Lembaga Keuangan Non Bank

Jaman sekarang sudah banyak bermacam-macam bank resmi di Indonesia. Ada banyak orang yang percaya untuk menabung di bank karena aman dan berbagai kepraktisan yang ditawarkan. Selain penyimpanan uang, ada beragam jasa yang ditawarkan bank seperti program kredit atau peminjaman uang. Namun, saat ini ada juga berbagai pihak yang bukan dari perusahaan perbankan namun bergerak dalam bidang pengelolaaan uang. Pihak tersebut dikenal dengan lembaga keuangan non bank.

Pertama-tama, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai bank. Bank adalah sebuah lembaga intermidasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang. Kata bank berasal dari bahasa Italia yaitu banca  yang arti nya penukaran uang. Bank petama kali didirikan dalam bentuk sebuah firma pada umumnya pada tahun 1960, pada saat kerajaan Inggris berkemauan merencanakan membangun kembali kekuatan armada lautnya untuk bersaing dengan kekuatan armada laut Perancis. Sejarah mencatat asal mula dikenalnya kegiatan perbankan adalah pada zaman keraajan tempo dulu di daratan Eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang.

Perkembangan perbankan di Asia, Afrika dan Amerika di bawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke ngeara jajahan nya baik di Asia, Afrika, maupun benua Amerika. Dalam perjalanan kerajaan pada masa dahulu penukaran uangnya dilakukan antar kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lain. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan Pedagang Valuta Asing (Money Changer). Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, kegiqatan operasional perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang atau yang disebut sekarang ini kegiatan peminjaman uang. Jasa perbankan diberikan untuk mendukung kelancaran menghimpun dan menyalurkan dana, baik yang berhubungan langsung dengan kegiatan simpanan kredit maupun tidak langsung. Contoh jasa perbankan antara lain adalah jasa setoran seperti setoran listrik atau air, jasa pengiriman uang (transfer), jasa penagihan (inkaso), penjualan mata uang asing, jasa cek wisata, kartu kredit dan jasa bank lainnya.

Lembaga Keuangan Non Bank adalah sebuah lembaga / badan keuangan yang menyelenggarakan jasa layanan keuangan selain yang diselenggarakan oleh bank. Lembaga ini dibuat dengan tujuan mendorong pengembangan pasar uang dan pasar modal, juga untuk membantu permodalan perusahaan, terutama para pengusaha lemah.

Contoh dari Lembaga Keuangan Non Bank yang pertama adalah pegadaian. Pegadaian adalah lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman jangka pendek dengan jaminan tertentu. Di Indonesia, usaha gadai masih dikuasai oleh satu perusahaan milik pemerintah, yang merupakan perusahaan BUMN di bawah departemen keuangan. Kedua adalah perusahaan sewa guna usaha (leasing), kegiatan utama nya adalah bergerak di bidang pembiayaan keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabah. Contoh dari perusahaan leasing yaitu PT. Adira, PT. FIF, dan PT. SINARMAS yang bergerak di bidang leasing kendaraan dan PT “ Columbia “ yang mengusahakan bidang elektronik.

Nomor tiga yaitu Koperasi simpan pinjam. Pengertian koperasi simpan pinjam adalah lembaga berbentuk koperasi yang menghimpun dana dari anggotanya kemudian di salurkan kembali  kepada anggota dan masyarakat umum. Jika meminjam biasa nya di kenakan bunga relatif rendah karena modal yang umum nya di miliki koperasi terbatas. Keempat ada perusahaan asuransi.

Lembaga Keuangan Non Bank

Asuransi adalah lembaga keuangan bukan bank yang menyediakan jasa penjaminan/ pertanggunan terhadap risiko yang akan di hadapi oleh nasabah. Perusahaan asuransi dapat bergerak di bidang asuransi kredit, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran, asuransi beasiswa, asuransi hari tua dll. Di nomor lima ada pasar modal (Bursa Efek), merupakan tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara para pencari dana (emiten) dan para penanam modal (investor). Pasar modal atau bursa efek yang ada di Indonesia adalah Bursa Efek Indonesia (BEI).

Diatas adalah sedikit informasi tentang Lembaga Keuangan Non Bank. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda.

Optimize your Passion !