5 cara memperoleh dana darurat

Pernahkah terlintas di pikiran Anda ketika Anda mengalami musibah dan membutuhkan sejumlah uang tetapi Anda tidak memilikinya? Dalam kondisi seperti itu, Anda membutuhkan dana darurat yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu dan dana ini sangat penting. Berikut ini adalah 5 cara untuk memperoleh dana darurat:

Dana Darurat

Para perencana keuangan mengungkapkan pentingnya memiliki dana darurat dengan jumlah yang bervariasi antara lain: 6 kali pengeluaran bulanan, 12 kali pengeluaran  bulanan atau lebih. Anda harus memaksakan diri untuk menyimpan dan memiliki dana darurat. Anda harus menetapkan target jumlah yang hendak dicapai, berapapun nilainya.

Pegadaian

Anda bisa menggadaikan barang yang cukup berharga seperti emas dan alat elektronik. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki dana, usahakan untuk membeli barang yang bisa digadaikan seperti emas batangan atau emas perhiasan. Selain emas dan barang elektronik, jika Anda pegawai negeri sipil, Anda juga bisa menggadaikan surat pengangkatan Anda untuk digadaikan.

Jamsostek

Jika Anda karyawan, Anda tentunya memiliki Kartu Jamsostek. Kartu Jamsostek juga bisa dijadikan agunan atau prasyarat untuk memperoleh Kredit Tanpa Agunan (KTA) di beberapa bank. Dengan menunjukkan Kartu Jamsostek, Anda bisa mengajukan kredit dan kemungkinan memperoleh kredit juga lebih besar.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Anda bisa memperoleh Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari beberapa bank yang menyediakan fasilitas ini. Jangan pernah mencoba memperoleh KTA dari SMS yang diterima dari orang yang tidak Anda kenal karena nantinya, Anda harus menyerahkan dokumen-dokumen rahasia dan itu bukan pilihan yang tepat.

Kartu Kredit

Kartu kredit adalah pilihan sumber dana darurat yang populer. Anda bisa memperoleh dana dengan mudah, Meskipun demikian, dana yang berasal dari kartu kredit akan dikenakan bunga yang tinggi sehingga kartu kredit seharusnya menjadi pilihan terakhir untuk memperoleh dana darurat.

Sebagai kesimpulan, dana darurat memang harus dimiliki oleh setiap orang karena dana darurat sangat bermanfaat ketika kita sedang menghadapi masalah keuangan yang tiba-tiba dan membutuhkan sejumlah uang.