Pinjaman Uang Tunai Klaten

Ketika anda harus meminjam uang, yang terpikirkan pertama kali biasanya adalah bank. Tapi masalahnya, meski sudah terstandardisasi dan ada aturan yang jelas, bank merupakan suatu sosok yang menakutkan bagi banyak orang untuk memohon pinjaman tunai. Padahal, tak banyak pilihan di kota yang kecil seperti Klaten. Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman uang tunai Klaten?

Namun jangan langsung terburu-buru meminjam ke rentenir. Selain Anda akan dicekik dengan bunga yang sangat tinggi, Anda juga berada dalam posisi yang sangat lemah, karena perjanjian yang ada tak selalu menguntungkan Anda. Akibatnya, Anda pun tak bisa melawan terlalu banyak kalau seandainya Anda gagal dalam membayar angsuran bulanan (atau bahkan mingguan!) yang dikenakan.

Alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang tunai Klaten yang termudah adalah hindari dulu tempat yang memberikan bunga pinjaman, dan cobalah meminjam dari yang dekat dengan Anda, seperti keluarga dan teman. Berikut pertimbangannya:

  • Teman dan keluarga sudah mengenal Anda, sehingga cenderung lebih mudah memberikan bantuan finansial.

  • Tak adanya bunga dalam pinjaman, sehingga Anda hanya harus membayar kembali pinjaman pokok.

  • Waktu pengembalian juga lebih fleksibel. Sebagai teman atau keluarga dekat, mereka juga lebih bisa maklum dengan kondisi Anda dan tak memaksa (kecuali jika Anda sudah keterlaluan).

  • Tak perlu jaminan sehingga Anda tak perlu kehilangan kendaraan ataupun tanah.

Namun jangan salah ya, meminjam dari teman atau keluarga itu tak selamanya enak. Berikut ini yang bisa terjadi:

  • Anda harus bertemu mereka setiap hari, dan setiap kali bertemu, Anda seperti diingatkan tentang hutang Anda, bahkan ketika mereka tak menagih sekalipun.

  • Anda merasa canggung dan tak nyaman jika belum membayar hutang Anda.

  • Jumlah pinjaman dana Klaten tak sebanyak yang Anda perlukan. Biasanya malah justru lebih rendah.

  • Karena mereka dekat dengan Anda, akan lebih mudah bagi mereka untuk menagih dan bahkan memaksa Anda kalau perlu, karena tak ada aturan resmi.

  • Tak adanya aturan resmi juga memberikan masalah sendiri tentang hak dan kewajiban yang harus Anda berdua penuhi.

Tapi tak bisa dipungkiri bahwa meminjam uang tunai dengan cara ini lebih cepat dan sangat mudah, jauh lebih praktis daripada terlibat dengan bank ataupun rentenir. Karena itu, ketika Anda akan meminjam dari keluarga atau teman, ini sarannya:

  • Perlakukan ini seperti perjanjian bisnis atau kontrak yang resmi, dengan mengadakan perjanjian hitam di atas putih, sehingga kedua pihak tahu hak dan kewajiban secara jelas dan tak bisa menyangkal.

  • Perhatikan kondisi dan situasi teman atau keluarga Anda. Jika mereka sendiri dalam kesulitan keuangan, sebisa mungkin jangan meminjam dari mereka karena akan menambah beban.

  • Kalau Anda merasa kesulitan membayar kembali pinjaman, diskusikan dengan menggantinya menggunakan aset yang Anda miliki, misalnya mengganti dengan perhiasan, kendaraan, dll.

  • Bicarakan dengan baik-baik dan ungkapkan tujuan meminjam secara jelas, bahkan tuliskan itu di perjanjian, dan selalu bicarakan perkembangan Anda dengan mereka.

Dengan cara ini, Anda yang mencari pinjaman uang tunai Klaten bisa mendapatkannya dengan lebih mudah dan tak terlalu terbebani. Keluarga ataupun teman yang Anda pinjam juga tak merasa terlalu dimanfaatkan atau bahkan ditipu oleh Anda, karena Anda memberikan informasi dan keterangan yang jelas, bahkan membuat perjanjian. Inilah sikap yang terbaik saat Anda harus meminjam dari teman atau keluarga.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.