Sumber: bank-indo.com

Mengembangkan usaha memang bukanlah perkara yang mudah bagi para pemula dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak? Kendala modal menjadi salah satu hal yang ditakuti oleh para pebisnis pemula. Maka dari itu, pemerintah Indonesia memberikan titik cerah terhadap para pebisnis pemula yang belum memiliki modal, dengan menawarkan kredit tanpa agunan BRI yang kemudian diserahkan kepada lembaga perbankan di Indonesia.

Selain pinjaman modal, pihak perbankan pun memberikan penawaran pinjaman sejumlah uang tunai kepada para nasabah yang memiliki kebutuhan mendesak, namun belum bisa membayar kebutuhan tersebut. Pinjaman ini pun juga tidak mengharuskan jaminan bagi yang ingin melakukan pinjaman. Kedua jenis pinjaman ini pun selanjutnya disebut dengan istilah ‘Kredit Tanpa Agunan’.

Bank BRI adalah salah satu bank yang ditunjuk oleh pemerintah atas program pinjaman tanpa agunan tersebut. Program tersebut oleh Bank BRI dikemas dalam berbagai macam produk. Salah satu produk dari kredit tanpa agunan BRI adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit ini merupakan pinjaman yang ditujukan untuk melancarkan usaha mikro di pedesaan maupun perkotaan. Program ini bisa dibilang sangat membantu rakyat yang ingin melakukan usaha kecil, karena pinjaman bisa didapatkan dengan memenuhi persyaratan yang mudah, proses yang cepat, serta bunga yang tidak terlalu tinggi.

KUR menjadi salah satu program pinjaman yang tidak mensyaratkan adanya jaminan kecuali jaminan usaha. Maksud dari jaminan usaha disini adalah suatu bukti dari para peminjam telah menggunakan dana pinjaman untuk keperluan usaha atau bisnisnya. Misalnya saja adanya surat keterangan resmi, seperti surat izin usaha, akta pendirian perusahaan, dan lain-lain.

Syarat yang diberikan kepada calon nasabah dalam mengajukan kredit tanpa agunan BRI hampir sama dengan persyaratan dari bank-bank lainnya. Misalnya saja, beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, NPWP, SIUP, dan dokumen penting lainnya yang memang dibutuhkan. SIUP di sini berfungsi sebagai bukti bahwa peminjam memang benar menjalankan sebuah usaha. Dengan begitu, pihak bank akan yakin bahwa peminjam mampu membayar cicilan yang diambil dari keuntungan usaha yang tengah dijalankan. Kredit tanpa agunan dari Bank BRI ini memiliki beberapa manfaat yang pasti memberikan kemudahan bagi calon peminjam.

Pelayanan prima BRI. Sumber: bekasibusiness.com

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Pengajuan KTA BRI Ditolak

Manfaat pertama yang dapat anda rasakan adalah, Bank BRI merupakan salah satu bank yang memiliki cabang dengan jumlah terbanyak dan tersebar di Indonesia. Hampir di setiap desa maupun kecamatan terdapat kantor representatif dari Bank BRI. Bahkan, fasilitas ATM pun sudah dapat anda temukan di hampir setiap tempat.

Sehingga, anda tidak perlu repot-repot pergi ke tempat yang jauh dari tempat tinggal anda apabila ingin melakukan pinjaman, karena pengajuan kredit BRI tanpa agunan ini bisa dilakukan di kantor cabang bank BRI. Kemudian, jika anda merupakan nasabah dari bank tersebut, tentunya anda akan lebih mudah dalam melakukan pinjaman kredit tanpa agunan BRI.

Terlebih lagi, sebagai nasabah anda sudah mengetahui sistem dasar keuangan BRI dalam melayani pelanggannya. Registrasi untuk melakukan kredit tanpa agunan di BRI juga tidak perlu mendatangi bank nya secara langsung. Pihak Bank BRI telah memberikan fasilitas pendaftaran lewat situs online agar anda bisa mempersiapkan segala syarat yang dibutuhkan dengan lebih efisien. Anda hanya perlu mengisi formulir yang telah tersedia dan meng-klik fitur “bandingkan sebagai tanda persetujuan debitur”.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk antre di bank dan membutuhkan dana segera dengan jumlah yang banyak. Selain itu, ketika anda sudah menjadi debitur di bank BRI, anda akan mendapatkan keringanan seperti persyaratan yang mudah, proses yang cepat, jumlah cicilan yang rendah dan juga suku bunga yang ringan. Biasanya, pada program yang satu ini pihak BRI akan memberikan suku bunga pinjaman mulai dari 0,96% per bulan.

Mengajukan peminjaman kredit tanpa agunan BRI untuk akses pemodalan tergolong mudah bila semua dokumen penting sudah anda persiapkan dan anda memiliki riwayat kartu kredit BRI yang bersih atau tidak sedang mengikuti program pembiayaan dari lembaga keuangan lain. Masing-masing program yang ditawarkan memiliki kekurangan dan kelebihan.

Sebenarnya, pebisnis tak perlu takut dengan embel-embel bunga dan agunan. Keduanya akan selalu ada setiap kali pebisnis meminjam uang ke lembaga keuangan, entah itu bank ataupun non-bank. Perlu diperhatikan secara seksama besaran bunga per tahun dan agunan yang disyaratkan oleh pihak penyalur dana. Sejauh ini, BRI termasuk salah satu lembaga keuangan Bank terpercaya bagi para pebisnis, khususnya sektor kecil menengah.

Jadi, sudah menentukan pilihan untuk mengajukan kredit tanpa agunan BRI hari ini? Jika masih ada yang belum jelas, jangan sungkan untuk langsung berkunjung ke kantor BRI terdekat atau juga menghubungi call center BRI. Selamat berbisnis.

Please follow and like us:
20