bisnis modal kecil

Pada realita sekarang ini, pengangguran di Indonesia masih cukup banyak. Hal ini berbanding terbalik dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Hal ini wajar, mengingat pemuda atau usia produktif Indonesia merupakan yang terbanyak di Dunia. Untuk itu, untuk mendapatkan pekerjaan tidaklah mudah. Oleh karena itu, baik pemerintah maupun lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi, terus menanamkan rasa wira usaha kepada para mahasiswa. Hal ini diupayakan agar mahasiswa nantinya memiliki jiwa wira usaha, dan setelah lulus dapat membuka lowongan pekerjaan bahkan menjadi problem solver bagi lingkungan sekitarnya. Namun, masalahnya, dibutuhkan modal untuk memulai Bisnis. Maka, anda bisa memulia dengan bisnis modal kecil. Pada artikel ini akan dijewantahkan ide bisnis modal kecil yang layak dicoba ini. So stay tuned.

Ide Bisnis Modal Kecil yang Layak Dicoba

1. Membuka Konter Pulsa

Walaupun tidak bisa dibilang sebagai problem solver bagi lingkungannya. Tapi paling tidak bisnis modal kecil ini bisa dijadikan problem solver bagi perekonomian anda sendiri. Dengan modal yang relative kecil, anda bisa membuka konter pulsa. Karena, setiap orang pasti membutuhkan pulsa, maka di harapkan bisnis ini akan mendatangkan uang ke kantong anda.

2. Bisnis Tur Luar dan Dalam Negeri

Saat ini, banyak usaha tur atau traveling ala backpacker ke luar maupun dalam negeri. Dengan mengandalkan sosial media, anda bisa membuka bisnis ini. Caranya, anda bisa melakukan survey terkait tempat yang akan didatangi terlebih dahulu, cari juga orang yang berpengalaman atau tour guide untuk membantu anda. Setelah itu tawarkan paket yang unik, seperti paket romantic khusus newlywed dll.  Anda bisa menawarkan paket dengan mulai 500 ribu, setelah itu traveler diminta menabung pada anda. Hal ini untuk menarik minat para traveler yang minim budget dan kesusahan menabung.

3. Membuka Katering Sayur dan Bumbu Mentah

Ibu-ibu muda di jaman sekarang ini sangat sibuk dengan karirnya. Namun, meski begitu, ereka tetap ingin memuaskan keluarga kecilnya. Salah satunya dengan masakan yang lezat. Dibandingkan harus membeli sayur dll. Mereka akan lebih senang jika ditawari paket sayur, misalnya sepaket sayur capcay dengan bumbunya, plus di antar ke rumah langsung. Sehingga, para ibu tinggal memasak, dan tidak perlu bingung dengan menunya. Yang perlu anda perhatikan, carilah peramu bumbu yang enak, selain itu, selalu sediakan sayuran yang segar.

4. Kue Kering

Kue kering, mau di perayaan besar ataupun tidak pasti disukai. Oleh karena itu, bisnis ini cukup potensial. Yang penting, selalu buat inovasi terbaru dengan resep dan bentuk yang akan menarik pembeli. Selalu tawarkan pelayanan yang maksimal dan ramah, karena banyak orang yang membuka bisnis ini.

5. Membuka Laundry

Untuk membuka laundry kecil-kecilan, yang dibutuhkan hanya mesin cuci satu ataupun dua. Dan cukup murah sebenarnya. Selain itu, sediakan juga berbagai parfum cucian yang akan menarik peminat. Selalu persembahkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan adalah yang harus dilakukan jika ingin membuka usaha ini. Jangan sampai anda telat atau merusak baju pelanggan. Selain itu, bisa juga dengan sistem jemput bola, dimana anda yang mengambil dan mengantar laundryan sebelum dan seduah di cuci. Hal ini akan sangat menarik pelanggan, karena di jaman seperti sekarang, manusia menyukai hal yang praktis dan tidak merepotkan.

Itulah tadi artikel terkait ide bisnis modal kecil. Semoga dapat membantu semua orang yang ingin membuka bisnis.