Blog uangteman

Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya

Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil Menurut Bidangnya

Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil Menurut Bidangnya

Peluang Bisnis Usaha

Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil Menurut Bidangnya

Di jaman sekarang, mencari pekerjaan dapat dikategorikan lumayan susah. Hal ini dikarenakan jumlah lapangan pekerjaan yang tidak banyak dan tidak sebanding dengan jumlah orang yang membutuhkan pekerjaan. Hal ini diperparah dengan adanya krisis ekonomi yang sedang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia. Harga-harga yang melambung terutama bahan pokok dan harga minyak dunia adalah faktor utama harga barang lainnya ikut melambung. Jika memang mengharuskan mencari pinjaman modal awal, maka anda juga harus mempersiapkan proposal bisnis.

Peluang usaha

Peluang usaha berasal dari kata peluang yang artinya kesempatan yang muncul dan terjadi karena suatu peristiwa dan usaha yang artinya adalah berbagai daya untuk mendapatkan yang diinginkan. Peluang usaha merupakan kesempatan yang dimanfaatkan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, dalam hal ini adalah uang, dengan memanfaatkan berbagai macam faktor baik internal maupun eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya peluang usaha antara lain:

– Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri sendiri misalnya minat dan bakat.
– Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekitar. Misalnya adalah faktor ekonomi.

Faktor ekonomi merupakan salah satu dari faktor eksternal yang sangat mempengaruhi terjadinya peluang usaha. Tidak jarang yang tidak bisa membuka peluang usaha yang dikarenakan minimnya biaya untuk memproduksi suatu barang. Namun, tidak jarang beberapa orang memanfaatkan minimnya biaya yang akan digunakan dengan merintis usaha dari bawah, yaitu dengan melakukan usaha rumahan.

Tips dan saran memulai usaha

Usaha rumahan merupakan suatu usaha yang dilakukan di rumah tanpa memerlukan banyak tempat. Usaha ini dapat dimulai dengan menggunakan modal yang tidak terlalu banyak. Biasanya yang sering melakukan usaha ini adalah ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan kewajiban yang harus dilakukan seorang ibu yang juga harus mengurus anak dan rumah. Namun, tidak sedikit laki-laki atau bahkan mahasiswa yang memulai usaha jenis ini.

Sebelum memulai usaha, sebaiknya dilakukan hal-hal berikut:

– Memilih bisnis atau usaha sesuai dengan kemampuan baik secara pribadi maupun secara finansial hal ini dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kerugian yang terjadi di awal usaha.
– Memperhatikan keadaan di sekitar. Misalnya jika di sekitar lingkungan yang hendak dibangun sebuah usaha sebagian besar adalah baju, maka pilihlah usaha yang berbeda namun masih ada kaitannya dengan baju.
– Memilih bisnis yang beda daripada yang lain dalam arti memiliki keunikan tersendiri.
– Memilih bisnis yang mudah dijalankan dan tidak menyita banyak waktu terutama untuk ibu rumah tangga yang tidak hanya harus mengurus rumah, namun juga harus mengurus buah hati.
– Memilih usaha yang memiliki potensi keuntungan yang besar.
– Memilih usaha yang dapat memberikan penghasilan berulang dan bertahan.

Baca Juga : Tahapan Sederhana Untuk Buka Peluang Bisnis Travel

Bidang kuliner

Peluang usaha di bidang kuliner merupakan peluang yang mempunyai prospek paling tinggi diantara bidang-bidang lainnya. Hal ini dikarenakan makanan merupakan salah satu dari kebutuhan pokok manusia. Bisnis di bidang ini banyak dipilih oleh calon pebisnis yang melihat usaha di bidang kuliner memiliki prospek yang bagus dan dapat membawa keuntungan yang besar.

Beberapa usaha rumahan di bidang kuliner yang dapat dilakukan dengan menggunakan modal yang kecil oleh sebagian orang, antara lain yaitu:

– Usaha kue dan roti. Sebagian besar pebisnis di usaha ini menggunakan donat dan bolu sebagai pilihan utama. Untuk dapat mempertahankan usaha ini, sebaiknya Anda berkreasi sekreatif mungkin dengan menambahkan warna-warni sebagai topingnya atau menggunakan bahan dasar lainnya.
– Makanan siap saji
– Aneka macam minuman misalnya olahan kopi, teh atau jus yang sering dicari oleh kebanyakan orang terutama ketika cuaca sedang panas.
– Usaha makanan ringan. Usaha ini tidak memerlukan modal besar. Untuk memulainya, Anda dapat membeli makanan ringan yang sudah jadi yang banyak dijual di beberapa tempat, kemudian membungkusnya ke dalam tempat yang lebih kecil. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk berjualan di rumah, makanan ringan tersebut dapat dititipkan di warung-warung terdekat.

Bidang fashion

Peluang usaha di bidang fashion merupakan peluang dengan prospek tinggi ke dua setelah di bidang makanan. Kebutuhan akan pakaian dan segala sesuatu yang berhubungan dengan fashion serta keadaan atau tren yang berkembang dan berganti dengan cepat, menyebabkan usaha di bidang ini juga mendapat perhatian tersendiri. Tidak hanya baju, namun segala sesuatu mulai dari bahan baku hingga aksesoris yang berguna untuk mempercantik penampilan seseorang, menjadi peluang usaha yang dibidik.

Beberapa usaha rumahan di bidang fashion yang dapat dilakukan dengan menggunakan modal kecil diantarnya adalah:

– Accessories. Untuk memulai usaha ini, Anda hanya harus membeli bahan baku atau bahan utama. Misalnya tali atau rantai, lem, gliter atau barang lainnya yang dapat digunakan untuk membuat accessories.
– Membuat tas atau barang lainnya dengan menggunakan kain perca. Kain perca yang biasanya tidak digunakan yang dapat Anda dapatkan ditempat penjahit atau baju atau kain Anda yang sudah tidak terpakai. Kain-kain tersebut dapat disambung menjadi satu atau dibentuk sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki.
– Reseller pakaian, tas, sepatu atau yang berhubungan dengan fashion. Anda dapat memulai bisnis rumahan dengan cara reseller atau menjual barang milik orang lain. Keuntungan dari usaha ini adalah Anda dapat belajar bagaimana cara berbisnis sebelum memulai usaha Anda yang sebenarnya.

Bidang kecantikan

Di jaman sekarang, tidak jarang ditemukan bisnis dalam bidang kecantikan. Jika Anda memiliki bakat dalam bidang memijat atau memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah dalam bidang kecantikan misalnya obat jerawat, Anda dapat menggunakan hal tersebut sebagai modal Anda untuk memulai usaha. Anda dapat juga memulainya dengan menjual barang dari produsen lain dengan cara reseller atau menjadi salah satu dari anggota suatu perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan alat kecantikan dan kosmetik yang saat ini tidak sedikit ditemukan.

Bidang properti dan kerajinan

Bidang properti dan kerajinan merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek tinggi. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang yang masih mencari sesuatu benda atau barang baik untuk hiasan atau yang dapat digunakan dengan bentuk tertentu. Usaha rumahan dalam bidang ini biasanya banyak terdapat di suatu daerah yang memiliki objek wisata tertentu.

Contoh Peluang usaha rumahan di bidang properti dan kerajinan antara lain:

– Properti meja atau kursi yang terbuat dari meja kursi bekas yang diperbaiki dan dipercantik atau dengan menggunakan kayu bekas yang dapat diolah sedemikian hingga menjadi sesuatu yang bermanfaat.
– Kerajinan dengan membuat topi atau tas anyam atau rajut.
– Kerajinan tanah liat misalnya keramik, guci, ubin, tembikar.
– Kerajinan tangan yang berupa souvenir yang dapat berupa patung atau gantungan kunci.
– Menjadi penjual dengan mengambil beberapa barang dari produsen.
– Kerajinan tangan berupa lukisan.

Please follow and like us:
20

Berita Terkait