suku bunga KPR BTN 2017

Bagi Anda yang sedang mengimpikan memiliki rumah pribadi, KPR dari Bank Tabungan Negara (BTN) tentu bukanlah hal yang asing di telinga Anda. KPR BTN adalah kredit pemilikan rumah dari BTN yang bekerja sama dengan Pemerintah. Program tersebut dibuat dengan harapan dapat membantu masyarakat untuk mencicil rumah dengan harga cicilan yang sesuai dengan kemampuan finansialnya. Karena itulah, suku bunga yang ditetapkan di dalam KPR BTN awalnya sangat rendah dan cicilannya pun tetap dalam waktu yang berjangka. Bahkan, KPR BTN juga menyesuaikan dengan jenis rumah yang dicicil, yakni rumah tapak atau rumah susun. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang suku Bunga KPR BTN 2017.

Pada awal dikeluarkannya program KPR BTN, penetapan suku Bunganya hanyalah sebesar 5 persen selama jangka waktu kredit hingga terlunasi. Tentunya, banyak orang tertarik untuk mengambil program tersebut karena suku bunga yang terbilang murah. Terlebih lagi, proses pengajuannya mudah dan cepat serta hanya memerlukan pembayaran uang muka sebesar 1 persen dari total harga rumah yang akan dicicil. Bahkan, pihak BTN memberikan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran kepada nasabah yang mengambil program KPR BTN. Berbagai keunggulan di atas membuat program KPR BTN menjadi solusi bagi banyak keluarga kecil menengah yang ingin memiliki kediamannya sendiri tanpa harus mengontrak.

Membahas lebih lanjut tentang suku bunga, ada jumlah yang terus mengalami perubahan pada KPR BTN dari tahun ke tahun. Di tahun 2013, suku bunga KPR BTN mencapai 10 persen sehingga termasuk ke dalam bank dengan suku bunga paling rendah, mengalahkan Bank Central Asia (BCA). Di tahun 2014, angka suku bunganya naik cukup drastis menjadi 11,5 persen. Namun, turun naiknya suku bunga KPR BTN terus terjadi. Dalam dua tahun terakhir, suku bunga KPR BTN mengalami penurunan tipis yakni sebesar 10,45 persen (2015) dan 10,25 persen (2016). Adanya perubahan suku bunga tentu tidak hanyak dialami oleh BTN saja, namun perusahaan perbankan lainnya juga mengalaminya karena adanya keputusan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pembatasan bunga deposito.

Untuk tahun 2017, suku bunga KPR BTN mengalami kenaikan yang cukup besar yakni sebesar 11,75 persen. Jumlah tersebut menjadi yang paling tinggi apabila dibandingkan dengan tingkat suku bunga dalam lima tahun terakhir. Beberapa informasi dan wacana tentang rencana penurunan suku bunga untuk KPR BTN sempat berhembus namun hingga kini belum ada pengumuman resmi tentang penurunan tersebut. Pihak BTN menjelaskan bahwa hal tersebut belum dapat direalisasikan lantaran acuan tingakat suku bunga di Bank Indonesia belum mengalami perubahan. Kendati demikian, penurunan suku bunga KPR BTN masih bisa terjadi hingga akhir tahun 2017.

suku bunga KPR BTN 2017

Meski saat ini tingat suku bunga KPR BTN sedang tinggi, Anda tidak perlu mengurungkan niat Anda untuk mengambil cicilan rumah karena semakin lama, harga property semakin naik. Saat Anda telah memiliki rezeki, segeralah ambil keputusan untuk membeli rumah idaman Anda. Apabila Anda ingin mengambil jalur cicilan lewat KPR BTN, segeralah lihat persyaratan yang harus Anda lengkapi di laman resmi BTN. Sekian informasi tentang suku bunga KPR BTN 2017. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.