cara amankan keuangan keluarga

Menyiapkan anggaran keuangan memang gampang – gampang susah. Gampang karena sesungguhnya semua orang bisa melakukannya. Susah karena terhalang oleh faktor kemalasan yang entah kenapa susah sekali untuk disingkirkan. Sebagian dari kita tentu merasa sedikit terbebani ketika harus memperhatikan anggaran keuangan kita dengan rinci, namun saat telah terbiasa hal tersebut justru dapat menimbulkan banyak keuntungan.

Banyak diantara kita yang selama ini telah bekerja dan merasa bahwa gaji hanya “numpang lewat” saja. Walaupun memang sudah kita berikan pos-pos untuk anggaran kebutuhan setiap bulannya. Dari situ kita pun kehilangan kesempatan untuk menabung. Ini alasannya mengapa kita harus bisa membuat anggaran bulanan secara rinci. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Membagi ke amplop-amplop

Bagi kamu para pekerja kantoran yang mendapatkan gaji atau pemasukan secara tunai, kamu dapat membaginya ke dalam amplop-amplop, dompet, atau tempat yang berbeda. Setiap amplop memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Bagilah dana bulanan seperti belanja kebutuhan rumah tangga, biaya sekolah anak, tagihan listrik, tagihan kartu kredit, dan lainnya yang harus kamu bayar setiap bulannya. Kamu juga dapat menyediakan amplop untuk dana darurat yang tidak boleh diutak-atik kecuali di saat situasi darurat. Selain itu kamu juga dapat menyediakan amplop untuk dana pengembangan diri yang dapat digunakan untuk menyalurkan hobi seperti membeli buku, alat musik, atau pergi ke salon untuk perawatan.

Miliki dua atau lebih rekening tabungan di bank

Memiliki dua buah rekening di bank bukan serta-merta kamu memiliki uang banyak untuk dihabiskan. Tetapi gunanya adalah untuk membagi kebutuhan yang harus dibayar. Misalnya, satu rekening digunakan khusus untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan, dan rekening satunya lagi untuk dana darurat. Tabungan yang berisi dana darurat tidak boleh kamu utak-atik, ya! Karena kamu tidak tahu kapan kamu akan memerlukan uang untuk kebutuhan yang sangat mendesak atau tiba-tiba datangnya.

Bayar tagihan atau cicilan tepat waktu

Melunasi tagihan TV kabel, listrik, atau telepon dengan tepat waktu merupakan salah satu cara yang efektif menghemat pengeluaran dan menyimpan uang untuk masa depan. Kamu harus melakukan analisa kembali setiap bulannya untuk urusan membayar cicilan. Jika dalam satu bulan kamu tidak bisa membayar cicilan, maka kamu harus memperhitungkan bulan berikutnya yang artinya kamu harus membayar dobel. Ada baiknya kamu memprioritaskan pembayaran tagihan dan cicilan ini tepat waktu sebelum gajimu habis terpakai, ya!

Membuat laporan keuangan harian

Mungkin terdengar repot, mencatat semua pengeluaranmu setiap harinya. Tetapi jangan salah, cara ini adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk merekap kembali pengeluaranmu setiap hari. Dan dengan ini diharapkan kamu bisa mengontrol pengeluaranmu menjadi mengerucut. Artinya pengeluaran yang tidak penting akan terlihat, dan kamu tidak akan mengulangi pengeluaran tak penting itu di bulan berikutnya. Dengan demikian pengeluaranmu menjadi terkontrol.

Uang tunai untuk kebutuhan seminggu

Mengambil uang dari ATM untuk kebutuhan selama seminggu, merupakan salah satu cara yang mudah untuk mengatur anggaran dalam sebulan. Kamu bisa ambil setiap minggu sesuai dengan catatan kebutuhanmu selama perminggu. Dengan cara ini, kamu tidak akan memegang uang tunai terlalu banyak, sehingga keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak penting tidak akan terwujud. Dan anggaran bulanan kamu menjadi aman sentausa hingga gaji berikutnya tiba!

Evaluasi pengeluaran di akhir bulan

Terakhir, kamu harus membuat perbandingan rencana anggaran pengeluaran uyang sudah kamu susun untuk satu bulan dengan buku harian pengeluaran. Singkatnya, mengevaluasi pengeluaranmu dan rencana yang sudah kamu buat sebelumnya. Apabila setelah dihitung-hitung ternyata rencana anggaran berbeda jauh dari kenyataan, maka kamu perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali agar kamu mengetahui pengeluaran terbesar yang sudah kamu keluarkan untuk kebutuhan apa. Dan pertimbangkan kembali post kebutuhan tersebut, jika termasuk ke dalam anggaran yang tidak tercatat, maka lebih baik menjadi pelajaran buatmu supaya tidak sembarang mengeluarkan uang.

Memang, membuat anggaran dan laporan pengeluaran harian bisa menyita waktumu, tetapi jika kamu melakukannya secara rutin hingga menjadi sebuah kebiasaan, maka keuanganmu akan aman selalu.