taralite

UangTeman dan Taralite sama-sama menawarkan pinjaman sebagai solusi keuangan anda, keduanya merupakan jasa layanan peminjaman uang yang sama-sama berbasiskan teknologi. Tak heran, jika jangka waktu pencairan dana yang ditawarkan keduanya terbilang cukup cepat. Menariknya lagi, kedua layanan fintech tersebut dapat anda jadikan sebagai second choice ketika “cinta” anda sebelumnya pernah ditolah oleh pihak perbankan.

Pihak perbankan biasanya memiliki beberapa rangkaian persyaratan yang terbilang cukup rumit sebelum calon nasabah bisa mengajukan pinjaman. Sebut saja, Jaminan seperti kartu kredit atau rumah, karyawan tetap, penghasilan minimal 24juta dalam satu tahun, dan lain sebagainya. Itu pun belum tentu pinjaman anda disetujui, karena bisa saja calon nasabah tidak lolos tahapan verifikasi seperti BI checking. Lalu bagaimana nasib masyarakat yang belum memiliki kartu kredit atau pun rumah sendiri tapi ingin meminjam uang? Oleh karena itu, kehadiran UangTeman dan Taralite diharapkan dapat menjadi solusi pemecah kebuntuan masalah keuangan anda.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman pada kedua layanan tersebut, pastikan anda akan mampu mengembalikan pinjaman tersebut tepat pada waktunya. Alih-alih menyelesaikan masalah kuangan, dikhawatirkan justru anda akan terjebak pada masalah keuangan serius jika telat atau bahkan tidak mampu mengembalikan pinjaman. Selain itu, layanan keuangan yang hendak anda ajukan pinjaman sebaiknya hanya layanan yang sudah memiliki kredibiltas, transparan dan berbunga rendah.

Taralite dan UangTeman merupakan layanan keuangan yang patut anda coba, namun sebelum mencoba ada baiknya kita bahas dulu mengenai perbandingan kedua jasa layanan keuangan online tersebut.  Pertama-tama mari kita ketahui dulu apa saja persamaan kedua jasa pinjaman tersebut.

taralite

taralite

Persamaan UangTeman dan Taralite

  • Keduanya sama-sama mewajibkan calon peminjam untuk melampirkan data diri berupa KTP, KK, NPWP, dan persyaratan administratif lainnya
  • Kedua layanan tersebut sama-sama meniadakan biaya provisi. Artinya, pinjaman yang anda ajukan akan anda terima secara utuh tanpa potongan dan embel-embel apapun.
  • Sama seperti UangTeman, Taralite tidak hanya melayani customer yang berdomisili di wilayah Jabodetabek saja.
  • Keduanya sama-sama menerapkan denda bagi customer yang telat melakukan pelunasan pinjaman.

Dalam hal ini, hanya ada sedikit persamaan antara kedua layanan tersebut. Lalu, apa saja perbedaan antara kedua layanan keuangan yang tengah naik daun tersebut?

Uangteman

Uangteman

  • UangTeman merupakan layanan keuangan yang menyajikan pinjaman jangka pendek, mulai dari 10 hingga 30 hari. Pinjaman yang bisa diajukan pun dibatasi hanya sampai maksimal Rp.2000.000. Sementara Taralite merupakan layanan keuangan yang menawarkan pinjaman jangka panjang, tenor yang ditawarkan mulai dari 1 hingga 4 tahun. Perbedaan lainnya yakni, taralite hadir dengan nominal pinjaman yang lebih besar, mulai dari Rp. 5.000.000 hingga maksimal Rp. 20.000.000.
  • UangTeman merupakan layanan keuangan yang mempersilahkan customer mengajukan pinjaman tanpa jaminan dan embel-embel apapun. Sementara Taralite, meski mengumbar tema pinjaman tanpa jaminan. Faktanya, tetap saja customer harus menyertakan jaminan berupa kartu kredit atau pun BPKB. Artinya, customer yang belum memiliki kartu kredit atau BPKB kendaraan kemungkinan besar belum bisa mengajukan pinjaman di Taralite.
  • UangTeman memprioritaskan pinjaman untuk keperluan darurat seperti pembayaran biaya pendidikan, kartu kredit, listrik dan lainnya. Sementara Taralite membuka peluang lebih dari itu, layanan keuangan besutan Abraham Victor ini melayani pinjaman untuk berbagai keperluan seperti pernikahan, umroh, kredit usaha dan lainnya.
  • UangTeman hadir secara independen tanpa menggandeng pihak manapun sebagai vendor dalam memberikan pinjaman. Sementara Taralite bermitra dengan pihak ketiga (third parties).

Dari review antara kedua jasa layanan keuangan di atas, dapat kita ambil beberapa kesimpulan. Salah satunya yakni perbedaan segmentasi pasar yang dilirik oleh keduanya. Sama seperti perbankan, Taralite mengimplementasikan pinjaman jangka panjang untuk  berbagai keperluan. Sementara UangTeman merupakan layanan yang memprioritaskan pinjaman jangka pendek dengan nominal di bawah Rp.3000.000. Layanan seperti UangTeman terbilang baru, unik dan sulit menemukan layanan sejenis yang tulus memberikan pinjaman tanpa jaminan. Tidak berlebihan jika UangTeman disebut sebagai pioneer layanan keuangan jangka pendek.

Ada juga layanan lain sejenis UangTeman seperti Doctor Rupiah yang melayani pinjaman jangka pendek. Namun, tetap memiliki perbedaan dengan layanan yang di nahkodai oleh Aidil Zulkifli.  Untuk review mengenai drrupiah, anda dapat membaca artikel tersebut di postingan kami sebelumnya.

Layanan keuangan seperti ini merupakan layanan keuangan financial technologi (Fintech) yang bersifat futuristik, hadir sebagai jawaban bagi kebutuhan financial customer. Di mana customer dirayu pelan-pelan untuk mulai meninggalkan metode konvensional dalam meminjam uang. Tidak ada lagi tatap muka, tidak ada lagi jaminan, tidak perlu meluangkan waktu untuk pergi ke kantor tempat layanan tersebut beroperasi. Customer hanya perlu berinteraksi dengan customer representatif layanan tersebut melalui saluran telpon, jika semua syarat sudah terpenuhi, maka dana pinjaman akan langsung ditransfer melalui rekening yang dicantumkan.

Meski proses pengajuan pada dua layanan tersebut cukup praktis dan mudah, bukan berarti semua pinjaman akan disetujui. Jika ada salah satu persyaratan yang tidak terpenuhi seperti umur yang belum mencukupi atau belum memiliki penghasilan maka bisa saja pinjaman yang sedang anda ajukan ditolak. Oleh karena itu, pastikan anda sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan agar anda dapat merasakan bagaimana mudahnya meminjam uang dengan bantuan teknologi.

UangTeman dan Taralite merupakan sebuah layanan keuangan yang perlu diapresiasai oleh pemerintah, eksistensi kedua layanan tersebut perlu diwadahi dengan regulasi yang tidak memberatkan dan menyulitkan bagi keduanya, sehingga kedua layanan tersebut mampu berkembang dan menginspirasi layanan lain dengan konsep yang lebih futuristik.

Please follow and like us:
20