lowongan kerja sampingan

Sudah bukan hal baru lagi jika biaya pendidikan di Indonesia cukup mahal, khususnya biaya kuliah di Universitas. Dibandingkan dengan Jerman yang menggratiskan biaya kuliah warga negaranya, Indonesia tentu saja masih lebih mahal. Oleh karena itu, mahasiswa harus mencari lowongan kerja sampingan, agar dapat membantu mengurangi beban orang tua dalam membiayai kuliahnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa lowongan kerja sampingan bagi mahasiswa atau yang biasa disebut kerja part time.

Berikut adalah 10 daftar lowongan kerja sampingan terbaik

  1. Menjual Pulsa atau Kartu Perdana 

Lowongan kerja sampingan bagi mahasiswa yang pertama adalah menjual pulsa atau kartu perdana. Hal ini karena, setiap orang pasti membutuhkan pulsa. Apalagi mahasiswa, yang sering membutuhkan jaringan internet, entah untuk mencari materi kuliah, atau sekedar berselancar di internet. Oleh karena itu, peluang pekerjaan ini cukup besar.

  1. Guru Les

Jika kamu kebetulan mahasiswa yang cukup pintar dan memiliki waktu luang yang cukup banyak, kamu bisa membuka jasa sebagai guru les, baik itu SMA, SMP atau SD. Selain itu saat ini banyak perusahaan bimbingan belajar yang membuka lowongan untuk mahasiswa sebagai guru bimbingan. Tinggal pintar-pintarnya mencari lowongan.

  1. Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang menjual barang langsung dari penjual ke pembeli, sehingga dia hanya bertugas menjadi perantara. Saat ini sudah banyak online shop yang menawarkan lowongan dropshipper. Selain tidak menguras banyak tenaga, karena proses pengiriman diurus oleh online shop sendiri. Kamu juga tidak perlu modal untuk menjadi dropshipper. Yang penting rajin promosi pada teman dan di sosial media.

  1. Menjual Jajanan

Sebagai mahasiswa pasti tidak asing dengan yang namanya usaha dana. Yaitu bagian dari kepanitiaan yang mengumpulkan uang untuk acara. Biasanya bagian usaha dana akan berjualan jajan untuk menambah biaya kegiatan. Nah kamu juga bisa seperti mereka, jadi kamu tidak akan malu, karena banyak mahasiswa lain juga yang menjual jajanan.

  1. Penulis Content SEO

Kalau kamu suka menulis, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan penulis content. Tinggal cari lowongan misalnya di website seperti freelancer.co.id atau projects.co.id.

  1. Tukang reparasi laptop dan Install Windows

Kalau kamu kebetulan suka megutak-atik barang elektronik misalnya laptop. Kamu bisa membuka jasa servis. Kehidupan mahasiswa sangat berhubungan dengan laptop, jadi peluang untuk menjadi reparatory cukup besar. Syaratnya, jangan pasang harga ynag terlalu tinggi, sehingga mereka lebih memilih mereparasi laptop pada kamu.

  1. Asisten Dosen

Pada beberapa jurusan, khususnya jurusan eksak, banyak dilakukan praktek. Biasanya tiap praktek, dosen membuka kesempatan bagi mahasiswa yang mau kerja part time dengan menjadi asistennya. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini, Meskipun bayarannya tidak seperti pekerjaan lain, tapi kamu bisa belajar lebih banyak lagi dari dosen, kamu juga bisa lebih dekat dengan dosen. Siapa tahu nantinya kamu dapat pekerjaan seperti sebagai asisten dalam penelitian.

  1. Operator Warung Internet dan Fotokopian

Biasanya di dekat kampus ada banyak warnet atau fotokopian. Kamu bisa mencoba melamar di sana. Biasanya waktu untuk bekerja di sana, cukup fleksibel dan dapat menyesuaikan kuliahmu. Kamu bisa juga bernegosiasi dengan pemilik warnet dan fotokpoian, terkait waktu bekerja.

  1. Membuka usaha printer

Kalau kamu kebetulan punya printer, kenapa tidak dimanfaatkan untuk usaha, misalnya pada teman kos dan teman satu jurusan. Kamu bisa meminta mereka untuk mengirim file lewat email dan nanti saat mata kuliah, kamu bisa membawanya sekalian.

Beberapa Kerjaan Diatas Merupakan Lowongan Kerja Sampingan di Rumah

Nah, itu tadi beberapa lowongannya. Coba cari hobi dan kelebihanmu untuk menambah penghasilan. Sehingga bisa membantu mengurangi beban orang tua dalam membayar biaya kuliah kamu.