Produk Produk Bank

Sebagai suatu layanan penyedia yang bergerak di bidang perbankan bank merupakan layanan yang paling dibutuhkan saat ini dimanapun karena memiliki banyak kegunaan dan juga produk produk bank yang semakin berkembangnya zaman memiliki banyak model. Sebagai layanan yang berfungsi untuk menyalurkan dana dan juga mengumpulkan dana menyediakan keuntungan untuk penggunanya tetapi setiap layanan selain memiliki keuntungan pasti memiliki risiko yang akan muncul juga.

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui beberapa keuntungan sekaligus risiko yang akan datang dari setiap jenis produk dari bank kamu juga harus paham dengan karakteristik dari produk yang nantinya akan kamu pilih. Maksud dari karakteristik disitu adalah setiap produk memiliki manfaat yang berbeda juga, tentunya berbeda dari fungsi setiap banknya untuk penerbitan produk keuangannya. Nih beberapa produk bank yang ada di layanan perbankan indonesia.

  • Tabungan

Produk yang paling banyak dan tersedia dari setiap pelayanan perbankan ini merupakan produk yang paling dikenal masyarakat. Produk ini tidak hanya memiliki satu jenis produk tetapi telah berkembang pesat dan memiliki banyak jenis dari tabungan haji, tabungan rencana, dan tabungan tabungan haji.

Dengan produk ini juga kita dapat menyimpan uang secara aman dan teratur. Setiap perusahaan juga sekarang memilih produk ini untuk karyawannya untuk pembayaran gaji bulanannya. Nah produk ini juga memiliki banyak karakteristik seperti.

Buku Tabungan

Jika kamu menggunakan produk ini sebagai tempat penyimpanan dana maka kamu akan mendapatkan buku rekening sebagai suatu bukti dan informasi transaksi kamu. Memang, Beberapa layanan perbankan juga sekarang ada yang menyediakan pilihan buku tabungan secara digital tetapi dengan beberapa pertimbangan tentunya orang-orang akan lebih memilih buku tabungan secara fisik.

Kartu ATM

Dengan membuka rekening tabungan selain mendapatkan buku tabungan kamu juga akan mendapatkan kartu ATM. fasilitas ini memiliki fungsi sebagai pengambilan dana yang telah kamu tabungan di Bank lalu kamu dapat mengambilnya di ATM yang tersedia di beberapa daerah kamu.

Setoran Awal

Setiap layanan perbankan atau bank memiliki setiap aturan mengenai karakteristik ini. Setoran awal disini merupakan dana awal dari pembukaan rekening agar nanti bank bisa mengendapkan sedikit dana tersebut dari setoran awal yang kamu setorkan. Range setoran awal di setiap bank juga beragam dari Rp. 100.000 – Rp. 500.000,-

Bunga

Dengan layanan perbankan konvensional ini tentunya pasti memiliki karakteristik Bunga. Dengan adanya karateristik ini tentu beberapa nasabah akan mengharapkan suatu keuntungan dari transaksi yang dilakukan lewat layanan perbankan ini. Mungkin memang yang dihasilkan keuntungannya tidak seperti investasi tetapi tentu akan tetap menguntungkan apabila kamu menabung secara terus menerus.

Biaya Bulanan

Karena suatu lembaga yang menyediakan layanan atau jasa tentunya mereka juga perlu mengelola layanannya agar semakin baik agar mendukung layanan tersebut pastinya mereka membutuhkan biaya. Oleh sebab itu, bank memiliki biaya bulanan bagi setiap nasabah yang membuka rekeningnya. Biaya tersebut juga beragam dari setiap produk ataupun produk tambahan yang kamu ambil.

Lalu apa sih manfaatnya nabung di Bank? Dengan banyaknya karakteristik tentu membuat layanan menabung di bank menjadi suatu produk yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan itu, manfaat yang di dapat pun sangat banyak diantaranya.

Kemudahan

Transaksi yang mudah karena setiap layanan perbankan biasanya menyediakan layanan secara mobile atau yang biasa disebut internet banking yang bisa kita gunakan dimana saja kapan saja. Selain itu, dengan tersedianya ATM di setiap mini market maupun jalan untuk melakukan penarikan memudahkan kita untuk transaksi.

Terjamin

Jika kita membandingkan dengan menyimpan uang kamu di suatu tempat tentu tidak ada yang menjamin apabila terjadi kehilangan ataupun kerusakan. Dengan menabung di bank ini maka kamu akan mendapatkan jaminan dari pemerintah juga lewat LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Berkembang

Salah satu manfaat terbaik, kamu akan memilki kesempatan membuat uang kamu bertambah karena memiliki sistem bunga jadi kemungkinan uang yang kamu tabungkan secara otomatis dengan ketentuan yang sudah ditentukan setiap bank itu sendiri.

Keamanan

Dengan menabung di bank juga keamanan uang kamu tidak perlu dikhawatirkan karena di bank memberikan segala macam bentuk pengamanan dari segi sistem maupun dari penanganannya secara langsung.

Hemat

Yang terbaik dari semua manfaat diatas adalah dengan menabung dimanapun itu akan membuat kamu memiliki simpanan untuk masa depan, untuk keadaan darurat maupun kebutuhan apapun itu.

  • Deposito

Deposito merupakan suatu produk yang dikeluarkan oleh layanan perbankan yang banyak orang manfaatkan juga. Selain untuk, mendapatkan keuntungan deposito juga dimanfaatkan banyak orang menyimpan uang secara lebih aman. di lain sisi ada beberapa yang perlu diperhatikan dari produk ini seperti contoh apabila kita memiliki deposito dengan jangka waktu pengambilan 12 bulan lalu kita ambil pada bulan ke 10 maka kamu akan dikenakan denda atau pinalti dari uang yang kamu simpan tersebut.

Deposito juga memiliki karakteristik antara lain.

Jatuh Tempo

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kamu harus memperhatikan poin ini agar menjadi perhatian kamu karena biasanya untuk mengajukan deposito setiap bank telah membuat peraturan mengenai jatuh tempo kapan bisa kamu cairkan ataupun mengenai perpanjangan secara otomatis.

Jangka Waktu Penyimpanan

Deposito juga memiliki waktu penyimpanan dari 3, 6, 12 sampai 24 bulan selain itu kamu juga bisa menyimpan uang kamu dalam berbagai bentuk mata uang selain rupiah seperti dollar, euro ataupun mata uang lainnya.

Dengan jangka waktu itu biasanya manfaat yang didapatkan bagi pengguna deposito juga lebih baik keuntungannya dibandingkan dengan tabungan biasa maupun giro.

Jadi apa saja sih manfaat deposito dari jangka waktu yang telah ditentukan?

Pengelolaan Yang Terencana

Dengan keuntungan yang bisa kamu perkirakan di awal pengajuan deposito tentunya kamu bisa memikirkan mau diapakan dana ini apabila cair jadi rencana kamu dapat berjalan baik.

Keuntungan

Dengan bunga yang bisa kamu dapatkan dari 6-7 persen pertahun membuat keuntungan yang didapat jauh lebih baik dibandingkan dari bunga tabungan yang memiliki bunga 0,5-2 persen.

Bisa Dijadikan Jaminan

Salah satu keuntungan dari deposito adalah bisa dijadikan jaminan. biasanya orang akan mengajukan suatu pinjaman dengan jaminan nah ini masih menjadi kendala dengan tidak ada yang bisa dijadikan jaminan. Dengan memiliki deposito kamu bisa menjadikannya sebagai alat untuk jaminan kamu dalam mengajukan suatu pinjaman.

LPS Sebagai Penjamin

Apabila bank tempat kamu depositkan uang kamu mengalami kebangkrutan jangan takut uang kamu akan hilang secara cuma-cuma. Karena, lembaga penjamin simpanan akan menjamin dana kamu. Tetapi maksimal yang dijamin yakni 2 milyar selebihnya tidak akan dijamin oleh lembaga tersebut.

  • Giro

Beberapa orang mungkin masih belum mengerti apa perbedaan dari Tabungan dan giro karena fungsinya yang sama-sama menyimpan uang di bank. Nah berikut karakteristik dari giro :

Jenis Penarikan

Untuk mencairkan dana yang terdapat di giro tidak dapat mengandalkan teller ataupun ATM. untuk mencairkan dana kamu harus menggunakan bilyet giro ataupun cek.

Jenis Nasabah

Biasanya Giro ini ditujukan bagi sebuah badan usaha tetapi banyak juga perorangan yang mulai mengikuti Giro ini.

Syarat Membuka Rekening

Dengan membuka rekening Giro ini beberapa data diperlukan seperti kartu identitas juga membutuhkan pengisian formulir yang nanti akan diberikan oleh pihak bank. Selain itu, yang terpenting adalah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk membuka rekening Giro ini.

Selain itu pasti giro memiliki manfaat yang cukup baik diantaranya :

Transaksi Yang Semakin Lancar

Mungkin bagi suatu perusahaan yang menggunakan Giro sangat mengerti betapa mudahnya menggunakan Giro ini untuk kegunaan dalam pembayaran gaji karyawan karena dengan ini tidak perlu lagi melakukan pembayaran gaji secara manual.

Aman dan Praktis

Dengan menggunakan Giro ini juga akan mengurangi risiko yang ada. tentu, apabila kamu membawa uang dengan jumlah yang cukup banyak ini sangat berisiko dari mulai kejatuhan ataupun berbagai kejahatan yang bisa timbul akibat itu. Jadi jika kita memiliki rekening Giro ini kamu tidak perlu repot membawa uang dengan jumlah yang banyak.

Tidak Memiliki Limit

Untuk kamu yang sering melakukan transaksi harian dengan jumlah yang cukup banyak pada hariannya tentu ini akan menjadi manfaat yang penting karena, Giro ini tidak ada batasan hariannya dalam melakukan transaksi selama saldo Giro yang kamu miliki mencukupi maka kamu bisa tarik sesuai yang kamu mau.

Bunga

seperti produk lainnya, kamu juga bisa mendapatkan bunga dari uang yang kamu endapkan pada rekening Giro kamu.

  • Kredit

diantara Produk Produk bank lainnya produk ini merupakan produk yang sangat fungsional bagi para masyarakat. Produk yang ini akan sangat membantu bagi suatu badan usaha maupun perorangan untuk memudahkan mereka. Setiap pengajuan kredit juga tentu memiliki ‘kesepakatan’ yang harus dicapai oleh kedua belah pihak diantaranya Agunan atau Jaminan, biaya administrasi, bunga, cara pembayaran, jangka waktu dan tentunya asuransi. Semua kesepakatan itu nantinya dibutuhkan bagi kedua belah pihak. Selain itu dibawah ini beberapa manfaat kredit yang cukup banyak diantaranya.

  • Menjadikan modal usaha
  • Menambah pendapatan masyarakat
  • Mengembangkan usaha
  • Membuat tumbuh ekonomi
  • Mengurangi pengangguran

Banyak sekali kan keuntungan dari Produk Produk Bank ini? Tetapi disamping itu jangan lupakan juga risiko yang ada. Pengelolaan yang tepat dapat menjadikan risiko yang ada menjadi keuntungan.

“everything will get easier when you make an effort”