kerja part time freelance

Memiliki kesibukan seperti kuliah atau sekolah bukan lantas menjadi penghalang untuk tetap bisa bekerja apalagi jika memang Anda memiliki kebutuhan yang belum tercukupi. Saat ini banyak pelajar atau mahasiswa yang melakukan studinya sambil bekerja untuk menambah uang saku atau bahkan membiayai kuliahnya. Kerja part time banyak dicari untuk dilakukan di sore hari atau di sela-sela waktu kuliah. Bagi Anda para pelajar dan mahasiswa yang ingin mencari kerja paruh waktu maka berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang agar mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan:

  • Ojek online.

Bagi Anda terutama para pria yang memiliki motor dan surat ijin mengemudi, maka pilihan ini bisa Anda ambil. Saat ini pengguna ojek online terus mengalami peningkatan sehingga peluang untuk menjadi drivenya masih terbuka lebar. Anda bisa mengambil job di sela-sela jadwal kuliah atau sesudah perkuliahan selesai. Penghasilan yang didapatkan akan sesuai dengan job yang Anda ambil sehingga bisa diatur sendiri kebutuhan dan jumlah job yang dibutuhkan.

  • Pelayan restoran.

Restoran besar maupun kecil sudah banyak yang membuka kerja paruh waktu bagi para mahasiswa atau pelajar. Pembukaan lowongan kerja akan semakin banyak saat tiba masa liburan karena banyak yang berlibur dan bepergian hingga makan diluar. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi waktu di sore hingga malam hari sementara di pagi harinya tetap kuliah atau sekolah seperti biasa. Atau Anda juga bisa mendaftar kerja hanya di weekend saja.

  • Menjadi sales promotion girl / boy.

Sales promotion terutama untuk event- event tertentu biasanya mengambil mereka yang mendaftar untuk kerja part time. Biasanya event tertentu hanya berlangsung dalam hitungan hari atau minggu sehingga bisa Anda manfaatkan asal sesuai dengan jadwal pendidikan Anda. Kebanyakan event akan mengambil jatah hari libur seperti hari sabtu minggu sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

  • Web administrator.

Memiliki keahlian di bidang website atau sosial media bisa juga digunakan untuk mencari kerja. Anda bisa menjadi seorang web administrator atau admin sebuah media sosial yang menangani suatu produk atau acara komersil. Pekerjaan ini bisa Anda lakukan selesai kuliah atau sekolah dan tidak banyak memakan waktu belajar.

  • Mencuci mobil atau motor.

Bagi Anda yang lebih menyukai pekerjaan yang membutuhkan tenaga, maka menjadi pencuci mobil pocokan atau paruh waktu bisa dijadikan pekerjaan tambahan. Honor biasanya dihitung dari berapa banyak mobil atau motor yang Anda cuci. Meski termasuk pekerjaan kasar namun penghasilan sehari bisa cukup lumayan apalagi jika Anda tergabung dalam jasa pencucian yang terletak di lokasi strategis.

Itulah beberapa jenis kerja part time bagi Anda para pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan pekerjaan untuk mendapat penghasilan lebih. Pilihlah jenis pekerjaan yang tidak membebani Anda secara psikis karena bisa mempengaruhi studi Anda. Pilihlah jadwal kerja yang tidak berbenturan dengan jadwal sekolah atau kuliah sehingga keduanya bisa dilakukan dengan baik. jangan terlalu memforsir diri apalagi jika tengah berada di semester akhir yang memerlukan konsentrasi tinggi untuk menyelesaikan studi. Tetap berikan waktu untuk tubuh Anda beristirahat apalagi setelah melakukan dua kegiatan yang berat. Makan makanan yang cukup dan tepat waktu agar tubuh Anda tetap sehat sehingga bisa melakukan semuanya dengan baik dan kuat.

Manfaat dari Kerja Part Time Bagi Pelajar

kerja part time fee

Uang saku yang diperlukan remaja sekarang tidak sedikit seperti jaman 5 tahun yang lalu. Selain itu keinginan anak muda yang akan barang ini itu juga tidak dapat dipungkiri. Kerja part time merupakan salah satu solusi yang dapat diambil untuk memenuhi gaya hidup remaja sekarang. Dengan bekerja sendiri setidaknya dapat mengatasi keinginan mengenai suatu barang.

Bekerja paruh waktu atau part time sangat cocok untuk para pelajar atau mahasiswa. Banyak manfaat yang dapat diperoleh selain mendapatkan uang tambahan. Lalu apa saja manfaat tersebut:

  • Berpenghasilan.

Seperti yang di bahas sedikit diatas hasil dari bekerja paruh waktu dapat dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan. Orang yang berpenghasilan sendiri akan lebih mudah untuk membeli kebutuhan pribadi. Misalnya, jika Anda hanya mengandalkan uang yang diberikan orang tua pastinya tidak hanya akan cukup untuk jajan. Padahal keinginan untuk membeli barang seperti sepatu atau lainnya tentu ada. Hal inilah yang memudahkan Anda untuk mendapatkan barang tersebut. tentunya dengan bekerja dan akhirnya berpenghasilan sendiri tanpa harus mengandalkan uang saku dari orang tua.

  • Belajar di dunia kerja.

Sebagai pelajar tingkat atas atau mahasiswa itu berarti sebentar lagi juga kan memasuki masa dimana harus bekerja. Dunia kerja sangat beda jauh dari dunia sekolah. Dalam berbagai segi beda, mayoritas dunia sekolah hanya mengajarkan secara teori setiap harinya dan untuk prakteknya mungkin hanya 20% nya saja. Dengan bekerja part-time Anda akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja besuk setelah lulus. Karena belajar mengenai dunia kerja Anda sangat awal. Tentu saja setelah Anda kerja part time disuatu tempat dari segi penampilan, perilaku dan pemikiran juga akan sangat jauh berubah. Anda bisa merasakannya sendiri saat memasuki dunia kerja.

  • Belajar mengatur waktu.

Sebagai seorang pelajar yang dibarengi dengan bekerja tentu saja akan membutuhkan pengaturan waktu yang cukup ekstra. Harus mengatur bagaimana sekolah tetap jalan sesuai biasanya dan kerja juga tidak mengganggunya. Dahulukan yang menjadi prioritas yaitu sekolah, jadi mengenai hal belajar dan mengerjakan tugas tidak boleh di tinggalkan dengan alasan bekerja. Dengan kebiasaan mengatur waktu dengan baik seterusnya Anda juga akan terbiasa dengan waktu yang sangat teratur itu. Komitmen awal yaitu belajar sebagai pelajar jadi bekerja secara part time hanya menjadi sampingan di waktu luang.

  • Menambah pengalaman.

Dari beberapa kegiatan yang ada di pekerjaan secara otomatis akan menambah pengalaman Anda di dalam dunia kerja. Entah itu dari segi perilaku ke orang lain, bicara ke orang lain atau yang lainnya pasti dapat menjadi guru yang baik untuk kedepannya. Jadi besuk setelah Anda masuk awal di dunia kerja tidak terlalu kaget akan keadaan ditempat kerja. Cepat dapat beradaptasi dengan teman lainnya dalam pekerjaan.

Kerja Part Time Membantu Financial Pelajar dan Mahasiswa

Itu merupakan sedikit ulasan mengenai manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari bekerja secara part time. Tentu saja dalam pemilihan pekerjaan part time juga perlu pertimbangan dari segi waktu, tenaga dan pekerjaan. Ambillah kerja yang memang menurut Anda ringan dan tidak terlalu banyak menguras tenaga. Karena pada dasarnya kerja part time hanya dibuat sebagai sampingan di waktu luang yang menghasilkan banyak uang. Jangan sampai dengan bekerja prioritas mengenai belajar dan mengerjakan tugas akan terganggu dan akhirnya berakibat buruk untuk masa depan sekolah Anda. Semoga dapat bermanfaat.