4 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang efisien

Jika sebagai masyarakat umum, kita diwajibkan untuk memiliki BPJS Kesehatan yang merupakan asuransi kesehatan skala nasional, sedangkan sebagai pekerja kita diwajibkan dan sangat disarankan untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan selama wilayah kerja dan perusahaan yang menaungi kita masih berada di Indonesia. Perusahaan baik swasta maupun nasional juga dianjurkan untuk mendaftarkan para pegawainya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena sudah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. Selain memiliki beberapa manfaat dan keuntungan, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kini juga semakin mudah dan efisien.

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, salah satu manfaat yang paling nyata adalah kita akan mendapatkan jaminan perlindungan/proteksi selama kita bekerja di perusahaan. Manfaat lain dari BPJS Ketenagakerjaan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menanggulangi resiko sosial yang terjadi akibat musibah kecelakaan kerja yang dialami oleh pekerja.
  • Memberikan kepastian mengenai Jaminan Hari Tua maupun pensiun.
  • Mengutamakan pelayanan yang prima bagi para peserta dalam memberikan layanan.

Jika Anda telah menyelesaikan masa kerja Anda dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 5 tahun, maka nantinya Anda akan mendapatkan bantuan finansial yang berasal dari akumulasi iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Anda lakukan setiap bulannya atau biasanya secara otomatis terpotong dari gaji bulanan Anda. BPJS dapat membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman dengan proteksi yang disediakan. Sementara itu, untuk melakukan cek saldo BPJS Anda dapat dilakukan dengan 4 langkah mudah.

Berikut adalah 4 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan :

  1. Datangi langsung kantor BPJS

Cara tradisional untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda saat ini adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat dari tempat tinggal maupun perusahaan tempat Anda bekerja. Namun cara ini cukup membuang waktu karena bisa saja Anda harus antri. Untuk itu, jika kebetulan Anda sedang pada shift siang atau shift malam, Anda bisa melakukan cara konvensional untuk mengecek saldo BPJS Anda ini.

  1. Cek saldo melalui SMS

Jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk berkunjung maupun mengantri di kantor BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda bisa dengan mudah melakukannya dengan ponsel Anda, yaitu melalui layanan SMS. Caranya, daftarkan terlebih dahulu nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan cara ketik REG#Nomor BPJS Anda#Tanggal Lahir#Nama ibu kandung, lalu kirim ke nomor 08111009696. Setelah berhasil terdaftar, Anda akan mendapatkan balasan SMS berupa User ID BPJS. Selanjutnya, ketik SALDO#ID BPJS Anda lalu kirimkan ke nomor yang tertera.

  1. Via ATM bank

Adanya berbagai macam bank yang ada di Indonesia memang memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah jika Anda ingin mengecek saldo BPJS yang Anda miliki. Namun saat ini hanya dapat dilakukan melalui ATM Bank BNI saja. Menu cek saldo BPJS akan tertera pada salah satu menu pada layar ATM.

  1. Melalui situs web resmi dan aplikasi mobile BPJS

Masih ada lagi cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang juga sangat mudah dan efisien, yaitu melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan serta aplikasi mobile yang bisa Anda download melalui app store smartphone Anda. Namun untuk bisa mengecek saldo BPJS Anda, Anda harus lebih dahulu terdaftar dan memiliki User ID serta password. Lakukan registrasi nya di alamat https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja terlebih dahulu. Setelah mendapat User ID, login dan pilih menu “Cek Saldo JHT”.

 

Please follow and like us:
20