Meraih Untung di Bisnis Parcel Lebaran

Bisnis parcel lebaran hingga saat ini masih marak dengan banyaknya paket-paket parcel lebaran dengan isi yang bermacam-macam yang dipajang hampir di semua etalase pusat perbelanjaan. Momen lebaran memang menjadi momen tradisional di mana banyak orang menjalin tali silaturahmi agar hubungan baik tetap terjalin. Oleh karena itu, mengirimkan atau menghantarkan parcel merupakan salah satu cara untuk menyampaikan niat baik ini. Parcel menjadi sangat menarik apabila ditata dan dihias dengan cantik. Sebenarnya peluang bisnis parcel lebaran masih menjadi peluang bisnis yang besar. Namun dengan pesaingcukup banyak maka dibutuhkan beberapa strategi untuk Anda agar bisa meraih untung yang banyak. Berikut adalah beberapa strategi untuk memenangkan persaingan di bisnis parcel lebaran:
Buat parcel sendiri
Bisnis parcel lebaran adalah bisnis yang membutuhkan modal tidak sedikit karena ada banyak yang mesti dibeli untuk membuat paket parcel yang utuh. Membuat paket parcel Anda sendiri lebih murah dibandingkan membelinya dari pedagang parcel lain dan menjualnya kembali dengan harga lebih mahal. Dengan membuat parcel sendiri Anda juga bisa menekan harga jual agar tidak mahal dan lebih dipilih oleh konsumen. Susunlah parcel sesuai dengan tema. Isi parcel tidak harus banyak dan bertumpuk, Anda bisa menambahkan beberapa ornament dekorasi untuk membuat parcel terlihat lebih cantik dan elegan.
Dijual sendiri atau dijual ke toko
Pasarkan diri Anda sebagai pedagang parcel yang bisa menerima pesanan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara dengan trik pemasaran yang ada isalnya dengan membuat pesan broadcast di aplikasi chatting smartphone, melalui media sosial Anda, dan sebagainya. Dengan begitu keuntungan Anda bisa didapatkan dengan utuh. Namun untuk meraih konsumen dengan lebih cepat, Anda bisa bekerja sama dengan beberapa pusat perbelanjaan di sekitar Anda dengan sistem bagi hasil keuntungan yang didapat dari hasil penjualan. Biasanya bisnis parcel lebaran juga dipromosikan di perkantoran, namun hal ini sulit dilakukan karena sekarang sudah ada larangan bagi pejabat untuk menerima parcel yang bisa diindikasikan sebagai gratifikasi.
Kualitas produk terjaga
Jangan sampai terjebak dengan para pedagang nakal yang menjual produk berkualitas rusak pada paket-paket parcelnya. Sekarang ini petugas BPOM rajin melakukan sidak untuk melihat apakah produk yang dijual masih layak konsumsi atau tidak. Jika petugas mendapati ada produk tidak layak jual pada paket parcel Anda hal ini bisa merusak bisnis parcel lebaran Anda. Kerugian material dan juga nama baik rusak sehingga sulit untuk menjual parcel di kesempatan berikutnya. Sebelum membuat paket pastikan makanan dan minuman masih jauh tanggal kadaluarsanya, barang-barang keramik tidak ada yang retak, dan sebagainya.
Hitung biaya produksi
Salah satu kesalahan dalam bisnis skala rumahan yang sering dilakukan adalah tidak menghitung biaya produksi dan menetapkan harga jualnya sembarangan. Hal ini bisa menyebabkan Anda mematok harga jual yang terlalu tinggi sehingga mengurangi minat konsumen, atau mematok harga terlalu rendah sehingga tidak bisa balik modal. Kedua hal tersebut tentunya merugikan. Maka dari itu, hitunglah berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk keseluruhan pembuatan bisnis parcel lebaran termasuk gaji bagi orang yang membantu Anda mengemas parcel.
Kemudian tentukan harga parcel dengan jumlah paket yang dibuat dan lihat apakah hasilnya sudah cukup untuk menghasilkan keuntungan. Sebaiknya tidak perlu mengambil untung terlalu banyak sehingga harga jual bisa ditekan tidak terlalu mahal.
Itulah informasi seputar tips menjalankan bisnis parcel lebaran sehingga Anda bisa menjadikan lebaran sebagai momen yang menguntungkan dengan menjalankan bisnis parcel lebaran.