Berkembangnya teknologi saat ini membuat masyarakat harus berusaha untuk bisa mengikuti perkembangannya atau melek akan teknologi. Teknologi menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar dan membantu memudahkan segala aktivitas manusia. Tentu saja teknologi ini bermacam-macam jenisnya, ada teknologi yang berbentuk fisik seperti teknologi robot pabrik dan sebagainya, ada juga teknologi yang tidak berbentuk fisik seperti internet, software dan sebagainya. Menarik untuk diulas adalah mengenai teknologi internet. Internet mampu memberikan berbagai kebutuhan bagi masyarakat baik itu berbentuk informasi ataupun perangkat lunak yang berguna bagi kehidupan manusia.

Bisnis yang mulai dilirik pasar. Sumber: mytotalretail.com

Internet bekerja secara online dan mampu menghubungkan satu orang dengan yang lain di mana jarak mereka bahkan sangat berjauhan . keunggulan internet ini menjadi peluang yang dilihat oleh para pebisnis yang mana mereka melihat luasnya wilayah setiap negara tidak memungkinkan adanya pertukaran atau transaksi yang cepat, maka dari itu internet datang dan dijadikan media dalam melakukan transaksi bisnis atau yang lebih sering dikenal sebagai e-commerce.

E-commerce adalah segala kegiatan perdagangan elektronik di mana terdapat proses pembelian, penjualan, pertukaran barang maupun jasa antara dua belah pihak yang semuanya dilakukan secara online melalui jaringan internet. Beberapa bentuk bisnis yang lazim dilakukan adalah sebagai berikut.

Security Service

Merupakan layanan untuk memberikan pengamanan terhadap computer atau situs anda, yang bertujuan membuat data serta sistem yang anda miliki lebih aman terhadap serangan pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker maupun pelaku cyber crime lainnya.

Data Storage

Jenis ini mengutamakan layanan penyimpanan data bagi yang anda membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan data mereka, yang biasanya disimpan lewat teknologi cloud maupun server milik perusahaan penyedia layanan.

Web Hosting

Merupakan jenis bisnis yang bertindak sebagai penyedia layanan hosting dari website yang memungkinkan orang untuk memiliki situs sendiri berikut sistem dan teknologinya.

Shopping Cart

Adalah layanan pengumpul transaksi yang akan atau sudah anda lakukan, sehingga pembeli akan mengetahui berapa total pembelian yang harus dia keluarkan.

Web Design

Merupakan layanan penyedia jasa desain situs web yang berguna untuk menambah kesan menarik bagi situs anda sehingga semakin banyak pengunjung dari website yang telah dibuat

Merchant Processing

Bentuk bisnis yang melayani kegiatan hubungan antara penjual, pembeli, dengan pihak ketiga, yang dalam hal ini adalah jasa keuangan seperti bank. Perannya adalah sebagai media transaksi antara penjual dengan pembeli

Online Marketing

Merupakan kegiatan pemasaran produk yang dilakukan melalui internet, seperti video iklan yang diunggah di situs resmi suatu perusahaan dan sebagainya.

Sumber: willemisbrucker.com

Contoh-contoh kegiatan atau penjabaran dari beberapa jenis bisnis komersial berbasis digital di atas dapat anda lihat dalam bisnis yang mulai digemari di Indonesia. Bisnis online ini dirasa mudah karena hanya bermodal paket data internet maka sudah bisa untuk melakukan transaksi dan juga memajang produk secara online melalui penyedia layanan tersebut.

Melihat hal ini, di negara kita sendiri sendiri perkembangan bentuk bisnis ini pun semakin meningkat. Perkembangannya telah menciptakan banyak peluang bagi para pebisnis yang ingin terjun ke dunia jual beli berbasis digital ini. Tentunya, hal ini didukung dengan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai angka sekitar 74 juta pengguna.

Walaupun menurut beberapa riset bahwa dari sekian pengguna yang melakukan pembelian online baru sebesar 7%, tetapi ada indikasi bahwa angka ini dapat bertambah karena masyarakat sudah mulai nyaman untuk berbelanja barang-barang mahal seperti gawai, komputer, produk fashion dan lainnya secara online. layanan transaksi dan distribusi produk juga menjadi potensi di dalam bisnis ini, seperti pembayaran melalui ATM dan COD (cash on delivery) atau pembayaran saat barang sampai di tangan pembeli. Potensi-potensi besar ini menggambarkan bahwa bisnis lewat situs jual beli online akan sangat menjanjikan. Bahkan, beberapa badan riset mengatakan bahwa Indonesia dapat menjadi negara dengan perkembangan situs jual beli online terpesat.

Ditambah lagi, negara kita saat ini ikut ambil bagian perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di mana “batas-batas” negara antara negara Asia tenggara ini menjadi hilang. Artinya, kegiatan-kegiatan ekonomi antara negara-negara ini menjadi dipermudah. Dengan pasar yang semakin terbuka, maka salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Bisnis penyediaan jasa jual beli online pun menjadi jawaban bagaimana korporasi atau pebisnis dapat menjangkau konsumennya. Sampai saat ini sudah banyak pebisnis jual beli online yang telah berhasil menggeluti bisnis ini dan  telah berhasil menarik konsumen dari luar negeri. Peluang usaha e-commerce di Indonesia dengan segala kemudahannya, menjadi aset yang sangat besar jika anda memang sangat tertarik untuk mencoba terjun ke jenis bisnis baru ini.