pengertian pasar modal

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan public yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Bagi masyarakat modern pasar modal bisa menjadi alternative mendapatkan keuntungan yang menarik, baik dengan menjadi investor yang membeli saham perusahaan yang terdaftar di pasa modal atau melakukan go public  ( penjualan saham ke pasar modal. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita harus memahami apasih Pengertian Pasar Modal itu sendiri ? apa keuntungan dan kerugian yang bisa didapat dari pasar modal ? apa itu investasi ? apa itu trading ? nah dalam artikel ini akan dijelaskan semua tentang hal-hal tersebut.

Pasar modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun intuisi pemerinta melalui perdagangan instrument jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya. Pasar modal hampir sama dengan pasar uang. Yang menjadi perbedaan antara pasar modal dan pasar uang  adalah pasar modal meperjualbelikan uang dalam bentuk surat-surat berharga denga jangka waktu panjang lebih dari satu tahun, sedangkan pasar uang meperjualbelikan uang dalam bentut surat-surat berharga dengan jangka pendek kurang dari satu tahun. Dalam pasar modal, surat berharga disebut efek, sedangkan pasar modal sendiri disebut bursa efek. Surat-surat yang diperjualbelikan di pasar modal adalah saham biasa ( Common Stock ), saham prefen (Preffed Stock ), obligasi ( Bond ), obligasi konversi (  Convertible Bond ), right, waran, dan reksadana. Ada 3 macam bursa efek di Indonesia  di Indonesia, yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), dan Bursa Paralel Indonesia.

keuntungan pasar modal

Cermati dan Dapatkan Keuntungan dari Pasar Modal

Setalah membahas Pengertian Pasar Modal, sekarang mari kita bahas tentang keuntungan dan kerugian pasar modal. Keuntungan dari pasar modal yang pertama adalah menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang untuk dunia usaha. Kedua adalah Sarana untuk mengalokasikan sumber dana secara optimal bagi investor, ini bisa disebut juga sebagai investasi atau menanam modal untuk waktu jangka panjang. Kerugian dari pasar modal yaitu pertama, risiko daya beli. Maksud nya adalah daya beli yang berkaitan dengan kemungkinan terjadi nya inflasi yang menyebabkan nilai rill pendeapatan akan lebih kecil. Kedua adalah risiko bisnis. Bisa diartikan seperti menurunnya kemampuan perusahaan memperoleh laba, menyebabkan menurunnya kemampuan emiten membayar bunga atau deivden. Ketiga risiko tingkat bunga. Tingkat bunga yang naik, biasanya akan menyebabkan nilai saham cenderung turun. Nomor empat yaitu risiko likuiditas. Kemampuan surat berharga untuk dapat segera diperjualbelikan. Kelima, mekanisme pasar modal yang cukup rumit menyulitkan pihak-pihak tertentu yang akan terlibat di dalamnya. Dan yang terakhir adalah jika kurs tidak stabil, maka harga saham juga ikut terpengaruh.

Memahami Pengertian Pasar Modal Itu Tidak Sulit

Sekarang mari kita bahas tentang trading dan investasi. Trading adalah kegiatan beli di harga rendah dan jual di harga lebih tinggi dalam rentang waktu yang relatif singkat untuk memperoleh keuntungan yang cepat. Yang bisa diperjualbelikan bisa berupa saham, mata uang asing, komditas, dan sebagai nya. Rentang waktu trading berkisar dari hitungan menit, jam, hari, dan beberapa minggu. Sedangkan investasi adalah penempatan sejumlah uang atau modal dalam sebuah instrument ( misal nya : saham, emas, obligasi ) dengan harapan uang tersebut akan bertambah. Investor juga membeli saham di harga yang rendal dan menjual di harga yang lebih mahal.

Artikel di atas sudah menjelaskan tentang Pengertian Pasar Modal. Jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk terjun ke bursa efek karena anda sudah mengetahui hal-hal yang anda butuhkan.