5 Trik Jitu Jual Beli Rumah Modal Minim copy

Saat ini bisnis properti, termasuk bisnis jual beli rumah, begitu diminati oleh tak hanya para pebisnis yang telah berpengalaman, bahkan para pemula pun turut tergiur untuk mencoba ide bisnis yang satu ini. Betapa tidak? Bisnis properti tentunya sangat berpotensi untuk menghasilkan laba yang besar. Bahkan hanya sebagai agen jual-beli properti pun, kita sudah bisa mendapatkan keuntungan yang relatif besar. Lantas, adakah cara jitu untuk jalankan bisnis properti yang sukses agar mendapatkan laba yang besar namun dengan modal yang minim? Beberapa tips berikut dapat membantu Anda:

Negosiasi Pembayaran
Bisnis jual beli rumah sebenarnya bisa dimulai hanya dengan modal kecil saja. Hanya saja banyak orang yang mengira bahwa ketika akan memulai suatu bisnis di bidang properti, kita harus mengeluarkan modal ratusan juta rupiah bahkan lebih. Dengan modal relatif kecil, kita bisa lakukan negosiasi pembayaran. Anda bisa gunakan sistem termin, yaitu dengan melakukan pembayaran di awal lalu lakukan pelunasan di beberapa bulan setelahnya. Selama tenggat waktu, Anda bisa lakukan renovasi beberapa bagian rumah yang terlihat kurang layak dan lakukan penawaran. Dengan ide seperti ini, diharapkan rumah yang telah Anda beli sudah terjual ke pembeli lain sebelum tanggal jatuh tempo pelunasan.

Kemas Bisnis Properti ini Sebagai Investasi
Investasi bisa juga berupa bangunan properti seperti bangunan rumah. Bahkan investasi dalam bentuk bangunan rumah atau jenis properti lainnya bisa dibilang sangat menguntungkan. Mengapa? Karena nilai jual tanah atau bangunan relatif terus naik serta stabil setiap tahunnya. Akan tetapi, Anda harus bisa menarik pasar dan membuat pasar memandang bahwa rumah yang Anda tawarkan tak hanya sekedar hunian saja, melainkan juga sebuah bentuk investasi. Oleh karenanya, Anda harus menunjukan potensi dan nilai ekonomis dari rumah yang hendak Anda tawarkan. Anda juga harus mempertimbangkan harga yang akan Anda tawarkan, nilai KPR-nya, potensi perubahan harga untuk beberapa tahun ke depan, dan potensi-potensi ekonomis lain seperti potensi lingkungan.

Baca juga: 3 Strategi Dapatkan Kredit Rumah Tanpa DP

Wajib Paham dengan yang Namanya Biaya dan Harga Pasar
Terkadang para pebisnis properti melakukan kesalahan fatal, misalnya saja soal ketidak-pahaman soal biaya dan harga properti. Rumah yang telah Anda beli mungkin masih perlu direnovasi atau minimal dilakukan peremajaan (pengecatan ulang) agar rumah terlihat lebih menarik. Tentunya wajib bagi Anda untuk perhitungkan semua biaya renovasi/ peremajaan ini sebelum Anda menentukan harga jual rumah. Meski begitu, tetap pastikan bahwa harga jual yang Anda tawarkan kepada pasar sesuai atau tak beda jauh dengan harga pasaran. Jangan sampai Anda membanderol harga jual properti terlalu jauh dari harga pasaran.

Pahami Aturan Perpajakan Properti dan Hukum
Anda para pebisnis properti pemula juga wajib mempelajari dan memahami segala aturan hukum dan perpajakan properti karena nantinya akan terus berkutat dengan dua hal ini. Mengapa? Karena masalah hipotek dan properti tergolong rawan pelanggaran hukum serta kesalahan dalam menghitung nilai pajak. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengantisipasi dua kemungkinan di atas dengan cara benar-benar memahami semua hukum dan aturan yang berkaitan dengan perpajakan properti. Tentu Anda tak ingin tersandung kasus hanya karena bisnis properti yang sedang Anda jalankan, bukan?

Awali Bisni jual beli rumah dengan Implementasi Manejemen Sederhana
Sebagian besar pelaku bisnis properti hanya fokus pada jual-beli rumah serta pengelolaan keuangan saja. Sementara untuk urusan konstruksi, hukum, dan perencanaan diserahkan kepada mitra. Saat ini muncul banyak penyedia jasa konstruksi profesional yang menawarkan perencanaan dan cara kerja yang lebih baik bila dibandingkan ketika Anda mengelola bisnis properti Anda dengan tangan sendiri. Ide pemanfaatan jasa ini cukup menarik untuk dicoba dan Anda pun bisa fokus pada kegiatan lainnya, seperti pencarian properti baru dan pemasaran properti yang dilakukan secara intensif.

Demikianlah beberapa tips dalam menjalankan bisnis jual beli rumah dengan untung yang menjanjikan. Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti.