pinjaman dana Klaten

Saat Anda berada di kota seperti Klaten yang memang bukan kota besar, maka pilihan untuk bisa meminjam uang, baik untuk usaha maupun keperluan konsumtif, tidak terlalu banyak. Anda bisa meminjam dari bank, yang bisa memberikan kredit yang besar namun agak sulit ditembus, atau mendapatkan pinjaman dana Klaten dari lembaga pemberian pinjaman yang alternatif. Semua memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

Sebagian orang biasanya tak terlalu menyukai sistem pengajuan kredit dari bank yang dianggap rumit dan syaratnya terlalu banyak, meskipun Anda bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang cukup besar dari sana. Hal ini bisa dimengerti, karena bank memang memiliki aturan yang ketat, dan bagi pengusaha kecil yang bisnisnya baru berjalan, atau orang yang dokumentasi identitasnya kurang lengkap, meminjam di bank adalah proses yang tak selalu lancar, dan lebih sering mengecewakan.

Alternatifnya, Anda yang ingin mendapatkan pinjaman dana bisa menggunakan jasa dari lembaga pemberian pinjaman alternatif. Lembaga kredit seperti ini biasanya independen, dan tidak selalu berafiliasi dengan bank tertentu. Keuntungan dari lembaga seperti ini adalah:

  • Syarat yang jauh lebih mudah daripada meminjam dari bank. Bahkan di beberapa lembaga, Anda hanya diminta untuk menunjukkan identitas, slip gaji, dan bukti rekening 3 bulan terakhir, tanpa embel-embel yang lainnya.

  • Prosesnya juga lebih cepat. Jika di bank Anda harus menunggu paling tidak 14 hari kerja untuk mendapatkan konfirmasi, dan harus menunggu lagi hingga dana cair, lembaga pembiayaan tak begitu. Anda bahkan bisa menunggu hanya 1-2 hari saja, dan dana pun sudah bisa dibawa pulang.

  • Fleksibel. Lembaga jarang menanyakan untuk tujuan apa uang yang Anda pinjam tersebut, atau hanya menanyakan hal-hal dasar saja seperti jenis usaha dan berapa jumlah pinjaman Anda. Sisanya, Anda tak ditanyakan.

Syarat mudah, lebih bebas, dan proses cepat, inilah alasan utama kenapa banyak orang yang lebih cenderung memilih mendapatkan pinjaman dana dari lembaga pembiayaan alternatif. Belum lagi kenyataan bahwa bank dianggap sebagai institusi yang terdengar cukup menakutkan dan kurang dekat dengan rakyat banyak. Tergantung kondisi Anda sendiri, mungkin juga Anda merasakan hal yang sama. Pinjaman dana Klaten bisa didapatkan dengan mudah melalui cara ini.

Baca Juga Tahapan Pengajuan Pinjaman Tunai Jakarta

Namun jangan salah sangka bahwa masalah Anda bisa langsung selesai. Lembaga pembiayaan juga memiliki beberapa detail yang harus Anda pertimbangkan, seperti:

  • Lembaga bisa menentukan sendiri berapa besar suku bunga yang harus Anda bayar, tanpa ada aturan yang pasti. Ini berarti bisa saja diharuskan membayar suku bunga sampai 40% lebih per bulan, dan bukan per tahun.

  • Tidak semua lembaga pembiayaan memiliki latar belakang yang bersih. Banyak yang memiliki track record di mana mereka sering mengubah aturan yang ada agar Anda harus membayar lebih.

  • Cara membayar yang tak semudah bank, kadang Anda harus mengirimnya secara langsung ke kantor lembaga tersebut dan tidak bisa lewat cara lain.

  • Sebagai klien, hak Anda tak selalu dijamin dan aturan bisa saja diubah, serta tak ada standard of procedure yang umum.

Ini bukan berarti Anda tidak boleh meminjam dari lembaga pembiayaan semacam ini sama sekali. Anda bebas menentukan mana yang paling baik untuk bisa mendapatkan pinjaman. Hanya saja, selalu periksa lebih dahulu tempat Anda akan mengajukan permohonan pinjaman dana Klaten, sehingga Anda tak semakin terbebani. Selama Anda bisa membayar angsurannya dan prosesnya lancar, kenapa tidak?

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.