Nasabah UMKM UangTeman yang tersebar di seluruh Indonesia dan sangat menginspirasi.

UangTeman, pelopor pinjaman berbasis teknologi (financial technology/fintech) di Indonesia terus memantapkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kali ini, komitmen UangTeman di bawah naungan PT Digital Alpha Indonesia dibuktikan dengan memberikan penghargaan kepada para nasabah yang usahanya secara konsisten mengalami pertumbuhan dan mampu memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya dengan tema “Dari Teman untuk Indonesia”.

Aidil Zulkifli, CEO & Founder UangTeman, mengatakan bahwa selama ini sekitar 30% penggunaan pinjaman yang digunakan oleh lebih dari 7 ribu nasabah di seluruh Indonesia untuk usaha produktif, atau UMKM. Pemberian penghargaan ini, kata Aidil, merupakan bentuk apresiasi UangTeman kepada nasabah terpilih yang memiliki rekam jejak baik sepanjang peminjaman berlangsung dan juga mampu menginspirasi banyak orang untuk memiliki pengharapan menjadi pengusaha mikro.

“UangTeman sudah tersebar di 15 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini, penghargaan ‘Dari Teman untuk Indonesia’ kami berikan kepada nasabah yang berada di enam kota, dengan masing-masing memiliki kisah inspiratif bagaimana berkat UangTeman dapat menjadi pengusaha mikro guna meningkat perekonomian keluarganya,” ujar Aidil di Jakarta, Rabu (2/8).

Menurutnya, peran inovasi teknologi yang dikembangkan UangTeman mampu memberikan solusi bagi dunia usaha selain sangat penting sebagai upaya dalam memberikan nilai tambah bagi masyarakat tetapi juga menumbuhkan lapangan pekerjaan baru yang menjanjikan seperti memiliki toko usaha pakaian dan makanan. Di samping itu, terangnya, sektor UMKM mempunyai peranan besar dan strategis terhadap pembangunan ekonomi nasional.

“UangTeman selalu menaruh perhatian pada UMKM, sesuai dengan jumlah pinjaman kami yang sangat cocok bagi para pengusaha mikro. Apalagi, saat krisis menerpa negeri ini pada periode 1997 – 1998, hanya UMKM yang mampu tetap berdiri kokoh,” ungkapnya.

Sebagai informasi, data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memperkirakan jumlah UMKM di Indonesia mencapai sekitar lebih dari 57,9 juta unit dari periode 2014 – 2016. Bahkan, tahun ini, jumlah UMKM diperkirakan terus meningkat sampai mencapai lebih dari 59 juta unit.

Selama ini, menurut Profil Bisnis UMKM oleh LPPI dan Bank Indonesia (BI) tahun 2015, UMKM telah memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PBD) sebesar 57% – 60% dan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional.

Aidil pun menjelaskan, selama semester pertama tahun 2017, UangTeman mencatat kinerja menggembirakan dengan mengalami pertumbuhan penyaluran pinjaman mencapai sekitar 80% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Pencapaian tersebut, kata dia, ditopang oleh pengembangan teknologi di UangTeman yang sudah mampu mencairkan pinjaman ke rekening nasabah hanya dalam waktu 15 menit sejak pengajuan aplikasi masuk ke sistem melalui Android.

Berikut ini adalah nasabah UMKM yang memperoleh penghargaan dari UangTeman dari enam kota:

1.Farida Frihatini, pengusaha Unyuunyuolshop asal Tangerang

2.Toni Sulaeman, pengusaha pakaian anak asal Bandung

3.Uswatun Hasanah, pengusaha toko listrik asal Surabaya

4.Bagoes Shadhewo Satria Herlambang, pengusaha Chems Batik asal Yogyakarta

5.Rahmattullah, pengusaha kue bolu asal Bali

6.Sitti Chadijah Syukri, pengusaha hijab asal Makasssar

Please follow and like us:
20