, ia adalah salah satu tempat yang memungkinkan Anda dapatkan pinjaman, meskipun skalanya memang masih kecil. Biasanya hanya 1 untuk satu daerah. Prinsipnya siapa yang ingin meminjam kesini maka harus menjadi seorang anggotanya. Baru nantinya bisa ajukan pinjaman.
  2. Pinjam ke sahabat, ingin pinjaman tanpa bunga, maka bisa coba tempat yang satu ini, orang-orang terdekat seperti sahabat biasanya mau memberikan bantuan kepada Anda. Meskipun jumlahnya sendiri tidak terlalu besar. Namun setidaknya bisa meringankan biaya yang Anda butuhkan. Skemanya juga tidak formal, hanya melalui pembicaraan biasa, namun juga harus tau diri ketika pinjam ke orang terdekat maka harus buru-buru mengembalikannya.
  3. Lembaga pinjaman multifinance, sekarang tengah marak di tengah-tengah Anda. Ia adalah sebuah tempat yang memungkinkan dapat uang pinjaman cepat, hanya dalam satu hari bisa cair. Aplikasi pinjaman uang ini tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan bank atau sejenisnya, butuh formalitas seperti halnya formulir pendaftaran, diimbangi dengan keberadaan jaminan. Agunan menjadi hal yang wajib untuk disertakan disini. Karena agunan inilah yang akan menilai berapa sekiranya plafon yang bisa Anda dapatkan.
  4. Pinjaman dana dari keluarga, selain sahabat dekat, maka keluarga pastinya juga menjadi orang pertama yang akan Anda tuju ketika memiliki masalah finansial bukan. Saat datang kepada mereka pastinya akan langsung dibantu, semampu apapun, meskipun jumlahnya memang tidak besar, bahkan banyak yang melakukannya tanpa pamrih, atau menuntut harus dikembalikan.
  5. Datang ke pegadaian, menggadaikan barang atau harta yang dimiliki bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang butuh dana mendesak, namun jumlahnya tidak terlalu besar, diantara yang bisa ditawarkan sebagai jaminan kesini mulai dari ponsel, laptop hingga emas atau perangkat elektronik yang ada dalam rumah tangga.

Kian banyak bukan tempat yang dapat Anda tuju ketika ingin mengajukan aplikasi pinjaman uang, semakin mudah juga dengan keberadaan internet yang memberikan variasi dalam hal finansial. Bahkan jika Anda butuh uang cepat maka hari itu juga bisa langsung mendapatkannya. Jika semua syarat yang diajukan bisa dipenuhi.