Cara Melunasi Utang yang Paling Ampuh

Hari-hari kamu saat ini mungkin terasa berat karena terus terpikirkan satu pertanyaan, “bagaimana cara melunasi utang yang saya miliki?”....

Putar Modal Bisnis Mudah dengan 7 Trik Ini!

Salah satu cara untuk mendapatkan dana yang dipergunakan sebagai modal usaha adalah melalui pinjaman bank. Ketika kamu berhasil mendapatkan...

6 Tokoh Sukses Ini Pernah 'Menikmati' Kegagalan, Lho!

Banyak orang yang mengatakan bahwa kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Begitu kata pepatah lama yang sering dipakai orang untuk...

Mau Memulai Usaha Sendiri? Simak Dulu 8 Motivasi Ini agar Usahamu Sukses Kelak!

Hai! Apakah kamu salah satu orang yang ingin membangun usaha sendiri? Jadi seorang pengusaha itu adalah pekerjaan yang susah-susah...

10 Cara Romantis Rayakan Valentine Tanpa Menguras Kantong!

Tanggal 14 Februari diperingati sebagai Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang setiap tahunnya. Biasanya akan banyak pasangan yang membuat...
Tips Trik
Cara Melunasi Utang yang Paling Ampuh
Bisnis
Putar Modal Bisnis Mudah dengan 7 Trik Ini!
Bisnis
6 Tokoh Sukses Ini Pernah 'Menikmati' Kegagalan, Lho!
Bisnis
Mau Memulai Usaha Sendiri? Simak Dulu 8 Motivasi Ini agar Usahamu Sukses Kelak!
Funny Money
10 Cara Romantis Rayakan Valentine Tanpa Menguras Kantong!
Cara Melunasi Utang yang Paling Ampuh
Tips Trik

Cara Melunasi Utang yang Paling Ampuh

Hari-hari kamu saat ini mungkin terasa berat karena terus terpikirkan satu pertanyaan, “bagaimana cara melunasi utang yang saya miliki?”. Berbagai hal menjadi lebih sulit karena kamu perlu senantiasa memutar otak dan menekan pengeluaran agar terus bisa membayar cicilan. Semakin lama, situasi ini membuat kamu lelah. Namun, percayalah, kamu tidak sendirian. Banyak juga orang yang sedang berjuang melunasi utang. Ada pula yang sudah berhasil.

Melunasi utang tentunya bukan hal yang mustahil. Namun sayangnya, gak ada cara melunasi utang yang instan dan mudah. Senjata paling ampuh adalah kemauan dan usaha keras untuk mengubah kebiasaan keuangan kamu. Lalu, disertai dengan doa agar kamu senantiasa diberi kekuatan untuk terus berusaha.

Komunikasikan dengan pasangan

Kamu bisa mengajak pasangan untuk duduk bersama dan membahas cara melunasi utang. Dengan cara demikian kamu bisa mendapatkan solusi yang mungkin saja tidak terpikirkan bila kamu memikirkannya sendirian. Bersama pasangan, kamu bisa mengeksplor kelebihan dan kekurangan dari tiap solusi dari masalah utang ini.

Membuat rencana untuk melunasi utang

Rencana melunasi utang ini bisa kamu awali dengan menulis daftar utang, dan mengurutkannya mulai dari bunga tertinggi hingga terendah. Daftar ini akan menjadi panduan skala prioritas, mana utang yang harus dilunasi segera dan mana yang masih bisa menunggu. Kemudian, segera bayarkan utang yang memiliki bunga terbesar. Menyegerakan pembayaran utang dengan bunga yang besar akan mencegah bunga yang semakin membengkak.

Lunasi utang dengan aset dan tabungan

Setelah menuliskan daftar utang, sekarang waktunya kamu menuliskan daftar aset dan tabungan. Aset seperti emas, perhiasan, jam mahal adalah contoh aset yang bisa kamu jual sebagai salah satu cara melunasi utang. Aset ini merupakan barang tersier dan bukan barang yang kamu butuhkan untuk hidup sehari-hari. Selain itu, gunakan tabungan untuk melunasi utang yang kamu miliki. Namun, jangan lupa untuk menyisakan sedikit tabungan untuk dana darurat.

Bagaimana jika tidak punya tabungan atau aset? Tidak masalah. Strategi yang bisa kamu terapkan adalah berhemat agar bisa menabung untuk menutup utang.

Harus ekstra berhemat

Bagi kamu yang sedang berjuang melunasi utang, hidup hemat adalah hal wajib. Terapkan trik-trik berhemat. Salah satunya, jika kamu biasa makan siang di luar saat istirahat bekerja, mulai saat ini usahakan untuk menghindari kebiasaan ini. Kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan dengan masak menu sederhana dan membawa bekal setiap hari.

Hitung juga pengeluaran transportasi. Jika ternyata membawa kendaraan pribadi lebih boros dari naik transportasi umum, tinggalkan kendaraan pribadi, atau sebaliknya. Serta masih banyak trik berhemat lainnya.

Berhenti gunakan kartu kredit

Bunga kartu kredit terbilang sangat besar, apalagi jika kamu terlambat membayar. Tentu saja bunga yang didapatkan menjadi semakin tinggi dan juga besar yang akan menyebabkan beban utang yang semakin besar. Pastikan kamu segera menutup utang kartu kredit dan tidak menggunakannya lagi. Meski perlu disegerakan, hindari mengajukan utang baru untuk membayar utang kartu kredit, atau utang lainnya. Strategi yang lebih baik adalah berhemat dan mencari penghasilan tambahan, bukan utang tambahan.

Mencari penghasilan tambahan

Penghasilan tambahan bisa membantu kamu melunasi utang lebih cepat. Namun tentu saja pilihlah pekerjaan yang halal dan legal. Contohnya, seperti menjadi agen penjual pulsa, membuka jasa mengetik, menjadi reseller toko online, menjadi penulis lepas, menjadi pelayan toko paruh waktu, dan banyak pekerjaan sampingan lain.

Konsisten menjalani cara melunasi utang di atas tentu tidak mudah. Karena itu, kamu butuh tekad dan komitmen yang kuat sebelum memulainya. Di satu sisi, rasa frustrasi akan utang memang bisa membuatmu stres, tapi di sisi lain rasa frustrasi ini bisa menjadi dorongan agar kamu bisa segera terlepas dari utang. Selamat berjuang, Teman!

Continue reading
Putar-Modal-Bisnis-Mudah-dengan-7-Trik-Ini!
Bisnis

Putar Modal Bisnis Mudah dengan 7 Trik Ini!

Salah satu cara untuk mendapatkan dana yang dipergunakan sebagai modal usaha adalah melalui pinjaman bank. Ketika kamu berhasil mendapatkan uang pinjaman bank, maka kamu sebaiknya bisa mengelola dana tersebut sebaik mungkin sehingga modal usaha tersebut bisa membawa keuntungan. Tak sedikit pebisnis yang ternyata tak bisa memanfaatkan uang pinjaman bank secara tepat untuk usaha yang dikelolanya sehingga menimbulkan masalah di kemudian hari. Inilah mengapa ketika kamu memang ingin mengajukan pinjaman dana kepada bank, maka kamu sebaiknya juga mengetahui bagaimana cara mengelola dana pinjaman tersebut dengan tepat sehingga tak menimbulkan kerugian pada usaha yang kamu kelola. Apa saja, sih, langkah-langkahnya? Yuk, simak di bawah ini!

Continue reading
6-Tokoh-Sukses-Ini-Pernah-'Menikmati'-Kegagalan,-Lho!
Bisnis

6 Tokoh Sukses Ini Pernah ‘Menikmati’ Kegagalan, Lho!

Banyak orang yang mengatakan bahwa kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Begitu kata pepatah lama yang sering dipakai orang untuk pembelaan ketika gagal. Memang, ungkapan itu terkesan hanya sebagai dalih. Tapi kenyataannya memang banyak tokoh yang berkali-kali gagal tapi kemudian sukses besar. Bukan mustahil kita bisa masuk ke golongan yang sama dengan tokoh-tokoh tersebut, meski tentu saja tak ada yang mau berharap gagal dalam hal apapun. Tapi tak ada salahnya kita belajar dari kisah mereka. Bukan begitu? Lalu siapa saja, sih, tokoh-tokoh terkenal yang pernah mengalami kegagalan namun pada akhirnya bisa meraih kesuksesan? Yuk, simak di bawah ini!

Continue reading
esignature
Info

Ini Nih Canggihnya E-Signature

Semakin berkembangnya teknologi dimana di era digital ini dalam surat menyurat maupun tulis tangan sudah langka ditemui. Apalagi dengan adanya sistem yang selama ini sudah dijalankan. Begitu pula dengan tanda tangan, sekarang sudah tidak menggunakan analog lagi melainkan menggunakan tanda tangan digital atau bisa disebut dengan eSignature.

Continue reading
Usaha Kecil Sukses
Usaha

Ingin Punya Usaha Kecil Sukses? Simak Caranya!

apabila kita ingin bergerak di bidang usaha kecil, pilihlah market yang benar-benar jitu terlebih dahulu sehingga usaha yang akan dirintis pun tepat pada sasaran dan menjadikannya usaha kecil sukses. Dan yang dimaksudkan dengan usaha kecil ini adalah usaha yang investasi dana awalnya memiliki nilai yang kecil dimana setiap orang mempunyai parameter dari nilai yang kecil tersebut. Dan terkadang usaha kecil ini disebut pula sebagai usaha sampingan karena pada awalnya usaha ini dikerjakan hanya sebagai tambahan dari kegiatan usaha yang sejalan dengan pekerjaan utama kita. Dianggap seperti itu tidak salah, karena modal untuk usaha kecil rersebut biasanya diambil dari penyisihan pada penghasilan selama melakukan pekerjaan utama.

Continue reading
Bisnis Untuk Pemula
Bisnis

Memulai Bisnis Untuk Pemula? Ini Tipsnya!

Menjalankan suatu bisnis untuk pemula memang sulit karena banyak sekali tantangannya yang dapat mengakibatkan modal yang terbuang secara sia-sia tanpa adanya keberhasilan. Dan hal itu bisa saja terjadi dikarenakan kesalahan dari pemula itu sendiri. Karena menjalankan bisnis sendiri itu memang membutuhkan tips tersendiri bagaimana cara memulai suatu bisnis agar berhasul dan tidak mengalami kegagalan khususnya di 3 bulan pertama masa kritis.

Continue reading
Cara Meningkatkan Percaya Diri
Tips Trik

13 Cara Meningkatkan Percaya Diri Yang Terbaik

Memiliki mental dan rasa percaya diri yang kuat tentunya merupakan keinginan oleh semua orang. Tetapi untuk mendapatkan semua itu, kita terlebih dahulu membiasakan diri dalam melatih dengan segala kemampuan serta potensi yang ada dalam diri kita. Karena cara meningkatkan percaya diri itu adalah sesuatu yang sederhana karena kita hanya perlu melakukan dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Continue reading
Mau-Memulai-Usaha-Sendiri--Simak-Dulu-8-Motivasi-Ini-agar-Usahamu-Sukses-Kelak!
Bisnis

Mau Memulai Usaha Sendiri? Simak Dulu 8 Motivasi Ini agar Usahamu Sukses Kelak!

Hai! Apakah kamu salah satu orang yang ingin membangun usaha sendiri? Jadi seorang pengusaha itu adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Berbeda dari karyawan yang bekerja di kantor, seorang pengusaha harus merancang segala sesuatunya sendiri. Mulai dari ide usaha yang ingin dijalani, bagaimana mewujudkannya, hingga merencanakan agar usahanya bisa berkembang dan diterima masyarakat luas.

Continue reading

Popular posts

4 Hal Penting Saat Mengandalkan Pegadaian

Pegadaian pastinya tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebagai BUMN, Pegadaian di Indonesia berdiri sebagai lembaga jasa untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pinjaman maupun kredit dengan dasar hukum gadai....