7 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis ibu rumah tangga sekarang ini sedang dilirik oleh kalangan ibu rumah tangga yang ingin memperoleh penghasilan di luar pemasukan dari pendapatan bulanan suami. Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan oleh para ibu rumah tangga dan apabila ide-ide bisnis ini dijalankan secara tekun, penghasilan yang didapatkan sangat menjanjikan. Penasaran bukan ide bisnis apa saja yang bisa dijalankan oleh kalangan ibu rumah tangga? Berikut informasinya untuk Anda:

Bisnis Kuliner/ Katering

Ide bisnis yang satu ini memang cocok sekali dengan Anda para ibu rumah tangga. Terlebih untuk Anda yang memiliki hobi membuat kue atau memasak. Anda bisa mengawalinya dengan membuat kue atau hidangan masakan untuk berbagai acara keluarga. Bisa juga diaplikasikan saat akan diadakan arisan di kompleks perumahan di lingkungan Anda tinggal. Dari sini, keahlian memasak Anda akan terlihat dan diakui oleh keluarga besar dan tetangga Anda. Anda juga bisa manfaatkan internet untuk mempromosikan masakan atau kue buatan Anda via media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dll.

Jasa Kursus/ Les Privat untuk Anak-Anak

Bisnis ibu rumah tangga tak hanya pintar dalam mengurus keluarga dan rumah, melainkan juga pandai mengajarkan pelajaran-pelajaran sekolah kepada anak-anaknya. Nah, skill ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengajar anak-anak di kompleks tempat tinggal Anda melalui kegiatan les privat atau kursus. Agar mendapatkan siswa kursus dengan jumlah yang banyak, perlu rasanya untuk melakukan promosi baik promosi secara langsung maupun promosi tidak langsung (dengan pamflet, booklet, stiker, dll). Bantu ajari anak-anak dengan skill dan bidang yang Anda kuasai.

Laundry

Ide bisnis ini juga menarik dan Anda bisa melakukannya di rumah sembari fokus mengurus keluarga dan rumah. Anda cukup bermodalkan mesin cuci, detergen dalam jumlah banyak, pewangi pakaian, dan pewangi setrika, bisnis ini sudah bisa Anda operasikan. Meski terlihat mudah, bisnis laundry memerlukan ketelitian esktra karena Anda harus bisa menjamin bahwa pakaian yang Anda cuci benar-benar bersih dan wangi. Anda juga harus teliti agar pakaian yang telah bersih dan telah dikemas rapi tidak tertukar dengan pakaian klien-klien lain.

Salon Kecantikan

Ide bisnis ibu rumah tangga seperti salon kecantikan hanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki skill khusus dalam memangkas rambut, perawatan rambut dan wajah serta merias wajah. Bila perlu, manfaatkan ruang kosong di rumah Anda untuk dijadikan salon. kemudian lengkapi salon Anda dengan berbagai peralatan dan perlengkapan salon yang biasa dijumpai di salon-salon pada umumnya. Tidak perlu membeli peralatan dan perlengkapan salon yang mahal, lengkapi saja dulu dengan perlengkapan dan peralatan salon yang sederhana.

Penulis atau Kontributor Lepas (Penulis Freelance)

Nah, untuk ide bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga satu ini, cocok sekali dengan Anda yang hobi berinternet. Sayangnya, pekerjaan ini terbatas untuk Anda yang memiliki keahlian menulis yang baik. Jika memang Anda merasa memiliki skill menulis yang baik, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Ada banyak sekali situs online yang memerlukan penulis lepas untuk mengisi blog atau website mereka.

Toko Online

Sepertinya sebagian besa ibu rumah tangga tertarik untuk mencoba bisnis toko online dengan alasan praktis namun cepat membuahkan keuntungan yang menjanjikan. Dengan toko online yang Anda miliki, Anda dapat menjual produk hasil buatan Anda sendiri atau bisa juga menjualkan produk orang lain alias sebagai reseller. Keduanya sama-sama menguntungkan.

Bisnis Kos-Kosan

Anda tinggal di kompleks yang dekat dengan sekolah, kampus, atau pusat industri/ perkantoran? Anda miliki beberapa kamar kosong di rumah Anda? Kondisi semacam ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis kos-kosan. Ide bisnis ini terbilang sebagai salah satu ide bisnis dengan potensi penghasilan besar hanya dengan menyewakan kamar kos saja.

Itulah beberapa ide bisnis yang kiranya sesuai untuk ibu rumah tangga. Jadi, Anda ngin mencoba beberapa ide bisnis ibu rumah tangga?