26

26

Menjelang pergantian tahun, tentulah banyak harapan yang muncul dan coba diwujudkan oleh setiap orang. Menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi sepertinya sudah menjadi suatu harapan yang mutlak hadir pada momen pergantian tahun. Pun dengan keberhasilan di berbagai bidang, termasuk finansial.

Salah satu hal yang seringkali menjadi pilihan saat ingin mencapai kesuksesan finansial adalah dengan jalan berbisnis. Bisnis ini sendiri merupakan hal yang menyenangkan untuk dicoba jika mengingat bahwa bisnis ini sendiri dapat mendatangkan berbagai keuntungan di dalam hidup kita, antara lain:

 26 3

  • Kemapanan dalam segi finansial. Memiliki bisnis kita sendiri tentu saja membuat kita dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang lebih besar. Dampak yang sangat positif bagi keadaan finansial kita jika dijalankan dengan sebaik-baiknya.
  • Kemampuan mengelola bisnis sendiri. Selain menguntungkan di bidang finansial, kita juga dapat belajar dan mengasah kemampuan kita dalam pengelolaan bisnis secara maksimal dengan terjun langsung di dalamnya.
  • Kepemilikan kita akan sebuah bisnis dan kemampuan kita dalam mengelolanya tentu saja akan membuat kita mendapat modal yang sangat besar dalam kehidupan yang lebih luas, yaitu kemandirian. Hal ini dapat lebih lanjut kita gunakan untuk mengembangkan potensi lain yang ada di dalam diri kita.

Namun, seperti yang kita sama-sama ketahui, bahwa bisnis bukanlah sesuatu yang mudah. Bahkan kebanyakan orang mengatakan bahwa membuat sebuah bisnis sendiri adalah hal yang sangat rumit. Banyak hal yang perlu lebih dulu kita persiapkan untuk dapat membuat dan menjalankan sebuah bisnis dengan baik. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis adalah:

 26 2

  • Mulailah dari menentukan bisnis apa yang akan kita mulai dan kembangkan untuk di tahun yang akan datang. Bisnis yang sekiranya bisa menunjang kehidupan kita ke depan. Namun, pastikan jangan hanya memilih karena yakin bahwa bisnis tersebut akan mendatangkan banyak keuntungan tanpa kita memiliki kemampuan di bidang tersebut. Pilih yang sesuai dengan kepribadian kita agar dalam menjalankannya pun lebih mudah.
  • Memerhatikan jumlah modal yang dimiliki. Hal penting lainnya dari sebuah bisnis yang akan kita jalankan adalah keberadaan modal awal yang kita punya. Sesuaikan jumlah modal dengan bisnis yang akan dijalankan. Kesesuaian itu pula yang akan menjadi tolok ukur keberhasilan bisnis kita.

Jika hal-hal tersebut telah dipelajari dan dipahami dengan baik, taka da salahnya untuk mencoba bergerak sedini mungkin. Untuk terus maju, maka modal utamanya adalah bergerak maju. Memulai dari bisnis yang kecil seperti membeli franchise dapat dipilih sebagai permulaan, karena bisnis jenis ini memberikan kita banyak kemudahan dalam pengelolaannya. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan sebelum berbisnis franchise:

 26 1

  1. Mengenali pemilik dan manajemen franchise. Karakteristik sebuah bisnis tentu akan tampak benar dari karakteristik pemilik bisnis itu sendiri. Maka itu, langkah awal untuk mengenali siapa dan bagaimana pemilik dari bisnis ini pun sangat perlu dilakukan. Pastikan pula bahwa kita mengetahui benar bagaimana manajemen yang ada di dalam bisnis itu sendiri, jangan sampai terjebak pada hal-hal yang tidak menyenangkan nantinya. Akan sangat penting untuk selalu kita ingat bahwa di dalam bisnis franchise dilarang melakukan improvisasi sendiri dan tetap ikuti segala aturan bisnis yang telah diterapkan oleh pemilik/manajemennya.
  1. Kenali peluang dan potensi pasar. Terburu-buru mengambil keputusan untuk membangun sebuah bisnis—dalam hal ini franchise—bisa jadi akan membawa kita pada kerugian yang besar. Maka itu, kita harus melihat dengan cermat potensi yang ada di pasar dan bagaimana peluang pertumbuhan bisnis yang akan kita beli tersebut. Mungkin melakukan berbagai macam tes untuk melihat hal-hal tersebut bisa lebih dulu dilakukan.
  1. Jangan hanya berfokus pada harga, tetap perhatikan dan fokus pada ROI. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena hal pertama yang harus kita capai dalam bisnis adalah Return On Investment (ROI). Kita harus yakin dapat mencapai ROI dalam kurun waktu tertentu yang telah kita tentukan sebelumnya.
  1. Miliki data pendukung sebanyak mungkin. Hal penting lainnya sebelum memulai bisnis franchise ini adalah dengan memiliki data dan informasi tentang bisnis tersebut sebanyak mungkin, ini akan membantu kita dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut.

Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan dengan seksama sebelum membuat keputusan untuk membuka bisnis franchise. Hal yang kecil akan menjadi besar jika tetap tekun dijalankan.

Please follow and like us:
20