Masjid sebagai tempat ibadah bagi umat muslim, seringkali penuh sesak ketika bulan Ramadhan tiba. Mulai dari banyaknya kajian yang dilakukan rutin tiap hari, kuliah tujuh menit setelah shalat shubuh, hingga ibadah shalat tarawih, selalu membuat masjid tidak pernah sepi dengan pengunjung. Belum lagi, jika sudah mendekati minggu terakhir Ramadhan, banyak orang yang berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan i’tikaf atau mengurung diri di masjid sembari beribadah seharian.

Mengisi Ramadhan anda yang indah ini, Uangteman hadirkan info menarik mengenai masjid yang terangkum lewat beberapa masjid unik, yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Penasaran apa saja yang masuk ke dalam daftar ini? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Sumber: wikipedia.org

Masjid agung Xian di Republik Rakyat Tiongkok

Masjid unik yang pertama dapat anda lihat di masjid Xian yang bertempat di Tiongkok, tepatnya di kota Chang’an, atau lebih dikenal khalayak ramai dengan nama kota Xian. Masjid ini merupakan masjid kuno dengan arsitektur yang unik. Alih-alih memiliki kubah seperti masjid kebanyakan, tempat ibadah umat muslim sekitar ini lebih mirip kuil.

Tepat di tahun 1998, pemerintah setempat menetapkan tempat ini sebagai salah satu bangunan bersejarah paling penting di Tiongkok. Hal ini dikarenakan, masjid ini menandai penyebaran agama Islam di Tiongkok oleh para pedagang. Tidak muluk-muluk, mengingat masjid ini telah berdiri sejak abad ke-8 masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu.

Sumber: exploresrilanka.lk

Masjid Jamiul Alfar di Kolombo, Sri Lanka

Sri Lanka telah cukup lama dikenal sebagai negara di Asia Selatan yang memiliki komunitas pemeluk agama Islam yang kuat. Tetapi, tidak banyak yang mengetahui jika di sudut kota tua Kolombo yang merupakan Ibu kota negara Sri Lanka, terdapat masjid unik. Bangunan ibadah umat muslim tersebut bernama masjid Jamiul Alfar, yang merupakan ikon pariwisata yang terkenal di Kolombo.

Masjid Jamiul Alfar sendiri, dirancang oleh HI Saibo Lebbe, seorang arsitek yang merupakan salah satu pemeluk Islam di Kolombo. Bangunan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan ibadah umat muslim di Kolombo dan diselesaikan pembangunannya pada tahun 1909. Dengan perpaduan cat merah bata dan putih, menjadikan masjid ini terlihat mencolok di antara bangunan yang ada di sekitarnya. Bentuknya sendiri sedikit mirip dengan Katedral St. Basil di Moskow, Rusia. Selain itu, bangunan ini juga memiliki julukan Samman Kottu Palli atau Ratu Palliya dari masjid merah.

Baca juga: 5 fakta unik masjid Istiqlal yang jarang diketahui

Sumber: travelhdwallpapers.com

Sumber: travelhdwallpapers.com

Masjid Hasan II di Casablanca, Maroko

Memiliki julukan masjid termegah kedua setelah Masjidil Haram di Mekkah, masjid Hassan II merupakan bangunan ibadah umat muslim yang terletak di kota Casablanca, Maroko. Bangunan ini disinyalir sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia, dengan puncaknya yang mencapai 210 meter. Masjid ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan Prancis bernama Michel Pinseau dan hanya membutuhkan waktu 6 tahun dalam penyelesaiannya.

Dibuka untuk publik sejak akhir tahun 80-an, masjid Hassan II dapat menampung 25.000 jamaah tiap harinya. Hal lain yang membuat bangunan ini unik adalah, letaknya yang terapung di laut. Sehingga, ketika anda di berada di dalamnya, bukannya tidak mungkin anda mencium aroma laut dan debur ombak yang menenangkan. Selain itu, bangunan masjid ini juga didesain agar anti gempa dan atapnya yang dapat dibuka atau digeser. Masjid Hassan II pun terbuka untuk publik, tidak hanya umat muslim saja. Anda dapat berwisata mengelilingi masjid ini sambil dipandu oleh pemandu masjid hanya dengan membeli tiket saja. Menarik bukan?

Sumber: wikipedia.org

Sumber: wikipedia.org

Masjid Dian Al-Mahri di Depok, Indonesia

Tidak hanya negara lain yang memiliki masjid unik, Indonesia pun memilikinya. Masjid Dian Al-Mahri atau yang lebih dikenal dengan sebutan “masjid kubah emas” ini terletak di Kecamatan Limo, Depok. Sejarah pembangunan masjid ini dimulai dari seorang pengusaha asal Banten yang membeli tanah yang saat ini menjadi kompleks masjid ini, ingin membangun masjid megah bagi masyakarat Depok. Pembangunan masjid ini dimulai dari tahun tahun 2001 dan mulai dibuka untuk publik bertepatan dengan hari Idul Adha di tahun 2006.

Keunikan masjid dengan luas 8.000 meter persegi ini terletak di 5 kubahnya yang dilapisi emas asli dengan ketebalan 2 hingga 3 milimeter dan mozaik Kristal yang membuatnya kelihatan berkilauan ketika dilihat dari jauh. Jangan khawatir tidak kebagian tempat ketika mengunjungi bangunan ini, karena secara keseluruhan, masjid Dian Al-Mahri dapat menampung 20.000 jamaah.

Jadi, masjid mana kah yang paling unik menurut anda? Selain beberapa daftar di atas, masih banyak lagi masjid unik yang dapat menjadi pilihan anda untuk wisata spiritual di bulan Ramadhan. Selamat berlibur.